alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ketika Penciptaan Lagu Dikaitkan dengan Unsur Politis
4.58 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1dc2d532e2e63e148b456e/ketika-penciptaan-lagu-dikaitkan-dengan-unsur-politis

Ketika Penciptaan Lagu Dikaitkan dengan Unsur Politis

Akhir-akhir ini suhu politik di negeri ini cukup memanas, hal ini ditandai dengan persiapan politik oleh para partai politik dalam mendulang suara baik di pilkada serentak tahun ini hingga pemilu legistatif dan presiden di tahun depan. Tagar ganti presiden yang di suarakan oleh oposisi pemerintah  digunakan demi menggalang dukungan dari masyarakat. tak kalah dengan oposisi,  para pendukung pemerintah pun ikut unjuk gigi dan membuat counter attack dengan tagar-tagar tandingan yang membuat suhu politik mulai sedikit memanas meski pemilu presiden satu tahun lagi.

Kembali lagi ke pihak oposisi dan pendukungnya, bukan hanya sekedar membuat tagar ganti presiden saja yang mereka buat, namun juga sampai membuat kaos dan juga membuat lagu yang berkaitan tagar ganti presiden yang menjadi pro kontra di masyarakat akhir-akhir ini. Kita mungkin akrab dengan lagu-lagu yang beragam dalam kehidupan sehari-hari dan terkadang kita menemukan lagu yang bermuatan politis di dalammya.
Ketika Penciptaan Lagu Dikaitkan dengan Unsur Politis

Credit : prezi.com

Bicara tentang lagu tentunya umumnya setiap orang suka dengan lagu dengan berbagai alirannya mulai dari pop, rock, jazz dan sebagainya seringkali kita dengarkan sehari-hari. Siapa yang tak suka dengan lagu? Nadanya yang mengasyikan dan juga liriknya yang meresap ke hati seringkali membuat seseorang betah lebih lama mendengarkan setiap lagu-lagu yang diputar mulai dari nada gembira, sedih hingga yang bikin baper.

Lirik-lirik yang menggugah dan bisa mempengaruhi seseorang membuat para politikus hingga simpatisan pun seringkali menggunakan lagu untuk  menarik banyak dukungan dan simpati dari masyarakat. kita mungkin masih teringat pada tahun 2009 lalu, saat SBY yang mencalonkan lagi sebagai presiden untuk periode kedua aktif berkampanye bersaing dengan Megawati dan Jusuf Kalla. Dalam satu cara kampanyenya yang menarik bukan hanya slogan yang ditawarkan dengan kata "lanjutkan" saja, tetapi juga dengan mengkampanyekan dirinya lewat sebuah lagu kampanye yang terinspirasi dari lagunya atau jingle salah satu mie instan yang terkenal di indonesia, para calon presiden yang lain tidak menggunakan cara ini layaknya yang dilakukan oleh tim pemenangan SBY. Terlepas berpengaruh atau tidak, Akhirnya SBY berhasil mempertahankan posisi presidennya dan melanjutkannya dalam periode kedua.

Di tempat daerah ane sendiri di jawa barat, ane pun terkadang sering melihat dan mendengar dari setiap calon wakil daerah pun seringkali mengeluarkan album lagu sebagai alat untuk kampanyenya, sebagai contohnya pemenang pilgub 2008 dan 2013 di jawa barat selidik demi selidik menggunakan lagu juga untuk kampanye dan bahkan lagunya pun dibuat satu album. Jangan lupakan juga kemenangan jokowi di pilpres 2014 pun dalam masa kampanyenya salah satu medianya kampanye yang digunakannya juga melalui musik, yaitu  melalui lagu yang berjudul "salam dua jari" yang dibuat oleh para pendukungnya.
Ketika Penciptaan Lagu Dikaitkan dengan Unsur Politis

Credit : political-science-center.de

Tak dapat dipungkiri memang lagu-lagu yang diciptakan dipengaruhi oleh pembuatnya, entah itu lirik yang membakar semangat hingga yang menyentuh hati dan mengusik kembali memori lama. Tak jarang setiap orang terlarut pikirannya dalam setiap lagu yang didengarkannya. Lagu atau musik bukan sebagai hiburan semata, namun juga bisa digunakan sebagai alat untuk menyebarkan pengaruh kepada orang yang mendengarkannya. Tak dapat dibantah lagi bahwa politik sudah mendarah daging dalam setiap kehidupan kita dan bukan hal yang mustahil lagu-lagu yang tercipta pun tak jarang mengandung unsur politik di dalamnya.

Ditengah mulai memanasnya suhu politik negeri ini, sudah selayaknya kita bersikap bijak dengan keadaan, termasuk menyikapi lagu-lagu yang bernuansa politik. Menurut agan dan sista lagu yang bernuansa politik bagus atau tidak sih? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin



Sumber :
Opini pribadi
Sumber 1
Sumber 2
Sumber gambar via google images


Halaman 1 dari 15
Pendapat dari kaskuser


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh tafakoer
jadi inget lagu 2019 ganti kelamin emoticon-Ngakak
Quote:


Haha ada-ada aja tuh wkwk

Kalo ada malah ngeri emoticon-Takut
pejwan dlu di trit om fafa emoticon-Goyang
Quote:


Silahkan om ramaikan emoticon-Goyang
pasti bakal rame ni nanti.
ane numpang tenar aja emoticon-Big Grin
Ketika Penciptaan Lagu Dikaitkan dengan Unsur Politis
Lagu politik? emoticon-Big Grin

Inget ini. emoticon-Ngakak (S)

Quote:
Quote:


Ah masa sih bre? emoticon-Leh Uga

Quote:


Wihh cantik nih wkwk

Quote:


Haha bisa aja si agan emoticon-Ngakak
Quote:



tunggu saja pej selanjutnya emoticon-Ngakak
Quote:


Itu juga kalo naik HT atau top thread bre emoticon-Hammer2
Quote:


ane samperin berkali-kali biar jadi
Ga tau lah yah..

Saya kok merasa makin kesini suasana makin bebas yah..

Bebas yang kebablasan.. Yang ngeritik, yang ngebela..

Kondisi gini rawan banget sama adu domba..

emoticon-norose
ha ha emoticon-Traveller
susah memang kalau udah di campur dengan politil.. bahkan lagupun bisa di gunakan sebagai alat politik juga
emoticon-Tepar emoticon-nyantai
Diubah oleh faisal260593
Quote:


emoticon-Leh Uga
Quote:


Haha bisa aja ente wkwk
Quote:


Iya bener banget gan, kadang berlebihan juga kebebasannya

Quote:


Nah bener banget gan
biasa aja sih brayy

di luar negeri juga banyak musisi yg berpolitik emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 15


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di