alexa-tracking

Ratusan aduan THR diproses usai lebaran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1c63f36208814c1e8b456e/ratusan-aduan-thr-diproses-usai-lebaran
Ratusan aduan THR diproses usai lebaran
Ratusan aduan THR diproses usai lebaran
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (kanan) memeriksa layanan posko pengaduan THR Lebaran 2018 di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Senin (28/5/2018).
Ratusan aduan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) baru akan ditindaklanjuti usai lebaran.

Kepala Seksi Pengawasan Norma Pengupahan, Gian Almiarji menyatakan, tindak lanjut itu sesuai dengan prosedur tetap. "Jadi kami tidak bisa mengambil tindakan kayak polisi. Maling kami tangkap langsung penjara. Jadi ada prosedurnya," kata dia di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Jumat (8/6/2018), seperti dikutip dari detikfinance.

Maka, pekerja yang mengadu tidak bisa langsung menikmati THR, sesuai ketentuan yang mewajibkan pembayaran THR paling lambat 7 hari (H-7) sebelum lebaran. Kalau toh tim menindak setelah H-7 mereka juga akan terkendala waktu, karena sudah memasuki libur lebaran. "(Misalnya ditindak) H-1, kayaknya perusahaan juga libur juga ya. Jadi kan manajemen juga pada cuti," ujarnya.

Di sisi lain, mereka tidak bisa langsung menindak begitu aduan masuk. Pasalnya benar atau tidaknya perusahaan tidak membayar THR baru bisa dipastikan setelah lewat batas waktu.

"Kalau sudah ada indikasi sebelumnya, H-7 mereka tidak akan membayar, kami bisa lakukan tindakan, tapi kan diketahui setelah H-7 ini kan baru kami ketahui," tambahnya.

Dengan asumsi lebaran jatuh pada Jumat (15/6/2018), maka H-7 berarti jatuh pada Jumat (8/6/2018).

Gian menyatakan, pada rentang 28 Mei-7 Juni, dari aduan yang masuk di tingkat nasional, total mencapai 201 aduan. Rata-rata aduan mengeluhkan THR yang nilainya kurang dari besaran yang ditetapkan, belum dibayarkan atau memang tidak dibayarkan.

"Tapi (jumlahnya) belum disaring. Jadi pengaduan banyak. Ada yang no name (tidak ada nama), perusahaan tidak disebutkan," ujarnya.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani Senin pekan lalu mengatakan pihaknya mengimbau dan memantau pembayaran THR oleh para pengusaha. Ia ingin memastikan semua pengusaha anggota Kadin sudah membayarkan THR karyawan sebelum batas waktu H-7.

Kadin berharap pekerja bisa memenuhi kebutuhan mereka saat lebaran. "Dari pemantauan yang kami lakukan, sejauh ini semua berjalan lancar, kami belum dengar ada yang tidak bisa bayar THR," katanya Senin (4/6/2018), seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Dua pekan lalu, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyatakan, pemerintah menyiapkan 3 sanksi buat pengusaha yang tak membayarkan THR kepada pekerjanya.

Menurut pasal 5 ayat (4) Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR, setiap perusahaan wajib memberikan THR kepada pekerja/buruh paling lambat H-7 lebaran sebesar uang gaji 1 bulan.

“Perusahaan yang tidak melaksanakan kewajiban pembayaran THR, akan dikenakan denda sebesar 5 persen dari total THR. Kedua, teguran tertulis dan ketiga adalah pembatasan kegiatan usaha,“ kata Hanif saat peresmian pembukaan Posko Satgas THR di kantor Kemnaker, Jakarta, Senin (28/5/2018), seperti dipetik dari [URL="http://www.tribunnews.com/kilas-kementerian/2018/06/08/perusahaan-tak-bayar-thr-pemerintah-siapkan-tiga-sanksi "]Tribunnews.com[/URL].

Untuk urusan THR buat PNS, sudah selesai pada Jumat lalu. Total 542 daerah sudah menyelesaikan pencairan THR untuk PNS.
Ratusan aduan THR diproses usai lebaran


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...s-usai-lebaran

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Ratusan aduan THR diproses usai lebaran Nelayan Balikpapan blokade pemindahan batu bara

- Ratusan aduan THR diproses usai lebaran Kiprah Wali Kota Blitar yang ditahan KPK

- Ratusan aduan THR diproses usai lebaran Denda berlapis untuk pembawa valas tanpa izin

image-url-apps
pejuang thr...
semangat bapak ibu...
image-url-apps
bagaimana cara membedakan thr yg blm dibayar dan tidak dibayar?
×