alexa-tracking

Mudik dengan Motor? Pastikan Anda Menerapkan Safety Riding Berikut Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b7792902cfe39508b4569/mudik-dengan-motor-pastikan-anda-menerapkan-safety-riding-berikut-ini
Mudik dengan Motor? Pastikan Anda Menerapkan Safety Riding Berikut Ini
Melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman yang jaraknya jauh pastinya akan ada banyak risiko yang muncul. Dalam setiap perjalanan, terutama saat mudik, keselamatan memang harus dijadikan prioritas utama. Apalagi Anda yang berencana mudik dengan menggunakan sepeda motor, maka keselamatan menjadi sesuatu yang makin tak boleh Anda sepelekan. Nah untuk menciptakan keselamatan saat mudik dengan motor maka Anda mau tak mau harus menerapkan safety riding. Berikut beberapa safety riding saat melakukan perjalanan mudik dengan motor yang harus Anda lakukan.

Pakai Helm SNI
Pertama, safety riding yang harus Anda terapkan saat akan melakukan perjalanan mudik dengan motor adalah menggunakan helm SNI. Saat melakukan perjalanan jauh, Anda memang tak boleh lagi kompromi dengan penggunaan helm. Bukan hanya untuk menghindari razia petugas, helm dalam perjalanan jauh berguna untuk melindungi kita, terutama pada bagian kepala, dari risiko benturan keras bila terjadi kecelakaan. Kita semua memang tak mau hal-hal buruk terjadi dalam perjalanan. Tapi ketidaktahuan kita pada masa depan membuat kita harus siap sedia mengatisipasinya dengan memakai helm. Helm yang digunakan mudik sendiri harusnya yang berstandar nasional (SNI) agar Anda semakin terlindungi dengan maksimal.

Patuhi Rambu-rambu Lalu Lintas
Dalam perjalanan mudik pastinya Anda akan bertemu dengan beberapa rambu-rambu lalu lintas. Nah agar Anda selamat sampai tujuan ke kampung halaman, maka rambu-rambu lalu lintas ini harus dipatuhi. Jangan hanya karena tidak ada petugas lantas Anda mengabaikan rambu-rambu lalu lintas. Tapi meski tidak ada petugas, Anda wajib selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar perjalanan Anda selamat sampai tujuan. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas inilah salah satu wujud Anda menerapkan safety riding.

Pastikan Motor dalam Keadaan Prima
Sebelum hari keberangkatan mudik seharusnya Anda melakukan service pada motor Anda. Perjalanan mudik yang jauh ke kampung halaman memang membuat Anda harus memastikan motor dalam keadaan prima. Bila Anda acuh pada kondisi kendaraan dan nekat melakukan perjalanan mudik tanpa memeriksa keadaan motor, maka hal-hal yang tidak diinginkan seperti mogok dapat saja terjadi. Tidak hanya mogok, risiko terjadinya kecelakaan pada motor yang tidak prima juga bisa saja terjadi. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang muncul dari motor yang tidak prima, melakukan service menyeluruh pada motor sebelum berangkat akan membuat perjalanan mudik Anda nyaman dan tenang.

Saling Menghormati Antar Sesama Pengendara dan Pengguna Jalan
Tak jarang kecelakaan yang terjadi di jalan terjadi karena sikap arogan dari pengendara. Sikap arogan atau ingin menang sendiri memang akan membuat lalu lintas jadi kacau. Dari kacaunya lalu lintas maka hal-hal seperti kecelakaan pun akan berpeluang terjadi. Nah sikap safety riding dengan saling menghormati dan menghargai sesama pengendara dan pengguna jalan inilah yang harus dikedepankan. Tapi bagaimana bila sikap kita sudah benar dan ada orang lain yang bersikap salah? Tentu saja kita tak boleh ikut-ikutan, biarkan saja mereka karena akan ada petugas yang menindaknya. Dengan sikap saling menghormati antar pemakai jalan inilah Anda akan bisa melakukan perjalanan mudik yang nyaman, aman dan selamat sampai tujuan.

Berhenti dan Istirahat Saat Lelah dan Ngantuk
Perjalanan mudik ke kampung halaman yang jauh pastinya akan membuat Anda kelelahan di tengah perjalanan. Apalagi bila Anda mudik dengan menggunakan motor, maka tingkat kelelahannya akan bisa berlipat-lipat. Keadaan tubuh yang lelah dan ngantuk saat dalam perjalanan mudik ini harus Anda antisipasi. Caranya, Anda harus menepi dan mencari rest area untuk beristirahat untuk memulihkan kondisi Anda. Berkendara saat kelelahan dan mengantuk memang sangat berisiko. Maka dari itu untuk menciptakan safety riding, Anda harus beristirahat saat merasakan kelelahan atau mengantuk.

Lengkapi Surat-surat Kelengkapan Berkendara
Terakhir, penerapan safety riding untuk Anda yang akan melakukan perjalanan mudik dengan motor adalah dengan melengkapi surat-surat kelengkapan berkendara. Surat-surat kelengkapan berkendara yang meliputi STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan juga SIM (Surat Izin Mengemudi) memang menjadi pertanda bahwa Anda adalah pengendara yang berhak dan siap menggunakan jalan.
Itulah beberapa penerapan safety riding yang harus dilakukan oleh pengendara motor yang akan melakukan mudik ke kampung halaman. Dengan menerapkan safety riding ini maka akan membuat perjalanan mudik Anda lebih nyaman dan juga selamat sampai kampung halaman.

Sumurnya : https://www.melekotomotif.com/auto-guide/mudik-dengan-motor-pastikan-anda-menerapkan-safety-riding-berikut-ini/


sundul buat temen-temen yg pada mudik ehehehe
pertamax
KASKUS Ads
Quote:


Mantapp
yahh mudiknya uda lewat lol
image-url-apps
Sampah, .....

Gua kira TIPS apaan, itu mah tips standart....(fack off)
sundul sundul
×