alexa-tracking

Wow!! Ikan Bandeng Berbobot 14 Kg Juarai "Festival Pasar Bandeng" di Gresik [Tradisi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1bf523582b2e7f1b8b457f/wow-ikan-bandeng-berbobot-14-kg-juarai-festival-pasar-bandeng-di-gresik-tradisi
Wow!! Ikan Bandeng Berbobot 14 Kg Juarai Festival Pasar Bandeng di Gresik
Wow!! Ikan Bandeng Berbobot 14 Kg Juarai


emoticon-Hi
Hello kaskuser, Apa Kabar Semua?
Selamat datang di Thread Ane dan Selamat Membaca
emoticon-coffee

Sekarang ini sudah hampir di minggu terakhir bulan Ramadan, tentu di saat seperti ini banyak masyarakat yang sibuk mempersiapkan Lebaran, termasuk juga ane nih gan.

Kabupaten Gresik, Tempat tinggal salah satu kakek& nenek ane yang merupakan salah satu daerah di jawa timur memang sejak dulu terkenal dengan budi daya ikan bandeng. Tak susah untuk mencari tambak bandeng sekaligus olahan nikmat dari ikan bandeng di sini.

Dan saat dipenghujung bulan ramadhan menjelang lebaran Idul fitri masyarakat Gresik selalu melakukan tradisi unik dan berlangsung sangat meriah.
Yaitu Tradisi "Festival Pasar Bandeng" Yang diadakan dua hari sebelum Hari Raya Lebaran atau malam 29 ramadhan.

Dimana tradisi tersebut dilakukan oleh masyarakat yang mempunyai tambak bandeng melakukan panen bandeng dan menjual hasil panennya ke "Festival Pasar Bandeng". Sarat utama untuk mengikuti festival ini tentu saja bandeng yang diikutkan wajib berasal dari wilayah gresik sendiri. Pasar Bandeng merupakan tradisi turun-temurun yang merupakan warisan dari Walisongo khususnya Sunan Giri yang sampai sekarang masih dilakukan dan dilestarikan oleh masyarakat Gresik. Tradisi tersebut dilakukan sebagai wujud rasa bersyukur atas segala limpahan rahmat serta rejeki yang didapatkan selama ini serta sebagai perayaan atas kemenangan dalam menunaikan ibadah puasa.

Spoiler for Festival Pasar Bandeng:


Walau disebut sebagai pasar bandeng namun banyak juga ikan lain yang dijual dalam tradisi ini seperti ikan Nila dan Mujaer dan tentu kwalitas ikan yang dijual dalam perayaan tradisi ini merupakan kwalitas terbaik dengan rasa daging ikan yang gurih dan tidak bau tanah. Selain untuk dijual dalam festival pasar bandeng ini juga berlangsung pemilihan Bandeng terbesar. Bobot ikan bandeng yang diikutkan pun biasanya cukup besar, bahkan pernah tercatat pada festival tahun 2017 yang diselenggaran di Pertigaan Suling Jalan Basuki Rahmat keluar sebagai pemenang juara pertama adalah bandeng yang memiliki bobot seberat 14kg / ekor emoticon-Belo
dan setiap tahunnya ada peningkatan dari segi bobot. Dalam festival pasar bandeng ini ikan-ikan yang dijual juga mempunyai harga yang relatif murah.

Spoiler for Ikan bandeng terbesar:


Dalam penyelenggaraan tradisi pasar bandeng ini selalu dipadati oleh banyaknya pengunjung yang berasal dari masyarakat gresik sendiri yang umumnya untuk dinikmati sendiri dan masyarakat dari luaran kota di sekitaran daerah Gresik untuk memborong ikan-ikan yang dilelang kemudian dijual kembali ke pasar-pasar ikan.
Bahkan ane sendiri kala itu harus rela berdesak-desakan untuk mendapatkan ikan bermutu dengan harga yang murah yaitu Rp10 ribu - Rp 15 ribu per kilogram.emoticon-Hammer
Karena harga bandeng rata-rata Rp25 ribu/kg pada hari biasa (normal) dan bisa mencapai Rp35 ribu/kg saat momen-momen khusus


Tradisi rutin ini diadakan setiap tahunnya oleh pemerintah setempat, selain sebagai tradisi yang harus dilestarikan biar tidak digeroti zaman, tradisi ini diselenggarakan sebagai upaya pemerintah untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat.

Spoiler for suasana malam festival pasar bandeng:

Meriahnya perayaan ini juga dilangsungkan pagelaran musik qosidah lokal ataupun dari luar kota. Dan festival ini juga diikuti oleh banyaknya pedagang yang menjual barang-barang khas lebaran seperti kue, baju dan banyak lagi lainnya. Inilah tradisi yang rutin dilakukan oleh warga masyarakat gresik termasuk ane yang kala itu mudik ke gresik saat penghujung bulan Ramadhan.

Untuk sekedar informasi bagi kaskuser yang ingin menyaksikan ataupun mengikuti kemeriahan Festival Pasar Bandeng pada tahun 2018 ini akan diselenggarakan pada tanggal 11-13 Juni 2018, Di Jalan Raden Santri - Basuki Rahmat Gresik

emoticon-Maaf Agan emoticon-Bedug emoticon-Maaf Aganwati

Bagaimana Kaskuser, Tertarik Ingin Membeli Ikan Bandeng di Festival Ini?

emoticon-Salaman
~Terima Kasih - Keep Posting~
Jangan Lupa Cendol emoticon-Cendol (S)


sumber ref : 1 2 3
sumber gambar : 1 2 3 4

image-url-apps
Judulnya Seharusnya :

Wow!! Ikan Bandeng Berbobot 14 Kg Juarai "Festival Pasar Bandeng" di Gresik [Tradisi Ramadan]
image-url-apps
Gede bener ya emoticon-Belo
KASKUS Ads
lah koq gambarnya 2016
image-url-apps
Quote:


Cari gambar yg terbaru gk nemu gan, ada tapi jelek2 gambarnya emoticon-Wink
image-url-apps
Wedew, gede bingit itu emoticon-Matabelo
Bisa sebesar itu emoticon-Bingung
image-url-apps
Enak sih tapi durinya yg alus2 itu yg ngeselin.

Kecuali bandeng presto emoticon-Coblos
image-url-apps
mantab sekali kalu dimakan 😆
image-url-apps
Quote:


Klo di gresik banyak tempat makan yg nyediain bandeng tanpa duri emoticon-Big Grin
makan ikan kata bu susiemoticon-Cool
image-url-apps
Makan apa tuh ikan.
image-url-apps
Masih sepi ternyata gan emoticon-Big Grin
image-url-apps
Ga HaTe pemirsah emoticon-Ngakak
image-url-apps
Tu kalo udah segede itu, dagingnya enak dimasak, dimakan nggk, ya? Jadi inget lele. emoticon-Belo
image-url-apps
di presto saja manteb emoticon-Genit
image-url-apps
di presto bisa buat berapa keluarga itu emoticon-Leh Uga

gede banget emoticon-Hammer2
×