alexa-tracking

Presiden Jokowi Resmikan Bandara "Apung" Pertama di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1bc277d44f9f5f4f8b4567/presiden-jokowi-resmikan-bandara-quotapungquot-pertama-di-indonesia
Presiden Jokowi Resmikan Bandara "Apung" Pertama di Indonesia
Presiden Jokowi Resmikan Bandara "Apung" Pertama di Indonesia

Semarang, Presiden RI Joko Widodo meresmikan terminal baru di Bandara Internasional Ahmad Yani, Jokowi secara simbolis menekan sirine dan menandatangani prasasti di atas panggung pintu keberangkatan.
Presiden di sela peresmian terminal dan gedung menara pengawas Airnav Indonesia Semarang itu mengatakan awalnya ini adalah pangkalan udara TNI, dan sekarang kita kembangkan menjadi penerbangan sipil domestik.
"Terminal baru adalah pembenahan gerbang langit Jawa Tengah. Awalnya pangkalan udara TNI dan berkembang menjadi penerbangan sipil domestik, lalu internasional," katanya Kamis (7/6/2018) sore.
"Dulu, kapasitas 800.000 orang pertahun, sekarang melonjak 6,5 juta penumpang pertahun. Jadi lompatan dan kenaikan sangat tinggi," tambahnya.
Jokowi menjelaskan, fasilitas baru di terminal bandara akan memanjakan penumpang. Terminal juga akan memberi kenyamanan, apalagi bangunan fisik dan pengelolaan bandara menggunakan Eco-Green.
"Saya titip terminal baru dijaga bersama karena ini milik bersama dan untuk kepentingan bersama," ujar Jokowi.
Terminal baru ini dibangun dengan investasi senilai Rp 2,075 triliun. Bangunan tiga lantai menampung setidaknya hingga 7 juta penumpang pertahun atau 20.000 penumpang perhari.
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, operasi terminal baru menjawab masalah lack of capacity selama beberapa tahun terakhir. Pada 2017, jumlah penumpang mencapai 4,4 juta, sementara kapasitas terminal lama hanya menampung 800.000 penumpang.
"Terminal ini luasnya sembilan kali lipat dari luas terminal lama, dan bisa menampung 6,9 juta penumpang per tahun," tutur Faik.
Operasi terminal juga dilakukan tepat untuk menyambut pemudik. Warga yang ingin mudik ke Semarang dan sekitarnya dapat menikmati fasilitas terminal bandara yang modern dan mutakhir.
Desain terminal bandara mengadopsi konsep eco-airport dengan sebagian besar bangunan berdiri di atas air.
"Bandara menjadi ikon baru dan kebanggaan masyarakat Semarang dan Jawa Tengah,” tambahnya.
Terminal baru memiliki luas bangunan 58.652 meter persegi, serta apron menampung 12 pesawat. Selain itu, terminal ini dilengkapi dengan 30 konter check-in, 8 eskalator, 8 elevator, 2 travelator, serta 3 buah garbarata.
Tersedia pula gedung parkir yang mampu menampung 1.200 kendaraan. Namun untuk tahap awal, gedung parkir yang digunakan hanya menampung 400 kendaraan, plus parkir luar gedung.
Desain terminal baru mengadopsi konsep eco-airport. Bangunan sebagian besar berdiri di atas air dan dikelilingi kolam, mulai dari gedung terminal, gedung parkir, dan wetland park area.

Spoiler for Berita:


Sumber Berita : https://regional.kompas.com/read/201...a-di-indonesia
Keren emoticon-nyantai
semoga bermanfaat untuk rakyat indonesia👌🏽
satu persatu hasil ditunjuken..terus bekerja demi kemajuan bangsa sementara oposisi masih menebar fitnah tanpa ada niat membangun

lanjutken pakemoticon-Recommended Seller

mantap, bandara buatan jokowi nih
Habis Jabar

sekarang Jateng

emoticon-I Love Indonesia
Wah keren emoticon-thumbsup
peresmian terus,bikin jengkel oposisi aja
Itu mulai dikerjakan tujuh taon lalu
Ngrekamasi pantai
Btw, g usah klaim opang apung yg pertama
Bali juga reklamasi kek gitu woles dari dulu
Keren bandaranya , semoga berguna khususnya untuk warga sekitar emoticon-Blue Guy Smile (S)
Mantap nih bangunannya
Penasaran liat gambar landscape by drone kalo ada.
Quote:


Bali ga ada reklamasi pantai buat airport bray...
muantap emoticon-2 Jempol