alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Robot Penjelajah Curiosity Temukan ‘Blok Bangunan Kehidupan’ di Mars
4.83 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1bc67c96bde64d168b4579/robot-penjelajah-curiosity-temukan-blok-bangunan-kehidupan-di-mars

Robot Penjelajah Curiosity Temukan ‘Blok Bangunan Kehidupan’ di Mars

Robot Penjelajah Curiosity Temukan ‘Blok Bangunan Kehidupan’ di Mars

Menurut para ilmuwan NASA, “tanda-tanda penting kehidupan” telah ditemukan di Mars.

Data yang dikumpulkan oleh wahana penjelajah Mars, Curiosity, menunjukkan bahwa danau di dalam Kawah Gale mengandung molekul organik yang terbuat dari karbon dan hidrogen. Kemungkinan, ada elemen lainnya seperti oksigen dan nitrogen.

Senyawa kuno tersebut sudah tertidur di batuan sedimen selama tiga miliar tahun. Namun, Curiosity milik NASA berhasil menemukannya di sekitar Mars.

Rover sebesar mobil SUV ini, mengebor lubang pada batu sedimen, mengambil beberapa sampel, lalu menelitinya dengan sistem Sample Analyst at Mars (SAM) yang ia miliki. SAM merupakan instrumen khusus untuk memanaskan tanah Mars menggunakan oven bertenaga nuklir untuk melepaskan molekul organik dari bebatuan.

Curiosity juga menemukan ‘blok bangunan kehidupan’ lain di Mars, yaitu metana. Namun, ini cenderung musiman. Molekul-molekul organik tersebut masih ada hingga sekarang, tetapi para ilmuwan menekankan, itu bisa dihasilkan dari zat kimia batu, bukan secara biologis.

“Kami tidak bisa mengatakan apakah metana ini merupakan hasil dari serpentinisasi (reaksi kimia antara bebatuan besi dengan cairan) atau aktivitas mikrob pada kedalaman tertentu,” papar Michael Mumma, ilmuwan NASA.

Meskipun penemuan ini hanyalah hal kecil dari pencarian sumber kehidupan di Mars, namun ke depannya, bisa menjadi lompatan besar bagi Curiosity.


“Jika Anda bekerja dengan sesuatu yang gila seperti wahana penjelajah Mars dan instrumen kompleks yang dikirim keluar angkasa, rasanya seperti bisa melakukan semua hal yang sebelumnya tampak tak mungkin,” kata Jennifer Eigenbrode, ahli biogeochemistry yang juga pemimpin penelitian.

“Saya bekerja dengan sekelompok orang yang menakjubkan dalam meniliti kehidupan Mars dan kami telah menemukan banyak hal,” tambahnya.

Eigenbrode dan peneliti lainya mengatakan bahwa penemuan ini jangan dianggap sebagai bukti baru adanya kehidupan, tapi potensi Mars sebagai tempat tinggal manusia.

sumber
Halaman 1 dari 9
alah. dari dulu cuma penemuan2, coba langsung astronot turun langsung disana.
Gak membuktikan apa2..
Molekul organik bisa terbentuk dari sesuatu yang non organik.
Molekul organikpun belom tentu berarti bener ada kehidupan.


tapi gak papa.
Selama bisa angkat atensi publik, dana riset dan program bisa terus jalan. Ini kunci untuk akhirnya suatu hari ini ketemu bukti kehidupan yang kuat
Diubah oleh mainsilat
ilmuwannya sendiri sudah wanti" reaksi publik

Quote:


jangan sampe ilmuwan ngomong A, kita kira mereka ngomong AAAAAAAAA

publik mesti jeli menilai berita bukan cuma baca judul saja. yg penting dunia ini jangan pernah punah dari yg namanya critical thinkers. emoticon-Big Grin
Quote:

Perjalanan ke Mars masih perlu waktu bulanan, untuk teknologi saat ini. itu juga dengan asumsi perjalanan menempuh jarak terdekat. Dalam kondisi sekian bulan tanpa gravitasi, astronot keburu lemah duluan fisiknya, sampai di Mars gak bisa apa-apa. Perlu waktu lagi untuk beradaptasi dengan kondisi gravitasi, walo gravitasi Mars cuma sekitar 0,4 dari gravitasi bumi.
ane kok blom pernah liat foto danau di mars ya
emoticon-Big Grin
Kira in blok bangunan tuh batu bata.kusen,atau atap rumah..
ah ciyus gan emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Diubah oleh masihijau
emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
Welcome to mars emoticon-Leh Uga
ku ingin tinggal di planet namex emoticon-Matabelo
Mars
Nat Geo


emoticon-Traveller
Diubah oleh kelazcorro
Haiii
ternyata tinggal di mars bukan hayalan belaka...
Ijin nyimak gan..
Heran, msh ada yg nyinyir ma berita kaya gini. Harusnya bangga dan bahagia. Ada kemungkinan bs ditempati mengingat bumi makim bobrok gara2 manusia egois
nyang boneeeng ah?
kirim kecoak aja dimars..
sapa tau bisa berkembang biak disana 😂
bisa jadi bumi ke 2, mgkin asalkan ada air
minyak
Halaman 1 dari 9


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di