alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Yudi Latif tinggalkan BPIP karena anggaran dan birokrasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1b1f16620881e7608b457a/yudi-latif-tinggalkan-bpip-karena-anggaran-dan-birokrasi

Yudi Latif tinggalkan BPIP karena anggaran dan birokrasi

Yudi Latif tinggalkan BPIP karena anggaran dan birokrasi
Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Latief (tengah) bersama Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri (kiri) sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP usai penandatanganan prangko edisi 73 Tahun Lahirnya Pancasila di Museum Filateli, Jakarta, Kamis (31/5/2018). Yudi kini meninggalkan jabatan Ketua BPIP.
Tepat setahun bekerja, Yudi Latif meletakkan jabatannya sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dalam catatannya di laman Facebook, Jumat (8/6/2018), Yudi mengatakan bahwa keputusannya disebabkan pekerjaan yang terlalu banyak tapi ternyata belum ada anggaran.

Dalam catatan yang lebih bersifat keluh kesah itu, Yudi menjelaskan bahwa BPIP merupakan perluasan dari Unit Kerja Presiden - Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP). Perubahan status lembaga terjadi pada Februari 2018 dan Yudi tetap menjadi pemimpinnya seperti sejak 7 Juni 2017.

"Selama setahun itu, terlalu sedikit yang telah kami kerjakan untuk persoalan yang teramat besar," tulis Yudi.

Yudi menceritakan setelah lembaga penyemai Pancasila ini dibentuk pada 7 Juni tahun lalu, hanya ada tiga orang deputi saat memasuki Juli 2017. Persoalannya, tahun anggaran sudah berjalan, sementara sumber pembiayaan mesti diajukan lewat Anggaran Penerimaan Belanja Negara Perubahan.

Masalah lain, BPIP tetap harus berinduk pada Sekretariat Negara (Setneg). Maksudnya, anggaran BPIP berada di bawah Setneg. Dan anggaran yang diminta BPIP pun turun pada awal November 2017, sementara pemakaian anggaran untuk seluruh kementerian dan lembaga harus selesai pada 15 Desember 2017.

"Praktis, kami hanya punya waktu satu bulan untuk menggunakan anggaran negara. Adapun anggaran untuk tahun 2018, sampai saat ini belum turun," imbuhnya.

Sifat anggaran yang berada di bawah Setneg juga berimbas pada gerak kerja anggota BPIP. Apalagi para personel Dewan Pengarah dan Pelaksana belum bisa menerima gaji karena belum ada Peraturan Presiden yang bertandatangan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Masalah terakhir, perubahan UKP-PIP menjadi BPIP juga perlu waktu karena prosedur pemerintah yang sudah terkenal cukup kompleks dan berbelit-belit.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Sejauh ini, BPIP baru menggunakan anggaran sebesar Rp7 miliar. Angka tersebut jauh dari kehebohan yang sempat dibicarakan kalangan politisi dan warganet beberapa waktu lalu. Bahkan polemik hak keuangan BPIP pun menyulut keributan.

Segala polemik yang terjadi itu kemungkinan besar juga menjadi salah satu dasar alasan Yudi untuk mundur dari jabatannya. Apalagi, keputusan ini disebut mendadak.

"Saya baru baca tulisan di grup WA, kaget. Mendadak ini," ucap Wakil Ketua BPIP Haryono kepada Liputan6.com (h/t Merdeka.com).

Sementara beberapa kawan dan kolega Yudi tak terkejut melihat keputusan tokoh akademisi ini. Pakar hukum tata negara, Refly Harun, melalui Twitter mengatakan orang moralis seperti Yudi tak akan berlama-lama di lembaga seperti BPIP.
Yudi Latief mundur? Sy tak kaget. Seorang moralis sprt dia tak akan betah berlama-lama di suatu lembaga semacam BPIP, yg bagi sy sendiri memang tak dibutuhkan. Pancasila hrs hidup dr masy scr bottom up, tdk top down dr negara. Negara cukup memberi contoh baik. Salut Yudi????
— Refly Harun (@ReflyHZ) June 7, 2018
Politisi PDIP Eva Sundari mengaku sedih melihat kepergian Yudi. Dan Evan makin sedih karena salah satu alasan Yudi adalah birokrasi pemerintah.

"Soal administrasi pembentukan kelembagaan baru begitu mbulet sehingga hak-hak normatif para anggota BPIP terlewati," ujar Eva kepada SINDOnews.

Di sisi lain, pihak Istana Negara menyebutkan salah satu alasan Yudi mundur dari BPIP karena masalah keluarga. "Termasuk urusan keluarga yang membutuhkan perhatian besar dari Pak Yudi Latif," kata Juru bicara Presiden, Johan Budi Sapto, dikutip VIVA.

Sedangkan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Antarkementerian dan Lembaga, Adita Irawati, kepada detikcom mengatakan bahwa surat pengunduran diri Yudi sudah diterima Jokowi per Jumat (8/6).

Dengan begitu, lanjut Adita, Yudi tak akan lagi menerima hak keuangan sebagai Kepala BPIP sebesar Rp76,5 juta. Namun, sebagai seorang moralis, Yudi tak akan keberatan dengan itu.
Yudi Latif tinggalkan BPIP karena anggaran dan birokrasi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-dan-birokrasi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Yudi Latif tinggalkan BPIP karena anggaran dan birokrasi Musim Lebaran, korupsi kepala daerah, dan terorisme

- Yudi Latif tinggalkan BPIP karena anggaran dan birokrasi IHSG anjlok menjelang libur panjang

- Yudi Latif tinggalkan BPIP karena anggaran dan birokrasi IMF kucurkan 50 miliar dolar untuk krisis Argentina

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di