alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1ba2cd582b2e4d638b4580/7-tips-rumah-aman-mudik-lebaran

7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran

7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran

Surabaya, IDN Times - Libur hari raya Idul Fitri sudah akan tiba. Ini merupakan saat-saat dimana masyarakat Indonesia menjalankan tradisi pulang kampung atau mudik. Untuk kalian yang akan mudik dalam waktu lama dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, yuk ikuti tips-tips rumah aman saat mudik ala Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya Eddy Christijanto.


1. Kunci pintu dan jendela
7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran
Hal paling utama yang harus dipastikan ketika meninggalkan rumah adalah mengunci pintu dan jendela rumah. Jangan lupa lakukan double-check untuk memastikan pintu dan jendela rumah sudah terkunci sempurna.


2. Nyalakan lampu di beberapa bagian rumah
7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran
Meskipun sedang tidak ada penghuninya, Eddy menyarankan untuk tetap menyalakan sebagian rumah seperti kamar atau ruang tamu. Hal ini dimaksudkan untuk membuat kesan rumah sedang berpenghuni. "Jadi kalau ada orang yang mau berbuat jahat akan berpikir ulang soalnya dikira ada orang," jelasnya saat jumpa pers di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Rabu (6/6).


3. Optimalisasi alarm dan cctv
7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran
Jika punya dana lebih, jangan lupa pasang alarm rumah dan kamera cctv di titik-titik strategis rumah seperti halamab, kamar, dan ruang keluarga. Ini akan berguna apabila ada orang asing yang berusaha memasuki rumah.


4. Amankan peralatan rumah
7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran
Ketika membereskan rumah, jangan lupa untuk mengamankan peralatan rumah. Cabut selang kompor gas dan regulatornya. Matikan pula pompa air atau jaringan PDAM. Pastikan juga perlatan listrik yang tidak terpakai sudah dicabut dari stop kontak seperti kulkas, magic jar, TV, dan kipas. "Selain mencegah kebakaran, juga hemat listrik."


5. Simpan barang berharga dengan baik
7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran
Barang berharga seperti perhiasan, batu permata, dan sertifikat-sertifikat berharga ada baiknya disimpan di rempat uang lebih aman dibandingkan lemari rumah. Eddy menyarankan untuk menitipkan barang berharga tersebut di bank atau rumah penggadaian.


6. Titipkan hewan peliharaan
7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran
Jika memiliki hewan peliharaan, sebaiknya menitipkan hewan kesayangan di tempat penitipan hewan atau orang yang dapat dipercaya agar hewan tetap sehat dan terawat. "Meskipun cuma berencana mudik sebentar, tapi biasanya kalau sudah ketemu sama teman itu jadinya molor. Nanti kasian kucing atau burungnya malah mati kelaparan," ujar Eddy.


7. Laporkan ke petugas keamanan
7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran
Sebelum meninggalkan rumah, laporkan kepergian kepada ketua RT/RW serta tetangga terdekat. Berikan nomor telepon darurat yang bisa dihubungi jika terjadi hal darurat. Apabila terdapat tenaga keamanan, jangan lupa untuk minta bantuan pengontrolan rumah.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran Girls, Lakukan 6 Hal Ini Jika Terlanjur Cinta dengan Lelaki Beristri

- 7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran Terapkan 8 Tips Ini Agar Tetap Wangi Seharian Selama Perjalanan Mudik

- 7 Tips Rumah Aman Mudik Lebaran Girls, Ketika Sedang Ada Masalah dengan Sahabatmu Lakukan 5 Hal Bijak 

Urutan Terlama
sewa sekuriti dadakan emoticon-Hansip


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di