alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Maskapai murah tambah puluhan ribu kursi untuk Lebaran 2018
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b450c5a51638b768b4568/maskapai-murah-tambah-puluhan-ribu-kursi-untuk-lebaran-2018

Maskapai murah tambah puluhan ribu kursi untuk Lebaran 2018

Maskapai murah tambah puluhan ribu kursi untuk Lebaran 2018
Sejumlah penumpang pesawat beraktivitas di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (11/5/2018).
Sejumlah maskapai berbiaya rendah (Low Cost Carrier/LCC) mempersiapkan puluhan ribu kursi tambahan guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim mudik Lebaran 2018.

Lion Air Group misalnya, telah mempersiapkan 20.330 kursi penerbangan tambahan untuk layanan domestik selama masa mudik ini. Seluruh kursi tambahan ini dipersiapkan untuk maskapai di bawah naungan Lion Air Group seperti Lion Air, Batik Air, dan Wings Air.

Penerbangan tambahan ini efektif berlaku mulai 6 Juni hingga 30 Juni 2018 mendatang, periode puncak arus mudik dan arus balik. Selain itu, tambahan kursi ini juga disesuaikan dengan proyeksi kenaikan permintaan sebesar 10 persen hingga 15 persen dari total kapasitas operasional reguler.

Chief Executive Officer (CEO) Lion Air Group Edward Sirait mengatakan tambahan kursi ini ditentukan usai melakukan analisis pasar terkait rute yang memiliki permintaan tinggi, frekuensi penerbangan, hingga jam operasional bandara.

"Untuk jenis pesawat yang dioperasikan akan menyesuaikan dengan peningkatan trafik arus mudik Lebaran tahun ini," jelas Edward melalui siaran pers pada Sabtu (9/6/2018).

Secara detail, tambahan kursi ini untuk Lion Air sebanyak 11.718 kursi atau 62 penerbangan tambahan, Batik Air sebanyak 6.020 kursi atau 35 penerbangan, dan Wings Air sebanyak 2.591 kursi atau 36 penerbangan.

Sebagian besar penerbangan tambahan berasal dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten--26 penerbangan. Namun, penerbangan tambahan juga ditujukan bagi pesawat yang berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, sebanyak 15 penerbangan, dan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta sebanyak tujuh penerbangan.

"Untuk memastikan kelancaran operasional, kami patuh serta menjalankan sesuai standar operasional, dengan mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," imbuh Edward.

Sementara itu, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengungkapkan, pihaknya menyiapkan 480 penerbangan tambahan dengan total 86.400 kursi tambahan selama masa mudik pada periode 8-20 Juni 2018.

“Jadi jumlah kursi tambahan itu ada di sekitar 14 rute penerbangan. Untuk penerbangan tambahan dilakukan di rute-rute yang selama ini memang demand-nya tinggi selama Lebaran,” ungkapnya kepada Beritagar.id, Sabtu (9/6).

Maskapai asal Malaysia, AirAsia, juga akan menambah 14.040 kursi pada masa mudik Lebaran tahun ini. Tambahan kursi ini disebar ke delapan rute penerbangan berbeda pada periode 8 Juni hingga 24 Juni mendatang.

Rute-rute tersebut adalah Jakarta-Surabaya dan Surabaya-Jakarta yang akan diberikan tambahan kursi masing-masing sebanyak 2.340 kursi. Kemudian, rute Surabaya-Denpasar dan Denpasar-Surabaya masing-masing akan ditambah kursi sebanyak 1.620.

Lalu rute Jakarta-Yogyakarta dan Yogyakarta-Jakarta yang masing-masing akan ditambah 2.340 kursi. Terakhir, rute Surabaya-Johor Bahru dan Johor Bahru-Surabaya akan ditambah kursi masing-masing sebanyak 720.

Sementara itu, dilaporkan Antaranews, otoritas Bandara Halim Perdanakusuma telah menambah 10 slot penerbangan tambahan untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Koordinator Posko Lebaran Bandara Halim Perdanakusumah Miftahul Ulum mengatakan bahwa 10 slot penerbangan tambahan tersebut terdiri dari empat slot penerbangan maskapai Citilink dan enam slot penerbangan Batik Air.

Dengan demikian terdapat total 35 penerbangan Citilink dan 48 penerbangan Batik Air dari Bandara Halim Perdanakusumah selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah penumpang pesawat pada masa Angkutan Lebaran 2018 sebanyak 5,8 juta orang. Angka tersebut mengalami pertumbuhan sekitar 5,4 persen dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 5,5 juta penumpang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso memprediksi jumlah penumpang tersebut terbagi atas 5 juta penumpang domestik dan 869.000 penumpang internasional.
Maskapai murah tambah puluhan ribu kursi untuk Lebaran 2018


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...k-lebaran-2018

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Maskapai murah tambah puluhan ribu kursi untuk Lebaran 2018 Urusan THR untuk PNS akhirnya tuntas

- Maskapai murah tambah puluhan ribu kursi untuk Lebaran 2018 TNI dan Polri terus bangun kekompakan personel hingga desa

- Maskapai murah tambah puluhan ribu kursi untuk Lebaran 2018 Yudi Latif tinggalkan BPIP karena anggaran dan birokrasi

Urutan Terlama
kerjar setoran yg penting tetap jaga keselamatan dan keamanan.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di