alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rupiah Melemah, Cadangan Devisa Berkurang US$ 9 Miliar Sejak Februari
1 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1d25ab1854f7280c8b4570/rupiah-melemah-cadangan-devisa-berkurang-us-9-miliar-sejak-februari

Rupiah Melemah, Cadangan Devisa Berkurang US$ 9 Miliar Sejak Februari


Cadangan devisa terus tergerus sejak Februari 2018 seiring meningkatnya gejolak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Bank Indonesia (BI) melansir cadangan devisa turun US$ 2 miliar sepanjang Mei 2018 ke posisi US$ 122,9 miliar. Dengan demikian, sepanjang Februari hingga Mei, cadangan devisa telah turun US$ 9,08 miliar.

Penurunan cadangan devisa pada Mei 2018 terutama dipengaruhi oleh penggunaan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi,” demikian tertulis dalam rilis BI, Jumat (8/6).

Meski terus tergerus, BI menilai posisi cadangan devisa masih cukup tinggi. Cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,4 bulan impor atau 7,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Selain itu, cadangan devisa berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” demikian tertulis.

(Baca juga: Jelang Rilis Kebijakan 3 Bank Sentral, Indeks Saham dan Kurs Terpukul)

Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang membaik, serta kinerja ekspor yang tetap positif.

Adapun nilai tukar rupiah mengalami pelemahan terhadap dolar AS sejak akhir Januari 2018, terutama dipicu oleh arus keluar dana asing seiring naiknya imbal hasil (yield) surat berharga AS dan penguatan dolar AS. Hal itu lantaran adanya ekspektasi kenaikan lebih cepat bunga acuan AS, defisit fiskal AS dan isu geopolitik.  

Mengacu pada kurs tengah BI, nilai tukar rupiah mengalami pelemahan paling dalam pada 24 Mei 2018 ke level 14.205 per dolar AS. Level tersebut merupakan yang terlemah sejak Oktober 2015.

https://m.katadata.co.id/berita/2018/06/08/rupiah-melemah-cadangan-devisa-berkurang-us-9-miliar-sejak-februari

Berkurang aja
Urutan Terlama
Moga aja bsa nambah lagi. emoticon-Mewek
Kalau mudik jangan lupa bunyikan klakson 3x
Siapa tahu klakson bs bikin ganti presiden emoticon-Leh Uga
Mending buat subsidi kali ya??? Bukannya subsidi bisa membuat ekonomi lebih baik? Kalo ekonomi membaik rupiah menguat jadinya mendingan. Bener ga? Ada ahli ekonomi ngga disini?
Ohhh berkurangnya dikit banget kok, cuman US$ 9,08 miliar sejak februari hingga mei.
Meroketttttt... Sang cahaya asia udah mulai menunjukkan tajinya.. Emang punya taji? Ngookkk!
yang penting nilai tukar sudah meroket emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug emoticon-Bedug

persetan dengan cadangan devisa emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah emoticon-Ultah
Quote:


Devisa itu cadangan duit, g ada urusan aama subsidi yg pake apbn
Tu 9 miliar dollar devisa kegerus buat ngontrol dollar. Udah untung cadev naik jman sibeye. Kalo cadev dihabisin rejim ini, bisa amsyong rejim selanjutnya
Quote:



Kan cadangan duit bisa dimasukin apbn utk subsidi. Duit2 juga apa bedanya?
Soek giliran gajian menguat pas masukin timesheet melemah
Quote:


Masukin apbn g bisa mendadak
Rapbn dulu
Quote:


Ya maksudnya daripada buat cadangan devisa dari awal masukin apbn aja.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di