alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
In Memoriam Cerita Horor Mudik, dari Jomin hingga Toilet Bau
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1d008d9e74049c658b4569/in-memoriam-cerita-horor-mudik-dari-jomin-hingga-toilet-bau

In Memoriam Cerita Horor Mudik, dari Jomin hingga Toilet Bau

In Memoriam Cerita Horor Mudik, dari Jomin hingga Toilet Bau
Simpang Jomin pada 2014 (agung/
detikcom)
Jakarta - Mudik yang dirindu, mudik
yang pilu. Tapi itu dulu. Kini, cerita-
cerita nestapa pulang kampung
mulai menjadi kenangan.
Berikut sisa-sisa legenda 'horor'
mudik sesuai catatan detikcom,
Minggu (10/6/2018):
1. Pantura
Jalur pantai utara (Pantura) menjadi
horor bagi pemudik sejak Orde Baru.
Melewati jalur ini, orang bisa sehari
semalam. Bahkan di puncak mudik,
bisa 2 hari jarak tempuh bisa
Jakarta-Tegal. Begitu juga
sebaliknya.
Sebagaimana diceritakan Wulan yang
akan balik dari mudik pada 2 Agustus
2014. Untuk melewati jembatan
Comal, Pemalang, Jateng. Dirinya
harus mengantre, bahkan
kendaraannya lebih banyak berhenti.
Kejadian itu dialami sekitar pukul
20.00 WIB. Sayangnya, setelah
berhasil melewati jembatan Comal,
dirinya juga harus kembali
merasakan macet karena imbas truk
yang mogok di Tegal.
"Tadi sempat parkir, diam, keluar
mobil. Itu sekitar 5 kilometer jelang
Comal. Benar-benar diam. 15 menit
diam terus jalan sebentar, terus diam
lagi. Parah macetnya," katanya.
Memasuki pemerintahan Joko
Widodo, pemerintah mengebut
pembangunan Tol Cipali dan
diresmikan pada 2015 atau beberapa
pekan sebelum lebaran 2015. Alhasil,
horor Pantura menjadi kenangan.
Setelah itu, kemacetan tak lagi di
jalur Pantura, tapi bergeser ke arah
pintu tol Cipali di Pejagan.
"Saya kira, hari ini menjadi puncak
mudik. Kemacetannya akut.
Kecepatan Brebes - Tegal rata-rata
hanya 10 km per jam. Brebes -
Kendal sejauh 140 km ditempuh 5
jam," ujar M Aji Surya, seorang
pemudik ke Kendal, ketika dihubungi
pada pukul 15.45 WIB, Rabu
(15/7/2015).
2. Pasar Tumpah di Pantura Jabar-
Jateng
Jalur mudik Pantura yang dihantui
kemacetan disumbang oleh pasar
tumpah yang tumbuh di berbagai
titik. Kementerian Perhubungan
(Kemenhub) mengungkapkan
beberapa permasalahan yang masih
akan dijumpai para pemudik pada
lebaran 2011. Permasalahan utama
adalah masih banyaknya pasar
tumpah di daerah Jawa Barat dan
Jawa Tengah sebanyak 88 pasar
tumpah.
Adapun dari 88 pasar tumpah
tersebut yang berpotensi
menimbulkan kemacetan yakni di
jalur utama Pantura. Terdapat
beberapa pasar di Pantura antara lain
Pasar Ciasem (Kabupaten Subang),
Pasar Jatibarang (Kabupaten
Indramayu), Pasar Gebang
(Kabupaten Cirebon) dan Pasar
Losari (Perbatasan Jabar/Jateng).
Akibatnya, lalu lintas tersendat
berjam-jam di jalur tersebut. Dengan
dibukanya tol Merak-Surabaya, horor
pasar tumpah kini tinggal kenangan.
3. Simpang Jomin
Setiap musim mudik, ada satu titik
kemacetan legendaris yang selalu
menjadi pusat perhatian. The Legend
of Simpang Jomin, begitu orang
menyebut kemacetan di
persimpangan yang terletak setelah
pintu keluar Tol Cikampek,
Purwakarta, Jawa Barat, itu.
Berkilo-kilometer antrean panjang
kendaraan seolah jadi hal lumrah di
persimpangan yang memisahkan
jalur pantura dan jalur selatan
tersebut. Bertahun-tahun kemacetan
di wilayah itu tak terurai.
Kemacetan simpang Jomin hampir
selalu jadi topik berita utama setiap
musim mudik Lebaran. Kendaraan
mengular, pemudik mengeluh, dan
pemerintah membuat alasan atas
belum terurainya kemacetan menjadi
materi utama pemberitaan The
Legend of Simpang Jomin.
Namun, ada yang berbeda di musim
mudik Lebaran tahun 2015 ini.
Legenda itu seolah mati. Simpang
Jomin tak jadi pusat berita lagi.
Simpang Jomin tak macet lagi.
Mengapa? Sebab dengan
diresmikannya tol Cipali oleh Jokowi,
arus terpecah dan masuk tol.
Kendaraan tak lagi berdesak-desakan
di Simpang Jomin.
4. Adu Maut di Kereta Ekonomi
Ribuan orang sejak dini hari untuk
mengadu nasib pulang kampung
menjadi lumrah sejak era Orde Baru.
Calon penumpang berebut naik kereta
api, baik lewat pintu atau jendela.
Banyak yang nekat naik atap dan
lokomotif agar sampai ke kampung
halaman.
Tapi secara perlahan, pengalaman
buruk itu mulai terkikis. Kini stasiun
semakin rapi, dari tiket harus sesuai
dengan KTP dan pengantar tidak
boleh masuk peron.
5. Toilet Umum yang Bau
Toilet umum bau menjadi
pemandangan di rest area tol,
bandara, terminal atau stasiun
kereta. Perlahan, pengelola mulai
berbenah agar toilet lebih nyaman.
Meski tidak seharum kamar mandi
pribadi, tetapi bau toilet umum mulai
berkurang.
https://m.detik.com/news/berita/d-40...gga-toilet-bau

