alexa-tracking

Kiprah Wali Kota Blitar yang ditahan KPK

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b8f94dbd770115d8b4578/kiprah-wali-kota-blitar-yang-ditahan-kpk
Kiprah Wali Kota Blitar yang ditahan KPK
Kiprah Wali Kota Blitar yang ditahan KPK
Wali Kota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar (kedua kanan) mengenakan rompi tahanan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK Jakarta, Sabtu (9/6/2018).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Wali Kota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi suap pengadaan barang dan jasa di Pemerintahan Kota Blitar Tahun Anggaran 2018, Sabtu (9/6/2018).

Samanhudi telah menyerahkan diri ke KPK pada Jumat (8/6/2018) sekitar pukul 18.30 WIB kemudian menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK. "Ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah dikutip Antaranews.

KPK menetapkan Samanhudi dan Bupati Tulungagung nonaktif Syahri Mulyo sebagai tersangka pada Kamis (7/6/2018). Keduanya diduga menerima suap dari orang sama bernama Susilo Prabowo.Suap bagi keduanya berkaitan dengan proyek berbeda di wilayahnya masing-masing.

Samanhudi diduga menerima pemberian dari Susilo senilai Rp1,5 miliar terkait ijon proyek pembangunan sekolah lanjutan pertama di Blitar dengan nilai kontrak senilai Rp23 miliar. Sedangkan Syahri diduga menerima suap sebanyak 3 kali sebagai fee proyek pembangunan infrastruktur peningkatan jalan di Dinas PUPR Tulungagung dengan nilai total Rp2,5 miliar.

Samanhudi lahir di Blitar pada 8 Oktober 1957. Dia tercatat menjabat wali kota di daerah itu selama dua periode, yakni dari 2010-2015 dan 2016-sekarang. Sebelumnya, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga pernah menjabat ketua DPRD Kota Blitar.

Periode pertamanya menjadi wali kota dimulai setelah dia memenangkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Blitar 2010 lewat dukungan PDIP dan PKB.

Samanhudi yang ketika itu berpasangan dengan Purnawan Buchori mengalahkan empat pasangan kandidat lainnya, yaitu Anang Triono–Bambang Gunawan yang diusung Partai Golkar, Partai Kebangkitan Nasional Ulama, dan Partai Hanura; Heru Sunaryanta-Sholih Muadi yang diusung Partai Demokrat; Hendro Ermono-Azhar Anwar yang diusung PPP dan PKS, dan; Zaenudin-Masrukin dari jalur perseorangan (independen).

Selanjutnya, periode keduanya menjabat wali kota Blitar dimulai sejak 17 Februari 2016. Sebagai petahana, Samanhudi dan pasangannya, Santoso, berhasil memenangkan Pilkada Kota Blitar 2015 dengan kemenangan mutlak.

Ketika itu, Samanhudi kembali maju di pilkada lewat dukungan mayoritas partai politik yaitu PDIP, Partai Nasdem, Partai Gerindra, PKS, Partai Golkar, Partai Hanura, PAN, dan Partai Demokrat. Samanhudi-Santoso meraih 67.934 suara atau 92,28 persen.

Sementara, kandidat pesaingnya, Mochsin-Dwi Sumardianto—yang maju lewat jalur perseorangan—hanya meraup 5.683 suara dalam rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar.

Keluarga Samanhudi berasal dari Desa Alas Raje, Blega, Kabupaten Bangkalan Madura. Seperti orang tuanya, dia dikenal sebagai tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di daerahnya. Samanhudi juga tercatat pernah menimba ilmu di Pondok Pesantren Kedungdung, Bangkalan.

Di bawah pemerintahannya, Kota Blitar mendapat penghargaan sebagai kota dengan laporan keuangan terbaik pada 2014. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presi­den Boediono kepada Samanhudi di Gedung Danapala Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta.

Sebelum itu, Kota Blitar di bawah kepemimpinannya juga meraih penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award 2013 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk bidang sanitasi sektor air limbah.

Kota Blitar bersama Kota Payakumbuh, Kota Banjarmasin, Kota Denpasar, Kota Surakarta, dan Kota Jambi dinobatkan menjadi kota-kota yang sukses menjalankan Program Pembangunan Sektor Sanitasi Indonesia (ISSDP) Tahap I (2006-2007).
Kiprah Wali Kota Blitar yang ditahan KPK


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ng-ditahan-kpk

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kiprah Wali Kota Blitar yang ditahan KPK Denda berlapis untuk pembawa valas tanpa izin

- Kiprah Wali Kota Blitar yang ditahan KPK Misi Indonesia di Dewan Keamanan PBB

- Kiprah Wali Kota Blitar yang ditahan KPK Maskapai murah tambah puluhan ribu kursi untuk Lebaran 2018

image-url-apps
Di usung sama seluruh partai emoticon-Matabelo
This man is something else emoticon-Matabelo
×