alexa-tracking

Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b906c925233b1738b4568/indonesia-terpilih-menjadi-anggota-tidak-tetap-dewan-keamanan-pbb
Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB
foto: http://indonesiasatu.co


BATAMNEWS.CO.ID, New York - Setelah sukses menjaring suara, Indonesia terpilih menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk Periode 2019 - 2020.

Hasil voting Majelis Umum PBB di New York ini diumumkan pada Jumat, 8 Juni 2018 pukul 09.00 waktu setempat. Pemungutan suara diikuti oleh 190 negara -- dari total 193-- anggota Majelis Umum PBB. Tiga negara tak ikut serta dalam pemungutan suara tersebut.

Syarat agar kandidat dapat terpilih dalam proses voting itu adalah harus berhasil mengumpulkan 127 suara (atau 2/3 dari anggota tetap PBB). Dan, suara yang dikumpulkan oleh kandidat harus melebih negara saingan dalam satu grup yang sama.


Dengan total suara sebanyak 144, Indonesia berhasil mengumpulkan vote lebih banyak dibandingkan Maladewa --saingannya dalam grup Asia-Pasifik-- yang hanya menjaring 46 suara. 

Demikian seperti ditayangkan dalam saluran siaran langsung PBB via daring, Webtv.un.org, Jumat, (8/6/2018).

Indonesia akan menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB bersama dengan negara dari grup lain yang berhasil mengumpulkan suara terbanyak dalam voting tersebut.

Mereka antara lain, Jerman (184) dan Belgia (181) dari Grup Eropa Barat dan Negara Lain; Afrika Selatan (183) dari Grup Afrika; serta Republik Dominika (184) dari Grup Amerika Latin dan Karibia.

Kesuksesan ini membuat Indonesia kembali terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB untuk keempat kalinya sepanjang sejarah Tanah Air, setelah sebelumnya pernah menduduki kursi tersebut pada periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memaparkan misi prioritas Indonesia setelah terpilih. Pemaparan itu disampaikan Retno di Markas Besar PBB di New York lewat sebuah sambungan video teleconference kepada sejumlah wartawan di Jakarta, Jumat 8 Juni 2018 pukul 22.40 WIB.

Menlu Retno mengatakan perdamaian dan stabilitas adalah salah satu misi prioritas Indonesia.

"Sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB periode 2019 - 2020, Indonesia berkomitmen untuk menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas global," ujar Menlu RI, Jumat (8/6/2018).

Selengkapnya : Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

saya usul pak prabowo jadi calon sekjen PBB
image-url-apps
kopasus vs nuklir = menang kopasus
Kopaska vs nuklir = menang kopaska
Denjaka vs nuklir = manang denjaka
Kopaskhas vs nuklir = menang kopaskhas
1 kopasus = 100 marinir amerika
1 denjaka = 100 US ranger

Begitu kata mereka emoticon-Cool
KASKUS Ads
buahhahahaa langsung di counter ama roy sukro noh... biar nastaik gak coli mulu... hahhahaha

Ini Bukan Pertama Kalinya Indonesia jadi Anggota DK PBB

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Roy Suryo mengapresiasi keberhasilan pemerintah Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa atau DK PBB.

Indonesia mendapatkan 144 suara, mengalahkan Maladewa yang hanya memperoleh 46 suara di pertemuan Majelis Umum, Jumat (8/6).

"Alhamdulillah Indonesia kembali menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, setelah mengalahkan Maladewa dengan (perolehan) 144 dari 190 suara‎," kata Roy Suryo.

Namun, wakil ketua umum Partai Demokrat itu mengingatkan bahwa keanggotaan Indonesia dalam Dewan Keamanan PBB ini bukanlah yang pertama.

Roy mengatakan bahwa Indonesia di zaman Presiden RI Kedua Soeharto dan Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. "Indonesia dulu pernah di zaman Pak Harto 1973-1974 dan 1995-1996, juga Pak SBY 2007-2008," ujarnya.

Artinya, kali ini merupakan yang keempat kalinya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. "Selaku anggota Komisi I DPR saya mengapresiasi upaya pemerintah. Namun ini bukan pertama kalinya Indonesia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB, karena dulu sempat juga menjadi anggota. Ini sudah yang keempat kalinya," katanya dalam akun Twitter @KRMTRoySuryo2.

Sebelumnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap pada 1973-1974 bersama Kenya, Peru, Australia, dan Austria. Kemudian, periode 1995-1996 bersama Botswana, Honduras, Jerman, Italia. Lalu periode 2007-2008 bersama Afrika Selatan, Panama, Belgia, dan Italia. (boy/jpnn)

image-url-apps
Kok bangga banget kayanya. Manfaatnya apa? Apakah Indonesia didengar dunia?
Bisa seperti amerika? Trump bersin bersin saja dollar langsung menguat. Apakah indonesia bisa mengguncang dunia seperti amerika? Kalau tidak bisa ya tidak ada gunanya. Lebih baik fokus masalah dalam negeri saja. Terutama korupsi.
image-url-apps
Cuman anggota2an yang digilir buat nyeneng2in doang.
image-url-apps
berarti diakui oleh masyarakat internasional emoticon-Big Grin
image-url-apps
Ya bagus selamat untuk ke-4 kalinya Indonesia ( negara dengan masyarakat muslim terbesar di dunia ) bisa menjadi anggota tidak tetap DK PBB.
image-url-apps
kinerja yg yg bagus
maju terus indonesia bersama jokowiemoticon-Smilie
image-url-apps
Quote:


ngoahahahahahahahaha emoticon-Leh Uga mingkem cepppp
DK PBB itu tugasnya ngurusin negara lain ya? Perdamaian negara sendiri termasuk?
×