alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Memaknai arti "Home Sweet Home" bagi Pemudik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b7c32d89b09c6768b4567/memaknai-arti-quothome-sweet-homequot-bagi-pemudik

Memaknai arti "Home Sweet Home" bagi Pemudik

Memaknai arti "Home Sweet Home" bagi Pemudik


Quote:


Alhamdulillah hari raya lebaran tinggal menghitung jari. Banyak dari kita yang sudah menyibukan diri seperti membuat kue lebaran, menukar uang, ataupun menghias kembali rumah emoticon-Ngakak (S) .Tetapi bagi orang perantauan atau yang tinggal sementara (ngekost / ngontrak) di luar kota tentunya lebih memilih pulang ke kampung halaman bukan? Mengingat arus mudik yang sangat deras saat ini, takut tak kebagian tiket atau terjebak macet. Banyak dari mereka sudah mempersiapkan diri sejak awal hanya demi bisa bertemu dengan orang-orang yang ada di Kampung halaman.

Para Pemudik ini banyak mengekspresikan suka citanya dengan mengunggah status "Home Sweet Home" pada media sosialnya. Sebenarnya apa sih arti "Home Sweet Home" kenapa bukan "House Sweet House" ?

Mari kita belajar bahasa Inggris sedikit hehe. Kita menggunakan kata benda 'house' untuk membicarakan mengenai sebuah bangunan dimana orang tinggal. Jadi apa perbedaan antara kata 'Home' dan 'House'? Perbedaannya adalah 'House' adalah struktur atau bangunan fisik, sementara 'Home' adalah tempat dimana anda tinggal, kata ini lebih memiliki hubungan emosional. Jadi beda penggunaan kata beda maknanya juga.

Home sweet home merupakan ungkapan yang memiliki kedekatan arti dengan baitii jannatii atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan “rumahku surgaku”. Kita sering mendengar ungkapan “rumahku surgaku” yang artinya tidak ada tempat yang paling nyaman selain rumahku. Dalam ungkapan tersebut bisa dipahami bahwa bentuk fisik rumah tidaklah begitu penting. Rumah besar–kecil, mewah–sederhana, berdinding kayu atau tembok, berpekarangan atau saling berhimpitan dengan dinding tetangga, semuanya tidak mengurangi makna surga atau istana yang identik dengan kesan indah nyaman, dan penuh kebahagiaan.

Rumah yang bernuansa surga adalah harapan bagi setiap manusia yang berusaha memilki jiwa-jiwa mulia laksana malaikat suci bukan setan yang terlaknat. Dari kumpulan jiwa-jiwa mulia yang selalu dekat dengan Tuhannya akhirnya terbentuklah rumah tangga yang penuh berkah. Namun, sebaliknya rumah tangga yang jauh dari keberkahan-Nya laksana neraka yang dikenal dengan “broken home”.

Kembali lagi ke bahasan "Mudik". Tradisi mudik memiliki makna yang mendalam selain hanya pulang bertemu dengan keluarga lalu bersilaturahmi dan meminta maaf. Mudik biasa dilakukan setiap akhir bulan puasa ramadan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri, hal ini terjadi karena sudah tertanam di pikiran masyarakat Indonesia bahwa ketika merayakan hari raya Idul Fitri harus di tempat kelahiran bersama orang tua dan saudara, karena banyak orang Indonesia yang berpindah dari lingkungan pedesaan menuju perkotaan. Tapi apakah hanya sekedar itu makna yang bisa kita ambil dalam tradisi mudik? Berikut ini saya rangkum beberapa alasan kenapa kampung halaman menjadi tujuan utama untuk menghabiskan waktu saat libur lebaran :

1. Keluarga
Spoiler for :


2. Teman
Spoiler for :


3. Nyaman
Spoiler for :


4. Bernostalgia dengan Kenangan lama
Spoiler for :


5. Makanan khas asli daerah
Spoiler for :


Tradisi mudik, kembali ke tempat kelahiran, kembali mengingat asal kita lahir, kembali mengingat semua kenangan di awal kehidupan kita. Artinya, dengan mudik, seharusnya kita mengembalikan jati diri sebagai manusia, mengembalikan kondisi awal kita seperti saat dilahirkan, yaitu bersih dan fitrah. Tentu makna ini, berkaitan dengan ibadah puasa yang sebulan ini kita jalankan. Bahwa puasa adalah ajang training untuk menjadi manusia sejati. Nah, manusia sejati itu adalah ketika kita dilahirkan, bersih dari berbagai program-program pikiran yang melemahkan diri kita, bukankah ketika dilahirkan semua bayi itu menangis dengan suara yang sama? apakah kamu pernah mendengar tangis bayi yang baru lahir itu bernyayi lagu dangdut? Tidak ada ya haha..

Sekian trit tentang memaknai "Home sweet Home" dalam budaya mudik kita.
Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin dari saya dan sekeluarga, selamat mudik tetap berhati-hatilah di jalan dan taati peraturan lalu lintas yang ada. Rate, cendol, dan share sangat berarti bagi saya terimakasih emoticon-Malu (S)


Spoiler for Sumber:


Quote:



Urutan Terlama
mudik ada dikarenakan ada perantau Memaknai arti "Home Sweet Home" bagi Pemudik
Diubah oleh akubukanjono
ane skrg di Uganda bray, mau mudik tapi airport lagi dikuasai militanemoticon-Cool

DI FOTO NOMER 3 MANIS SYEKALII.
SIAPA NAMAMU GADIS MANIS?
Quote:

yoi bre karena kalau dikampung terus tak menjamin kesuksesan emoticon-Cool

Quote:

waduh kok bisa bre? emoticon-Leh Uga

Quote:

silau bgt bre tulisannya sampe kagak bisa kebaca emoticon-Leh Uga btw tanya mbah gugle yg lebih tau
kangen nih pastinya
Quote:


Kepo banget mau tahu namanya, jangan-jangan mau agan pelet
emoticon-Takut
Asal kelahiran ane di kota sik, begitu juga dengan bapak ibu ane beserta kakek neneknya.
Domisili ane di kota/kabupaten yg lbh kecil. Walhasil kalo mudik dijamin lancar jaya. Lawan arus emoticon-Big Grin
Quote:



LOH OMONGAN ENTE KOK GITU SIH?
TERKADANG SUKA BENER
Kembali ke kenangan masa kecil... Seperti halnya pepatah Armenia yang mengatakan:

Ինչպես լրջորեն լուրջ, այն փորձը, որ նրանք դեռեւս ինչ-որ բան ունեն տեսնելու համար. Քաշով ուսերին քաշ առանց լիարժեքության...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Quote:


Lizzy Velazquez ndan emoticon-Tepuk Tangan
Memang karena mudik menjadi salah satu ajang silahturahmi
Quote:


WEITZ, KALAU ITU ANE TAU.
DIA YG KEREMPENG ITU KAN GAN?
HMM SAYA MENCIUM AROMA JEBAKAN DISINI.

Quote:



100 BUAT ENTE BRE

emoticon-Sundul Up


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di