alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Guru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan Politik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1bb8f8dcd770a7048b456d/guru-besar-uin-sayangkan-ada-fatwa-agama-untuk-kepentingan-politik

Guru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan Politik

Guru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan Politik
Surabaya, keprihatinan tentang dugaan penggunaan dalil agama untuk kepentingan politik di Pilkada Jatim, Prof Abd A'la Guru Besar Sejarah Pemikiran Politik Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya angkat bicara.
"Saya sudah mendengar, dan sangat menyedihkan jika ada dalil agama dijadikan alat politik. Sekelompok orang menghalalkan segala cara untuk kepentingan politik tertentu," katanya, Kamis (7/6/2018).
Beliu mengatakan agama seharusnya menjadi dasar umatnya untuk bersiyasah atau berpolitik, bukan sekadar dijadikan alat.
"Agama yang mengajarkan kemanusiaan dan kebaikan harus menjadi dasar dan tujuan berpolitik umat, bukan dijadikan alat berpolitik," ujar guru besar yang baru saja mengakhiri masa jabatannya sebagai rektor UIN Sunan Ampel Surabaya ini.
Jika cara berpolitik itu tidak selaras dengan tujuan agama, dia memastikan tujuan berpolitik kelompok tersebut tidak akan membawa kemaslahatan bagi umat manusia.
Kemunculan dalil agama untuk kepentingan politik ini menjadi perbincangan diduga setelah adanya sebuah unggahan yang viral di media sosial tentang sejumlah ulama.
Sejumlah ulama pendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, diduga mengeluarkan fatwa untuk memilih keduanya.
Fatwa itu, dengan mengutip dalil agama, mengimbau agar umat Islam memilih Khofifah-Emil karena hukumnya Fardhu Ain alias wajib bagi setiap umat Islam seperti kewajiban salat, zakat, dan puasa.
Mereka juga menganggap umat Islam yang tidak mendukung Khofifah sama dengan berkhianat kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.
Ini diduga karena munculnya fatwa hasil pertemuan para ulama pendukung Khofifah di di Ponpes Amanatul Ummah, Mojokerto, 3 Juni 2018 lalu, yang dihadiri Khofifah.
Dalam keterangan pers yang sama, yang dikirim kubu Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, disebutkan, fatwa itu dituangkan dalam surat bernomor 1/SF-FA/6/2018.
Beberapa pihak mengklaim, ada rekaman suara tentang penyebutan fatwa itu, yang tersebar viral melalui grup percakapan WhatsApp dan media sosial.
Sebagaimana disebutkan dalam keterangan pers yang sama, suara dalam rekaman yang telah tersebar itu diduga merupakan suara KH Asep Saifuddin Chalim Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah.
Saat pertemuan tersebut, Kiai Asep menjadi tuan rumah dan inisiator pertemuan para kiai pendukung Khofifah yang lantas diduga mengeluarkan fatwa berdasarkan dalil-dalil agama.
Di dalam rekaman itu, suara mirip KH Asep menyebutkan, "orang yang memilih Gus Ipul-Puti, padahal ada yang lebih baik, yakni Khofifah, orang itu sama saja mengkhianati Allah dan Rasulullah."

Spoiler for Berita:



Sumber Berita : http://www.suarasurabaya.net/roadtog...tingan-Politik

BONUS

Guru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan PolitikGuru Besar UIN Sayangkan Ada Fatwa Agama untuk Kepentingan Politik




Thread Sudah Digembok
Urutan Terlama
Ya hak rakyat juga donk ngikuti apa enggak. Apalagi kalo fatwa tersebut linier dengan apa yg tercantum dalam Al Quran maupun Al Hadits, bukan hak lagi namanya tapi udah jadi kewajiban buat umat muslim tuk mengikutinya..
soalnya baru sekali ini saja ada fatwa politik /S
Jadinya sebenernya ahok itu gak salah ya..
Agama memang sering dipake menjadi alat..
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
fatwa vs fatwa vs fatwa
Ah urusan agama kalian. Udah males komen




emoticon-Traveller
agamanya sejak awalnya didirikan, sudah melacurkan diri untuk politik dan kekuasaan,

tapi ketika agamanya disebut pelacur, umatnya marah dan menuduh orang menghina agamanya emoticon-No Hope
Jualan agama mulu :nyantai
Umat tolol ditipu ttp sj percaya. Btw, bukannya kau itu juga larang pemimpin wanita kan? Gak kontra tuh?
Itulah yang dimaksud dalam /Quran surat 2 ayat 12...

Yooo...umat Ngeyel silahkan bantah
Quote:


cherry picking dan standar janda itu udah trade mark si bungsu bray emoticon-Big Grin
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di