alexa-tracking

Rusia dan Cina Makin Mesra, Ini Buktinya!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b2fc2dbd77028648b4571/rusia-dan-cina-makin-mesra-ini-buktinya
Rusia dan Cina Makin Mesra, Ini Buktinya!
Perdagangan antara Rusia dan Beijing telah tumbuh 31 persen tahun ini dan diproyeksikan mencapai target USD100 miliar terutama di bidang energi.
Energi adalah sektor kunci kerja sama antara kedua negara. “Rusia tetap pemasok bahan bakar terbesar ke pasar Cina. Tahun lalu, kami memasok lebih dari 50 juta ton minyak. Pada bulan April, jumlah ini meningkat sebesar 26 persen lainnya," kata presiden Rusia Vladimir Putin sebagaimana dilansir dari Russian Today, Jumat (8/6).
Putin menambahkan proyek pada pembangunan pipa Rute Timur dari Rusia ke China sesuai jadwal, dan perusahaan dari kedua negara berpartisipasi di kilang LNG Rusia senilai USD27 miliar di Yamal.

Kedua negara juga membangun hubungan di sektor energi nuklir. “Rusia dan Cina baru saja menandatangani perjanjian pembangunan dua unit lainnya dan pembangkit listrik tenaga nuklir Tianwan di China oleh Rosatom. Rusia juga akan membangun situs pembangkit listrik nuklir baru di China," katanya.
Putin menekankan manfaat bagi Cina dari Rusia dalam bidang teknologi adalah untuk membangun reaktor neutron yang akan menunjang energi nuklir di Cina . Reaktor neutron dapat mengurangi radiasi dari limbah nuklir, dan secara dramatis mengurangi umur limbah.
“Kami tidak memiliki kerja sama semacam ini dengan negara lain. Kami berbicara tentang teknologi sensitif dan unik yang dikembangkan oleh ilmuwan Rusia," tambah Putin.
Sementara itu, Presiden China Xi Jinping sangat memperhatikan perdagangan dan perkembngan hubungan antara Rusia dan Cina. Sejumlah kontrak telah ditandatangani selama kunjungan Putin di Cina.
"Cina adalah mitra dagang terbesar Rusia. Kami memfasilitasi proyek dalam investasi, energi, infrastruktur transportasi, dan manufaktur pesawat," kata presiden Cina.
Menurutnya, kedua negara bekerja sama dalam inisiatif jalur sutra Cina. Rusia dan Cina juga telah mencapai hasil nyata dalam kerja sama dalam Eurasian Economic Union yang dipimpin Rusia, dan telah menandatangani beberapa perjanjian dengan Cina.
Kedua pemimpin itu mengatakan Rusia dan Cina juga fokus pada kerja sama di bidang infrastruktur. Negara-negara tersebut tertarik untuk mengembangkan Rute Laut Utara Rusia, serta jalur kereta Trans-Siberian dan Baikal-Amur.[]

http://akurat.co/ekonomi/id-239393-r...a-ini-buktinya
Rusia dan Cina Makin Mesra, Ini Buktinya!Rusia dan Cina Makin Mesra, Ini Buktinya!

Kembali Berkuasa, Xi Jinping dan Putin Saling Ucapkan Selamat
https://www.kaskus.co.id/thread/5ab1...capkan-selamat
amerika (barat) ketakutan lihat hubungan china -russia

China & Russia sama2 negara yg tdk tunduk/tidak takut pada amerika ( barat ) .
China-Russia is a match made in heaven, and that's scary for america (west )