alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
tak mampu bayar sewa satelit indonesia kena denda $20juta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1cfa1fc1d7702a178b4572/tak-mampu-bayar-sewa-satelit-indonesia-kena-denda-20juta

tak mampu bayar sewa satelit indonesia kena denda $20juta

Pemerintah Indonesia harus membayar uang senilai USD 20 juta kepada Avanti, perusahaan operator satelit asal Inggris. Hal ini dikarenakan pemerintah lalai dalam melakukan pembayaran pada satelit komunikasi yang dipinjamnya kepada Avanti.
Sebelumnya, Indonesia melalui Kementerian Pertahanan meminjam satelit Artemis milik Avanti pada November 2016 lalu. Peminjaman dilakukan untuk mencegah hilangnya hak spektrum L-band pada 123 derajat sebelah timur orbit Bumi. Posisi tersebut sebelumnya diisi oleh Garuda-1, satelit Tanah Air berusia 15 tahun yang sudah tidak beroperasi sejak 2015.
Terkait denganpeminjaman satelit itu, Indonesia setuju membayar Avanti sebesar USD 30 juta. Uang itu digunakan untuk relokasi serta penggunaan satelit Artemis.
Permasalahan muncul saat pemerintah berhenti membayar setelah hanya memberikan Avanti uang senilai USD 13,2 juta, tak sampai setengah dari perjanjian antara keduanya.
Pasca tidak membayar selama berbulan-bulan, Avanti pun membawa pihak Kemenhan untuk menempuh jalur arbitrase pada Agustus tahun lalu. Kemudian, sekitar dua bulan setelahnya, karena Indonesia tak kunjung melunasi utangnya, Avanti menyetop Artemis, yang sudah berusia 16 tahu, dalam mengorbit Bumi.
Kemudian, yang terbaru, panel arbitrator Inggris Raya meminta pihak Kemenhan untuk membayar uang senilai USD 20 juta kepada Avanti. 31 Juli menjadi batas akhir bagi lembaga tersebut untuk melunasi utangnya, sebagaimana kutip dari Spacenews, Minggu (10/6/2018).
Yang menjadi permasalahan, mengapa Indonesia melalui Kemenhan tidak melanjutkan pembayaran terkait dengan peminjaman satelit kepada Avanti. Jawabannya adalah lembaga tersebut mengaku tidak memiliki uang untuk melunasi utangnya.
Akibat dari kelalain membayar ini, Indonesia berpotensi untuk kehilangan jatah satelit L-Band. Kemampuan pertahanan nasional pun menjadi taruhannya. Hal ini disebabkan fungsi dari satelit komunikasi L-band yang kerap digunakan untuk mengkoneksikan kapal-kapal di laut.
Selain itu, International Telecommunication Union Rules memutuskan bahwa Indonesia harus melengserkan jatah satelit tersebut jika masih belum digunakan selama tiga tahun.


sumur https://www.senayanpost.com/tak-mampu-bayar-sewa-satelit-indonesia-didenda-rp-278-miliar/amp/

kalo repost ato salah room tutup aja mod.
Diubah oleh: botoputeh
Sudahlah, dari 2012 ini memang projek yang lebih didasarkan nafsu daripada kebutuhan konkrit. Terimalah, cut loss, dan belajarlah bahwa ego bukan merupakan basis yang baik untuk perencanaan.

Masih belum terlambat untuk menyewa transponder satelit sipil dan berinvestasi ke satelit LAPAN. Seandainya separuh saja dari uang $13,2 juta itu diinvestasikan ke satelit mikro LAPAN, saat ini mungkin LAPAN A4 dan A5 sudah di orbit, nggak perlu nunggu sampai 2019 dan 2021.
Diubah oleh tonnyc
Kirain uang muka satelit airbus yang lupa dibayar, ternyata kasus lain lagi. Selain KFX yang juga lupa dianggarin
nafsu besar tenaga kurang, penyakit kronis bangsa ini dari dulu
Kaya gini kok mau punya satelit militer sendiri

Uang sewa aja ga dibayar, apalagi punya satelit sendiri yang tiap tempo harus diganti
Diubah oleh suromenggolo
Masa kalah sama Bri&Telkom yang udah pada punya satelit baru lagi pak.
Malu atuh,

Quote:


Bukan nafsu besar tenaga kurang,,mungkin lebih kepada "kebijakan yg tak bijak"


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di