alexa-tracking

Gak Bikin Bosan, 7 Referensi Film Ini Jadi Cara Asyik Belajar Sejarah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1cd99b1854f7b36f8b4577/gak-bikin-bosan-7-referensi-film-ini-jadi-cara-asyik-belajar-sejarah
Gak Bikin Bosan, 7 Referensi Film Ini Jadi Cara Asyik Belajar Sejarah
Gak Bikin Bosan, 7 Referensi Film Ini Jadi Cara Asyik Belajar Sejarah

Film merupakan media komunikasi bersifat audio visual yang sangat diminati berbagai kalangan. Ada banyak genre film yang bisa kamu pilih. Selain itu film pun menjadi media pembelajaran yang sangat menyenangkan, apalagi untuk pelajaran yang menurutmu membosankan.

Salah satunya yaitu saat belajar pelajaran sejarah. Berikut 7 film yang membuatmu senang belajar sejarah.


1. Soekarno
Film Soekarno rilis pada tahun 2013 garapan Hanung Bramantyo. Film ini menceritakan Bapak Bangsa Indonesia, Soekarno dilihat dari masa kecil sampai memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Diperlihatkan pula sisi lain Soekarno yang membuat penonton memahami sikap Soekarno dalam mengambil berbagai keputusan, seperti saat menikahi Fatmawati dan bekerja sama dengan Nippon.

Film Soekarno mengajak kita semakin mencintai Indonesia. Sehingga tidak salah jika film ini berhasil menjadi film terpuji dalam Festival Film Bandung (FFB) ke-27 tahun 2014.


2. Einstein and Addington
Siapa yang tidak mengenal Einstein, ilmuan fisika yang namanya mendunia. Film ini menceritakan kisah hidup Einstein mulai dari kecerdasannya, percintaan, dan teori fisika yang ia susun. Film yang rilis pada tahun 2008 ini menceritakan Einstein di awal kariernya mengalami kesulitan sampai pada akhirnya fisikawan Eddington tertarik pada teori yang ditulis Einstein.

Tidak mudah membuktikan sebuah teori, terutama dalam situasi perang yang saat itu sedang berlangsung Perang Dunia II. Film Einstein and Eddington memperlihatkan cara kerja ilmuan fisika, rumus-rumus yang detail dan berlangsungnya Perang Dunia II. Film ini menjadi rekomendasi bagi yang menyukai sains sehingga memahami sejarah dari teori yang telah ada.


3. Kingdom of Heaven
Film Kingdom of Heaven ditulis oleh William Monahan mengisahkan Balian yang diperankan oleh Orlando Bloom seorang pandai besi yang pergi ke Jerusalem untuk mencari pengampunan Tuhan. Dalam perjalanannya, ia bergabung dengan pasukan salib melawan pemimpin besar Islam saat itu, Saladin.

Film Kingdom of Heaven rilis tahun 2005 disutradarai Ridley Scott berlatar belakang Perang Salib yang sangat apik dalam memvisualisasikan kehidupan dan peperangan dalam Perang Salib. Film yang diangkat dari kisah kehidupan Balian of Ibelin ini terdapat pesan damai antara umat beragama.


4. The Last Samurai
The Last Samurai rilis pada tahun 2003 yang disutradarai oleh Edward Zwick. Film ini merupakan drama perang yang dilatar belakangi sejarah Jepang masa awal Restorasi Meiji. Samurai tidak memiliki peranan dan diharuskan melepaskan identitasnya sesuai dengan kebijakan Kaisar.

Hal ini dilaksanakan untuk memajukan dan menyetarakan Jepang dengan bangsa Barat (Amerika Serikat). Tokoh utama yang diperankan Tom Cruise sukses membuka mata penonton akan kehidupan, nilai-nilai, dan peranan Samurai yang sulit dipahami oleh kaum awam.

Film ini mengajarkan kita untuk menjadi ksatria. Selain itu, memahami Sejarah Jepang menjadi lebih asyik.


5. GIE
Film GIE rilis tahun 2005 yang digarap oleh Riri Riza mengisahkan kehidupan Gie, mahasiswa keturunan tionghoa. Film biografi ini menceritakan kisah hidup Gie, seorang pemuda tampan yang kritis.

Gie termasuk pemuda populer di kalangan mahasiswa karena kecerdasannya memimpin mahasiswa untuk mengkritisi pemerintahan yang dipimpin Presiden Soekarno. Kemudian, pada akhir Orde Lama dan diawali Orde Baru diperlihatkan kehidupan sosial masa Orde Baru, khususnya pada masyarakat keturunan tionghoa.

Film ini mendapat penghargaan Piala Citra dalam Film Bioskop Terbaik.


6. Operation Chromite
Film Operation Chromite rilis tahun 2016 merupakan fiksionalisasi berlatar belakang perang Korea Selatan dengan Korea Utara. Film ini mengisahkan satu tim militer Korea Selatan yang menjalankan misi penting. Misi tersebut bertujuan membuka jalan MacArthur (Amerika Serikat) mendarat di Incheon.

Film ini merupakan fiksi namun berlatar belakang sesuai dengan kenyataan Perang Korea Utara dengan Korea Selatan. Film yang disutradarai oleh John H. Lee (Lee Jae Han) sangat apik memvisualisasikan situasi perang. Selain memahami jalannya perang antara Korea Selatan dan Korea Utara, film ini memberi amanah pentingnya kerja sama tim, kepercayaan terhadap pemimpin, dan rela berkorban. Film ini sungguh menguras emosi.

 


7. The Imitation Game
Gadget yang populer saat ini, salah satunya adalah laptop. Adanya laptop merupakan perkembangan dari komputer. Film The Imitation Game mengisahkan Alan Turing yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch, seorang ilmuan cerdas yang memiliki semangat mengembangkan alat untuk membongkar rahasia kode enigma Jerman.

Film berdasarkan kisah nyata ini menggambarkan keadaaan Inggris pada Perang Dunia I. Kecerdasan dan kepribadian Alan membuat keanehan rekan satu timnya, kemudian banyak hal yang tidak terduga.

Film ini membuat kita memahami keadaan Perang Dunia I dan perjuangan membuat komputer yang akhirnya sangat bermanfaat untuk kehidupan saat ini.

 Belajar sejarah dari film menyenangkan, bukan?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Gak Bikin Bosan, 7 Referensi Film Ini Jadi Cara Asyik Belajar Sejarah Film G30S/PKI Ditayangkan Lagi, Jokowi Berharap Millennial Bisa Belajar Sejarah

- Gak Bikin Bosan, 7 Referensi Film Ini Jadi Cara Asyik Belajar Sejarah Bahasa Gak Bakal Efektif Tanpa Ada Kata-kata Menyebalkan Ini

- Gak Bikin Bosan, 7 Referensi Film Ini Jadi Cara Asyik Belajar Sejarah Stephen Hawking Tahu Apa yang Terjadi Sebelum Penciptaan Alam Semesta!

image-url-apps
no. 4 & 7 ane udah tonton gan, seru euy emoticon-2 Jempol
×