alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemunculan spanduk "Anda melewati jalan tol Pak Jokowi": di balik 'politisasi mudik
2.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1d6f9ba2c06e51428b4567/kemunculan-spanduk-quotanda-melewati-jalan-tol-pak-jokowiquot-di-balik-politisasi-mudik

Kemunculan spanduk "Anda melewati jalan tol Pak Jokowi": di balik 'politisasi mudik

Kemunculan spanduk "Anda sedang melewati jalan tol Pak Jokowi": Ada apa di balik 'politisasi' mudik?

Mudik yang sudah menjadi aktivitas rutin tahunan bagi jutaan penduduk Indonesia menyambut Idul Fitri tahun tak lepas dari gaung politisasi dan persaingan menjelang pemilihan presiden 2019.

Bentuk politisasi yang menjadi perhatian warganet adalah kemunculan spanduk yang bertuliskan, "Pendukung #2019GantiPresiden, Anda sedang melewati jalan Tol Pak Jokowi."

Foto spanduk tersebut yang diunggah di akun @GieWahyudi sudah disebar lebih dari 500 kali dan disukai lebih dari 300 kali.

Perdebatan soal 'klaim' jalan tol dan siapa yang 'berhak' melewatinya pun ramai di kalangan warganet, sebagian menyayangkan kemunculan spanduk yang menyatakan "Anda sedang melewati jalan tol Pak Jokowi" tersebut.

Direktur Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia Aditya Perdana menilai "wajar" pada tahun menjelang pemilihan presiden, pihak-pihak yang berkepentingan dalam konteks pemilu sedang mencari dukungan pemilih.

"Baik yang pro maupun yang bukan pendukung Pak Jokowi akan melakukan hal yang sama," kata Aditya.

Panduan mudik Tol Trans Jawa: Tarif, rute, dan semua yang harus diperhatikan

"Petahana pasti punya cara untuk mensosialisasikan program-program yang berhasil, apapun itu, semua kalau bisa dikeluarkan, sementara yang oposisi atau siapapun itu kan berusaha mencari celah, itu hukumnya memang begitu," kata Aditya lagi.

Momentum mudik di mana banyak orang ramai berkumpul dan berinteraksi, menurut Aditya, memang sering digunakan dalam upaya kampanye politik.

"Mudik gratis, misalnya, yang biasanya dilakukan oleh partai atau kandidat caleg tertentu, karena memang di situ ada kumpulan orang banyak, dan berusaha mendapat simpati dari peserta mudik gratis ini, asumsinya bersimpati pada partai yang memberikan," katanya.

Bagi pengajar sosiologi komunikasi FISIP Universitas Diponegoro, Semarang, Triyono Lukmantoro, dia menilai bahwa anonimitas pembuat spanduk 'jalan tol Jokowi' tersebut menjadi persoalan tersendiri.

"Tepat menggunakan itu sebagai politisasi, tapi siapa? Kita tidak bisa menyebut (spanduk) itu (dibuat) pendukungnya Jokowi, dan agak sulit mengatakan itu pendukungnya oposisi, (karena) kita nggak tahu yang memasang siapa," kata Triyono.

Sementara itu, pembuat film dokumenter Dandhy Laksono dalam cuitannya yang viral dan sudah dibagikan lebih dari 1.000 kali menyatakan bahwa spanduk "jalan tol Pak Jokowi" tersebut adalah "bentuk perayaan status sebagai konsumen, bukan sebagai warga negara".

http://www.bbc.com/indonesia/trensosial-44429551

Yang dibawah ini tolnya ga diklaim juga

Kemunculan spanduk "Anda melewati jalan tol Pak Jokowi": di balik 'politisasi mudik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Tol asing aseng emoticon-Ultah
Kemunculan spanduk "Anda melewati jalan tol Pak Jokowi": di balik 'politisasi mudik

Ana mah mending naik pesawat deh daripada lewat darat, dengan ana lewat tol sama juga ana memperkaya investor asing yang membuat tol tersebut
Terima kasih pak Jokowi emoticon-Embarrassment
Quote:


Yg ini diduga terlibat korupsi dana telkom & pertamina tingkat dewa & selalu mangkir klo dipanggil penyidik emoticon-Embarrassment


Siapakah pejabat yg menjadi backing sandiaga uno selama ini , hingga menjadi the untouchable man ?


