alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b2cadde2cf2281a8b4577/hikmah-mudik-meningkatkan-pendapatan-ekonomi-masyarakat-pedesaan

Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan

Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan

Jakarta, IDN Times- Hari Raya Idul Fitri, selain menjadi sarana bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, adalah momentum untuk meningkatkan ekonomi sektor riil di berbagai daerah. Terkhusus daerah tujuan pemudik dan jalur perjalannya.

Founder KAHMIPreneur Kamrusammad menjelaskan hikmah di balik kegiatan mudik lebaran. Secara garis besar, mudik dapat menggerakkan pendapatan masyarakat yang biasanya terakumulasi di perkotaan, akan bergeser ke daerah.


1. Mendorong peningkatan pendapatan daerah
Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan
Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kamrusammad, jumlah pemudik pada tahun 2017 mencapai 30 juta orang. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 3 juta jiwa apabila dibandingkan dengan tahun 2016.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui tentang Mudik Lebaran 2018

"Redistribusi pendapatan hasil aktivitas para pemudik, dari data yang kita punya, bisa mencapai Rp90 triliun. Dana itu mengalir dari pembayaran zakat, transportasi, konsumsi, belanja dan yang lainnya,” kata Kamrusammad kepada IDN Times, Sabtu (9/6).


2. Mudik menjadi proses transfer knowledge kepada penduduk desa
Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan
Dalam mudik, sambung Kamrusammad, terdapat proses transfer pengetahuan dari kaum urban kepada masyarakat pedesaan. Penduduk kota yang notabennya hidup dalam persaingan tinggi, diharapkan mampu menularkan semangat kerja serta jiwa entrepreneur kepada penduduk daerah.

"Kesadaran pemudik harus ditingkatkan untuk menumbuhkan investasi di daerah masing-masing melalui peningkatan investasi sebagian dana yang dibawa ke desa untuk kegiatan-kegiatan produktif di sektor UMKM, industri rumahan, peternakan," terang pria yang juga menjabat sebagai Presidium KAHMI Nasional.

Sehingga, mudik bisa menjadi sarana untuk mengembangkan potensi riil perekonomian lokal. "Nantinya kan bisa membawa perekonomian daerah membaik. Belum lagi adanya jaminan pelayanan optimal transportasi mudik, akan meningkatkan bertambah besarnya peredaran uang," sambungnya.


3. Pemerintah membantu melalui peningkatan sarana dan prasarana mudik
Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan
Oleh karena itu, guna meningkatkan keinginan masyarakat untuk pulang kampung selama Hari Raya Idul Fitri, Kamrusammad menyarankan agar segala sarana dan prasarana mudik dioptimalkan sebaik mungkin. Sebab, jumlah pemudik dirasa memegang peran penting untuk menjaga investasi lokal.

"Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik, maka pemerintan diminta meningkatkan kualitas layanan sarana dan prasarana pendukung kegiatan ekonomi seperti pasar, pertokoan, pujasera, jalan, perlu terus ditingkatkan peran serta kalangan swasta dalam mendukung berbagai event. Promosi tempat wisata juga bagus untuk pemudik," tutupnya

Baca juga: 3 Kelebihan Mudik 2018 Jalur Darat Versi Menhub


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan FOTO: Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura

- Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Sudahkah Rest Area Menyediakan Tempat Bermain Anak?

- Hikmah Mudik, Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat Pedesaan Sebanyak 1,42 Juta Kendaraan Siap Meninggalkan Jakarta  

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di