alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
ESDM: Memastikan Standar Kualitas Pelayanan Publik dan Nilai Investasi Hulu Migas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1dadf61ee5df20418b456f/esdm-memastikan-standar-kualitas-pelayanan-publik-dan-nilai-investasi-hulu-migas

ESDM: Memastikan Standar Kualitas Pelayanan Publik dan Nilai Investasi Hulu Migas

ESDM: Memastikan Standar Kualitas Pelayanan Publik dan Nilai Investasi Hulu Migas

JPP, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bergerak cepat. Menghadapi hari raya Idul Fitri 1439 H, Kementerian ESDM melakukan langkah antisipasi akan kebutuhan sektor energi agar tetap terpenuhi oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu, Menteri Ignasius Jonan, bersama jajaran elit ESDN lain, turun lapangan.

Inspeksi dilakukan ke beberapa lokasi yang bersinggungan dengan sektor ESDM seperti penyediaan pasokan Bahan Bakar Mesin (BBM), sistem keandalan listrik hingga mitigasi kebencanaan geologi.

Dua pekan menyambut lebaran, Menteri ESDM Ignasius Jonan menelusuri jalan tol Trans Jawa bersama Plt. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. Ide ini berawal dari antisipasi lonjakan konsumsi BBM di setiap tahunnya. Jonan tak ingin masyarakat merasakan kesulitan mendapatkan akses energi selama masa mudik-balik idul fitri.

Mulai dari SPBU maupun TBBM Cikampek hingga Ngajuk yang berada di ujung timur Jawa, ia tengok dengan saksama. Jonan paham betul bagaimana lajur Trans Jawa sebagai titik sentral kepadatan bagi para pemudik pulang ke kampung halaman. Ia rela akhir pekannya selama dua hari dihabiskan di jalan.

Selama blusukan, Jonan memastikan pasokan energi mulai dari BBM, LPG hingga Avtur mencukupi untuk dikonsumsi. Pemerintah pun memberikan beberapa kemudahan fasilitas dibeberapa titik kemacetan. Misalnya, keberadaan motoris BBM, kiosx Pertamax, mobil dispenser unit, BBM kemasan hingga SPBU self service dengan digitalisasi nozel.

Tak kalah penting dari pantauan Jonan adalah jaminan atas penyediaan Premium sebagi tindak lanjut dari instruksi Presiden Joko Widodo akan kesedian premium di Jawa, Madura dan Bali melalui Peraturan Presiden Nomor 43 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM. Peraturan ini merupakan perubahan regulasi sebelumnya, yaitu Perpres Nomor 191 Tahun 2014.

Selang empat hari, Menteri ESDM berbagi tugas dengan Wakil ESDM Arcandra Tahar. Keduanya menitikberatkan daerah destinasi wisata sebagai kunjungan kerja mereka. Arcandra melawat ke Bali, Kamis (7/6) memantau kondisi Gunung Agung sekaligus memastikan pasokan energi wilayah tersebut.

Di hari yang sama, Jonan bertolak ke Kaliurang, Yogyakarta di malam hari guna memantau pos pengamatan Gunung Merapi serta kesiapan SPBU menyalurkan premium di Jamali pada saat tenggat waktu yang ditetapkan.

Sementara, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy N Sommeng kebagian tugas meninjau Pusat Pengatur Beban Jawa Bali (P2BJB) PT PLN di Gandul Depok. Ia melihat pola beban puncak konsumsi listrik menghadapi libur lebaran.

Demi memastikan imbauan kepada masyarakat, Kementerian ESDM juga gencar melakukan sosialiasi di dunia digital. Media sosial jadi sasaran utama. Informasi penting, mulai dari tips mudik hingga call center tercatat di kanal resmi Kementerian ESDM berserta badan usaha terkait.

Kepastian akan peningkatan standar layanan publik adalah satu dari dua kebijakan penting Pemerintah dalam minggu ini. Kebijakan lain adalah kepastian akan peningkatan nilai investasi hulu migas melalui persetujuan skema Gross Split atas Blok Citarum dan Merak Lampung.

Dua blok tersebut melengkapi 20 blok migas skema gross split baik dengan sistem lelang maupun terminasi yang sebagian besar dikelola oleh PT. Pertamina. Nilai investasi dari komitmen kerja pasti keduanya cukup besar, yaitu USD 5.075.000 dengan bonus tanda tangan sebesar USD 1.250.000.

Jonan menilai Pertamina akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri melalui peralihan 12 blok migas terminasi. Sumbangan ini diharapkan mampu sebagai kompensasi sisi finansial atas penugasan penyediaan premium di penjuru tanah air termasuk penugasan baru di Jamali.

Di sisi lain, Arcandra menilai kehadiran sistem bagi gross split menumbuhkan kepercayaan bisnis hulu migas. Tercatat, hanya dalam kurun waktu dua tahun, WK terminasi 2019 dan 2020, nilai komitmen pasti mencapai bisa mencapai USD 480 juta dolar.

Pencapaian ini sungguh fantastis dibandingkan dengan era sebelumnya dengan model cost recovery. Gross split, imbuh Arcandra, sanggup membuat iklim investasi lebih menggeliat. Bahkan di hari akhir kerja sebelum liburan cuti bersama lebaran, Arcandra melayani para jurnalis hingga sore hari untuk memberikan penjelasan akan dampak positif dari skema Gross Split. (esdm)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/energi/322...asi-hulu-migas

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- ESDM: Memastikan Standar Kualitas Pelayanan Publik dan Nilai Investasi Hulu Migas Menteri Basuki Resmikan Tol BORR Seksi IIB

- ESDM: Memastikan Standar Kualitas Pelayanan Publik dan Nilai Investasi Hulu Migas Tol Bocimi Sepanjang 15,3 Km Gratis Selama Masa Mudik

- ESDM: Memastikan Standar Kualitas Pelayanan Publik dan Nilai Investasi Hulu Migas Perbaikan Jembatan Cincin Lama Rampung, Mudik Lewat Pantura Lebih Lancar

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di