Kemunculan spanduk "Anda melewati jalan tol Pak Jokowi": di balik 'politisasi mudik

Korupsi telkom :


http://kabari.co/2017/03/sandiaga-un...kom-2003-2004/

https://economy.okezone.com/read/201...a-sandiago-uno


http://m.tribunnews.com/nasional/201...ol-dana-telkom

Korupsi pertamina :

Kejaksaan Didesak Usut Keterlibatan Sandiaga Uno dalam Kasus Korupsi


Ternyata yg mendesak sandiaga uno diperiksa adalah fentolan nasbung eggy sujana :


http://m.tribunnews.com/amp/nasional...o-ke-bareskrim

https://m.detik.com/news/berita/1507...-kasus-korupsi


"Maka Polda Metro pun memanggilnya untuk diperiksa sebagai saksi. Namun, Sandiaga selalu mangkir dari panggilan pemeriksaan terkait kasus yang diduga merugikan negara sebesar 6,4 juta dollar AS ini."

"Kenapa ini tidak diperiksa? Dan selalu mangkir? Kami dapat informasi kalau Sandiaga Uno dilindungi oleh oknum pejabat. Saya tahu pejabatnya, tapi tidak etis untuk diomongkan" terang Ketua LEPAS, Eggi Sudjana.

Selalu mangkir apabila dipanggil penyidik polisi :



https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ng-pemeriksaan


Ayo KPK .. klo kata amien rais "jgn tazam ke bawah tp tumful keatas !"


Jika koruptor bisa menipu,  memimpin & menguasai rakyat , maka negara akan hancur.

Waspadalah ... waspadalah !!!



Diubah oleh ..Minyak.BABI..
Quote:


TS ketampol.

emoticon-Cool

Kenapa? Risih?

emoticon-Wakaka
kimpoi emoticon-Traveller
Quote:


Gak salah kalau julukannya dari dulu THE UNTOUCHABLE MAN !

Ngeributin asing aseng, koruptor kabur.
Yang didepan muka lolos sampai jadi Wagabener.

Dasar Nasbuangcaaaat !
1 spanduk ngetroll udah cukup bikin nasbung mewek termehek mehek

emoticon-Ngakak
Palingan juga black campaign kek jakarta kmr emoticon-Traveller
Kemunculan spanduk "Anda melewati jalan tol Pak Jokowi": di balik 'politisasi mudik
terima kasih jokowi emoticon-Traveller emoticon-Traveller
Spoiler for :
Quote:


Ngehe bngt memenya emoticon-Ngakak
jadi gini... ts baik aja di rumah

ntap
goyang puting item
Kemunculan spanduk "Anda melewati jalan tol Pak Jokowi": di balik 'politisasi mudik
tertolol
Kemunculan spanduk "Anda melewati jalan tol Pak Jokowi": di balik 'politisasi mudik
gue gkpp sih gak lewat tol tapi balikin separo duit apbn oposisi atau nastak aja yg bayarin utang pak jokowi selama 5 tahun ini ane ikhlas😁
Jalan Tol aja dipake kampanye. emoticon-Big Grin

Nastak dongok. emoticon-shakehand
toko sebelah paling sensitif klo dengar kata ada tol-tol nya gitu emoticon-Blue Guy Bata (L)
Politik tanpa etika baik dari yg pro maupun kontra
Yg nyawur utang jgn lupa emoticon-Big Grin
Quote:


bandara juga Joko yg bangun .
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di