alexa-tracking

5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b4544ddd7703a3f8b4567/5-hidangan-khas-nusantara-yang-akan-ditemui-saat-lebaran
5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran
5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran


             Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum yang ditunggu oleh seluruh umat Muslim baik di Indonesia bahkan di dunia, karena waktu yang pas untuk melakukan silaturahmi ke keluarga, ataupun tetangga sekitar rumah. Jika hari biasa kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja,maka  saat lebaran inilah saatnya lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat kita. Biasanya disaat hari raya tiba banyak sekali hidangan khas lebaran yang disajikan oleh tuan rumah bagi para tamunya. Ada banyak sekali macam kue mulai dari buatan sendiri sampai olahan pabrik dihidangkan untuk menjamu para tamu yang datang. Setiap daerah pasti memiliki hidangan khas lebaran yang khusus hanya disajikan pada hari raya saja. Berikut 5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran tiba, ini juga bisa agan sajikan dirumah lhoo.


1.     Asam Manis Tape Uli (betawi)

5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran


Makanan tradisional Betawi yang satu ini terdiri dari dua jenis yaitu tape ketan dan uli. Cara memakannya cukup mengguyur uli dengan tape ketan, atau bisa juga dengan mencocolnya. Rasa manis dan asamnya ini membuat hidangan ini favorit dikalangan masyarakat. Kamu bisa menyajikannya saat Hari Raya Idul Fitri nanti untuk menikmati lezatnya makanan ini. Selain memiliki rasa yang enak, ternyata makan yang berasal dari olahan ketan memiliki banyak manfaat salah satunya Kadar probiotik dalam tape ketan sangat baik bagi pencernaan, Probiotik adalah mikroorganisme yang memberikan manfaat dan menghasilkan asam organik (asam laktat) yang menjaga sistem pencernaan. Meski banyak probiotik baik, namun sebaiknya untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi tape ketan.


2.     Lapis legit (lampung)5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran

Kue lapis legit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang biasanya disajikan pada saat hari lebaran. Kue lapis legit ini adalah menjadi kue warisan zaman kolonial yang hingga saat ini masih banyak digemari oleh banyak orang termasuk orang-orang yang berasal dari luar lampung. Kue lapis legit atau spekkoek memiliki ciri khas utama yakni bumbunya yang sangat harum. Jika dilihat dari bentuk kue lapis legit memang temasuk kue-kue yang memiliki bentu yang mewah. Biasanya untuk satu loyang pembuatan kue lapis legit dibutuhkan 300 gram metenga, 100 gram tepung terigu serta 30 butir telur ayam. Dalam proses pembuatan kue ini memang sangat diperlukan ketrampilan khusus dan juga kesabaran. Karena pada saat anda membentuk lapisan pada kue ini harus dikerjakan dengan teliti. Sehingga kue lapis legit dapat berbentuk sesuai dengan apa yang anda inginkan.


3.      Kue Basung (padang)

5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran

Selain rending padang masih memiliki banyak makanan khasnya yang enak-enak dan dapat kita jadikan referensi hidangan untuk lebaran, salah satunya Kue Basung kue ini cukup simple untuk membuatnya bahan-bahan yang di butuhkan hanya tepung beras, santan, gula merah, garam dan air. Cara membuatnya awalnya adonan kue ini berbentuk cair, kemudian dimasukkan ke dalam wadah berbentuk corong, terbuat dari daun pisang. Setelah dimasukkan ke dalam wadah, kue ini kemudian dikukus hingga matang. 



4.     Seupet (aceh)

5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran


Kue yang sangat diminati oleh warga Aceh dari masa ke masa dan saat lebaran. Seupet merupakan kue kering yang tidak melewati proses penggorengan. Rasanya enak, gurih seperti chip cryspy atau wafer. Bentuknya  pipih bundar, selembaran yang kemudian dilipat menjadi berbentuk tiga segi sama sisi, adakalanya juga digulung membentuk terowongan seperti pipa. Bahan baku pembuatannya sangat sederhana. Hanya tepung terigu, gula, telur dan santan kental. Semua bahan diaduk, dicampur jadi satu. Terlebih dahulu gula dan telur dikocok hingga putih/ berbusa, ditambah sedikit vanily untuk menghilangkan bau amis. Kemudian tambahkan tepung terigu dan santan kental secukupnya. Adonan berbentuk pasta yang tidak cair dan tidak pula terlalu kental kemudian dihimpitkan dengan cetakan khusus, dipanggang selama lima menit dengan api sedang. Bila telah matang, diangkat dan dalam kondisi panas segera dibentuk lipatan persegi atau digulung, jika tidak maka ia akan segera mengeras.



5.     Kue 8 jam (Palembang)

5 Hidangan Khas nusantara yang akan ditemui saat lebaran

Jika kita hanya mengenal empek-empek makanan khas Palembang, ternyata masih banyak lagi salah satunya kue 8 jam cukup unik memang nama kue satu ini, dan agan-agan  bertanya tanya dari manakah penamaan ini? Dan ternyaataa, nama ini diambil dari lamanya proses pengukusan kue. Resep mengharuskan kita mengukus selama 8 jam, kurang dari itu maka kue tidak kenyal, kurang empuk dan mudah hancur.Konon dulunya kue bercita rasa manis legit ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan saja. Namun sekarang berbeda, semua orang bisa menyantap kue khas Palembang ini. Sayangnya tidak setiap saat kita bisa menemui penjual kue 8 jam, tahu sendirikan betapa lamanya pembuatannya? Kue delapan jam hanya dibuat ketika acara penting seperti lebaran, imlek ataupun natal.



itulah beberapa hidangan lebaran nusantara yang mungkin dapat menjadi inspirasi untuk hidangan di rumah agan semua saat lebaran nanti.