alexa-tracking

Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1bfcd3d44f9fce078b4577/presiden-putin-dianugerahi-medali-persahabatan-dari-pm-xi-jinping
Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping
Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping

Beijing, IDN TIMES - Disatukan oleh lawan bersama, Tiongkok dan Rusia sepakat menjalin kerjasama yang lebih dekat lagi saat pemimpin kedua negara bertemu di Beijing hari Jumat lalu.

Pertemuan antara PM Xi Jinping dengan Presiden Vladimir Putin dilangsungkan di ibu kota Tiongkok, menjelang dilaksanakannya pertemuan tahunan Shanghai Cooperation Organization yang akan dilaksanakan di Qingdao akhir minggu ini.


1. Tiongkok dan Rusia akan saling mendukung
Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping
Dalam pertemuan tersebut disepakati sejumlah kesepakatan termasuk kerjasama di bidang nuklir dengan investasi berjumlah 20 miliar yuan (Rp 44 triliun) dan kesepakatan investasi industri sebesar Rp 14 triliun, demikian dilansir dari South China Morning Post.

PM Tiongkok memuji kesepakatan kerjasama ini yang disebutnya telah mencapai level yang sudah matang.

"Presiden Putin dan Saya sama-sama berpikir bahwa kerjasama strategis Tiongkok-Rusia berada dalam tahap yang matang, kokoh dan stabil. Ini berada dalam level tertinggi, paling mendalam dan secara strategis menjadi hubungan yang paling penting antara dua negara besar di dunia," demikian tegas PM Xi Jinping kepada jurnalis usai pertemuan tersebut.

Quote:

2. Rusia akan bekerja sama dengan Tiongkok dalam isu nuklir Korea Utara
Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping
Sementara itu Presiden Vladimir Putin menyatakan negaranya akan bekerja sama dengan Tiongkok dalam isu nuklir Korea Utara menjelang KTT antara Presiden AS, Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un yang akan diselenggarakan tanggal 12 Juni di Singapura.

Menurutnya Rusia dan Tiongkok 'berkepentingan mencapai perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea," demikian tegas Vladimir Putin dalam kesempatan yang sama, sebagaimana dilansir dari Quartz.


3. PM Xi Jinping sebut Putin sebagai sahabat terbaik saat anugerahkan 'Medali Persahabatan'
Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping
Dalam kesempatan yang sama PM Tiongkok menganugerahkan 'medali persahabatan' pertama Tiongkok, dengan menyebut Putin sebagai 'teman lama dan baik dari rakyat Tiongkok' sekaligus teman baiknya.

"Presiden Putin adalah pemimpin negara besar dan berpengaruh di dunia. Dia adalah teman terbaik dan paling dekat denganku," demikian pengakuan PM Tiongkok.

Hubungan antara Tiongkok dan Rusia memang semakin membaik di tengah ketegangan ekonomi dan militer antara Tiongkok dan Amerika Serikat. Sementara Rusia sendiri masih terkena sanksi dari Amerika Serikat akibat mencaplok Crimera.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping Donald Trump Ingin Ampuni Muhammad Ali yang Sudah Divonis Bebas

- Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping Tujuh Masjid ditutup dan Deportasi 12 Imam di Austria

- Presiden Putin Dianugerahi Medali Persahabatan dari PM Xi Jinping Kerajaan Belanda Berduka, Adik Ratu Maxima Tewas Bunuh Diri