hanya bisa bersyukur
Halaman 1 dari 2
Tergantung masyarakatnya...senang liat orang lain ikut merasa terbantu atau senang untuk dirinya sendiri ga peduli melanggar aturan.
Bukan toilet umum yang bau , kadang suka liat E,ek berceceran dilantai WC (toilet umum )
emoticon-DP
Diubah oleh adooz
Gw suka bertanya2, gmn nasib para pedagang/pengusaha WC dijalur pantura sekarang ya?blm pernah ada yg ngeliput khusus nih
Quote:


Gak usah diliput , horror Gan ...
bukan rahasia umum lagi , kalau musim mudik ...
emoticon-DP
oi bray, lu buat thread dibenerin lah, itu preview page diliat lah

artikel bagus cuma gegara lu asal copas, jadi ga mood bacanya emoticon-Mad
duh ga bersih
Quote:


sori gan ane cuman ngaskus lewat hengpon. jadi kagak bisa ngerapihin. kalau mau buka aja linknya gam . maaf gan atas ketidak nyamananya emoticon-Malu
Mau mudik aja stress
Jalur selatan nagreg malangbong gentong tetap horror macet nya
Mau jauh mau macet mau tiket mahal

Mudik pas hari raya raya
Serasa special soalnya saudara pada dtg semua

Entah knp atmosfir nya beda kalo mudik biasa dan di hari raya

Btw jalur pantura kan jalur perbaikan abadi
Skrg ada tol masih di perbaiki molo kaga yak emoticon-Malu
Diubah oleh kosong56
Quote:


gw bingung sama orang2 jorok YANG KLO BER4KK KAGAK PERNAH DISIREMM, PADAHAL ADA AIR.

kan GOBL00KKK....
klo masalah wc dan kebersihan kerasa banget mudik di jawa,.selama masih prjalanan mudik dijawa barat sampe indramayu masuk tegal,.toiletnya kotorrrrr banget,bau pesing,ada yang blom disiram,sampah dimana2,tukang parkir dan parkiran liar meraja lela,banyak pengemis,gak nyaman istirahat dimasjid.

tapi klo sdh masuk jawa tengah mulai dri brebes-smpai sragen,toiletnya bersih2,klo gk salah ada toilet trbanyak di jateng dan itu bersih,sampahnya gak sebanyak jabar,lo mau istirahat di masjid juga bakal tenang,gak ada tuh yang namanya tukang jaga sandal

masuk jawa timur mulai dari magetan,.lancar jaya,hmpir gak ada sampah!!
horor terakhir waktu pertama brexit dibuka, ada yg 2x saur di pinggir tol.
Quote:


Brati kebanyakan pemudik tu dr jawa tengah dan yg beol gak di siram sama nyampah tu warga jateng gitu kesimpulan ente gan ?
Diubah oleh miyaza
nonton dulu aja bree emoticon-Traveller
Quote:


ada yang sampe mati malahan.. kurang horror apa om?
Quote:


emoticon-Leh Uga gue nonton di tipi cuma senyam senyum, klo gue saban mudik mesti anak isteri gue anter duluan pas kira2 2 mgg sblm lebaran,gue balik lg cari nafkah, kira2 sminggu smp 1-2 hr sblm hr raya baru nyusul.....naik airline atau KA yg udah dipesen jauh2 hari... tetangga & temen2 byk yg kena brexit, ke magelang 3 hari, ke kendal doank kena 2 hari emoticon-Wakaka, pecel lele seporsi 40 rb emoticon-Leh Uga
Paling horor ada yang meninggal, kata polisi engga ada yg meninggal, soalnya meninggalnya engga di jalan tol
gembok
Quote:


kasian gan mungkin ada yang gulung tikar sebagian
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di