alexa-tracking

Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a811cded770c11e8b4568/tips--trik-nulis-artikel-seputar-piala-dunia-2018-ala-idn-times
Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times
Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times

Gak terasa 6 hari lagi Piala Dunia 2018 akan segera berlangsung. Diselenggarakan di Rusia, tim sepak bola terbaik dari seluruh penjuru dunia akan memperebutkan predikat juara pesta olahraga yang diselenggarakan 4 tahun sekali tersebut.

Nah, untuk menyambut gelaran Piala Dunia tahun ini IDN Times gak mau ketinggalan euforia-nya dong. Selama satu bulan penuh, para Community Writer diajak untuk menjadi bagian dari event keren ini dengan menulis beberapa artikel terkait Piala Dunia 2018. 

Biar artikel sesuai standar IDN Times dan berpotensi terus dipublish oleh editor, maka di Community Talk Vol. 15 yang diselenggarakan pada 31 Mei di Instagram @idntimes dan @idntimes.community pun membahas tips dan trik cara menulis artikel yang baik dan benar. Buat kamu yang kemarin ketinggalan Live Instagram berikut ringkasannya.


1. Angkat topik yang relate dengan Piala Dunia 2018. Tulis dari beragam angle!
Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times
Saat bicara soal Piala Dunia 2018 sudah pasti topik-topik yang sesuai dibahas haruslah yang berhubungan dengan pertandingan itu sendiri. Di Community Talk Vol. 15 kemarin, editor IDN Times memberi saran bahwa artikel soal pertandingan bisa dibahas dengan berbagai angle atau sudut pandang.

Pertama, kamu bisa menulis soal preview pertandingan. Preview ini bisa berisi prediksi kamu soal jalannya pertandingan nanti, susunan pemain, strategi tim menghadapi pertandingan bahkan sampai prediksi skor pun bisa dijadikan bahan tulisan. 

Nah, khusus prediksi skor kamu perlu berhati-hati. Maksudnya, jangan sampai bikin prediksi skor yang mustahil hanya karena tim yang sedang bertanding dan akan ditulis adalah tim kesayanganmu. Agar tetap terpercaya, maka kamu wajib menuliskan prediksi skor berdasar kekuatan pemain dalam tim dan tentunya rekam jejak dari tim.

Kedua, kamu bisa menulis angle pertandingan dari hasilnya dan highlight. Apa bedanya dua topik ini? Kalau dari hasil, maka fokus pembahasan akan pada skor sesaat setelah pertandingan.

Sementara untuk highlight pertandingan, isinya bisa lebih lengkap alias tak hanya menyoal skor. Melainkan bisa berisi review atau jalannya pertandingan, siapa saja yang mencetak gol, ada kejadian unik apa saja yang terjadi selama pertandingan dan masih banyak lainnya. 


2. Selain membahas pertandingan, side story juga bisa jadi topik yang kamu tulis selama Piala Dunia 2018
Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times
Piala Dunia 2018 memang gak melulu soal pertandingan sepak bola. Jadi, ada banyak topik di luar olahraga tersebut yang bisa kamu eksplor untuk dijadikan bahan tulisan. Mulai dari tingkah pola supporter, dandan suporter, stadion tempat pertandingan, pemain sepak bola itu sendiri, fakta seputar Piala Dunia bahkan kamu juga bisa membahas masalah istri dan/atau pacar para pemain bola.

Khusus topik terakhir, kamu bisa bikin artikelnya dalam sudut pandang yang lebih positif. Gak melulu membahas mengenai fisik, kamu bisa bahas masalah prestasi atau kehidupan keluarganya. Intinya sih, kamu bisa bikin hal yang positif tapi tetap menarik bagi pembaca dari sisi para pendamping pemain bola tanpa mengekploitasi fisik mereka.

Selain itu, kamu juga bisa membahas seputar tempat wisata atau pun makanan yang khas dari Rusia sebagai tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2018. Lebih baik lagi kalau bahasan soal tempat wisata maupun makanan ini dibuat dalam bentuk rekomendasi, sehingga pembaca yang mungkin akan ke Rusia untuk mengikuti jalannya pertandingan bisa mendapatkan faedah positif dari artikel yang kamu tulis.


3. Sumber gambar dan berita harus diperhatikan, jangan asal ambil gambar!
Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times
Selain topik, di Live Instagram Community Talk Vol. 15 lalu ada satu bahasan lagi yang menarik yakni masalah sumber gambar dan berita. Ya, karena gak liputan langsung ke tempat pelaksanaan maka Community Writer wajib memerhatikan sumber berita maupun gambar yang digunakan selama menulis artikel.

Ada beberapa media yang bisa dijadikan rujukan sumber kala menulis artikel seputar Piala Dunia 2018. Antara lain ada espn.com, skysports.com, fourfourtwo.com, mirror.co.uk, BBC Sport, The Guardian Sport, Sportskeeda.com, SPORTbible.com.

Lalu ada dugout.com (khusus untuk video-video selama pertandingan), bleacherreport.com, foxsports.com, dailymail.co.uk khusus untuk kamu yang pengen membahas tentang sisi entertainment dari Piala Dunia 2018. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan informasi terpercaya dari situs resmi fifa.com atau akun media sosial milik FIFA seperti facebook.com/fifaworldcup, twitter.com/FifaWorldCup, instagram.com/fifaworldcup dan youtube.com/FIFATV.

Khusus sumber gambar, kamu wajib cermat nih memilih guys. Ya, beberapa media terkadang menggunakan sumber gambar dari situs berbayar yang penggunaannya terbatas. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan gambar yang tersedia di situs resmi maupun media sosial Fifa.

Selain itu, jika pembahasanmu spesifik ke pemain maka kamu bisa mencari gambar dari sosial media resmi mereka. Instagram bisa jadi rujukan utama kamu mengambil gambar atau ilustrasi jika mau membahas tentang pemain sepak bola peserta Piala Dunia.

Namun sebelum mengambil foto dari Instagram, kamu wajib memastikan bahwa akun tersebut resmi atau official dengan melihat tanda centang di profil atau dari interaksi di foto yang di posting di feed.

Khusus untuk mengambil gambar dari Instagram, kamu bisa memanfaatkan situs dinsta.com. Situs ini membantu kamu untuk mengambil foto dari Instagram dengan kualitas terbaik.

Itulah beberapa tips dan trik menulis artikel Piala Dunia 2018. Semoga bermanfaat ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times Meraih Ballon d'Or, 3 Pemain Ini Gagal Bawa Timnas Juarai Piala Dunia

- Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times Kiat Menulis Artikel Resep #MasakItuGampang

- Tips & Trik Nulis Artikel Seputar Piala Dunia 2018 Ala IDN Times #Photo101, Tips Memilih Gambar untuk Artikel di IDN Times Community

×