alexa-tracking

Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a3a94d44f9ff83b8b4567/ekpired-ekspired-waspada-makanan-minuman-di-momentum-lebaran
Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!
Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

Keriaan dan rasa syukur atas nikmat dan masih diberikannya kesempatan kita sebagai umat musim menikmati hari penuh fitrah dan bahagia di hari raya Idul Fitri menjadi momentum yang sangat ditunggu bagi siapapun, terutama kalangan keluarga terdekat.

Hangatnya suasana bermaaf-maafan dan jalinan talisilahturahmi keluarga dekat dan jauh serta kerabat dekat kiri-kanan sepertinya berlaku setahun sekali. Untuk menjaga suasan atetap hangat biasanya sebagai tuan rumah selain tersedia menu favorite untuk disantap biasanya juga selalu menyajikan makanan dan minuman instan seperti kue-kue kaleng dan minuman botolan ataupun gelas sekali pakai.

Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!


Waspada EkspaYet!

Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

Sebelum klimaksnya suasana tergambarkan diatas beberapa hari sebelumnya kita biasanya selalu disibukkan untuk berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sajian bagi tamu yang datang berkunjung ke rumah.

Suasana kebutuhan dan di momen yang sama, lebaran, membuat semua orang pada akhirnya seperti kalap 'belanja', semua orang berburu makanan-minuman kemasan dan berkosentrasi di satu titik, berebut tanpa menghiraukan lagi apakah barang makanan dan minuman yang dibeli masa kadaluarsanya sudah berakhir atau belum. Hal inilah terkadang sering ada oknum berlaku curang untuk menjual produk ekspirednya di waktu yang serba sibuk ini, mereka bisa saja menyelipkan satu-dua item diantara deretan pajangan.


Ciri Dan Akibat Makanan Ekpired

Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

Sebelum semua berakibat negatif karena kita dianggap menyajikan makanan dan minuman yang telah ekspired ada baiknya kita kita mengenali ciri, mengetahui sebab dan akibat memakan dan meminuman tersebut.

Selektif Memilih Makanan Dan Minuman
Sebagai konsumen saat membeli ada baiknya selektif dan teliti produk yang ingin dibeli seperti:


1. Belilah di lokasi yang tepat dan umumnya produk tersebut biasa dijual dengan lokasi terjamin kebersihannya
2. Perhatikan kondisi fisik, cek apakah mencurigakan bentuk, warna, bau khas
3. Cek label masa produksinya, biasanya tercantum "kadaluarsa/exp. date/best before".
Tentu jika masa kadaluarsa telah habis, tidak tercantum, ditutup stiker atau ada semacam manipulasi
tanggal/mencurigakan sebaiknya jangan dibeli.
4. Cek juga legalitas produk, biasanya tercantum (MD/ ML DepKes RI No xxxxxxx),
hindari juga produk yang tidak menggunakan bahasa Indonesia, di kuatirkan
barang import yang belum lolos sertifikasi dari BPOM.


Tanda Umum dan Akibat
Keracunan Makanan:


Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

Terjadi gejala mual pada perut, Pusing dan muntah-muntah
Mengalami diare berkelanjutan bahkan lebih dari 3 hari berturut-turut
Nyeri dan keram pada perut
Mengalami demam tinggi
Terjadi dehidrasi parah akibat seringnya muntah dan diare
Badan lemas
Bagi ibu hamil dapat mengganggu kondisi janin

Pertolongan pertama:
Perbanyak minum air terutama yang mengandung oral (oralit)
Makanlah makanan yang mudah dicerna terlebih dahulu, dilarang makan yang pedas,
berminyak dan terlalu manis (madu boleh)
Boleh minum rebusan air jahe hangat-hangat guna menetralisir dan menyerap racun,
atau memakan bawang putih 'lanang'
Boleh makan pisang
Dilarang memakan makanan yang mengandung sayuran hijau seperti selada, buncis, sawi,
kale, telur mentah, daging merah, tiram, keju, es krim, susu mentah
Jika 3 hari tidak membaik segeralah periksakan ke dokter


Tanda Umum dan Akibat
Keracunan Minuman


Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

Minuman kemasan bisa ekspired? Tentu saja bisa, segala bentuk yang namanya olahan pabrik
dan disajikan dalam kemasan apapun itu pastinya memiliki tanggal kadaluarsa termasuk minuman.

Salah stu pendorong minuman jadi cepat ekpired karena kemasan plastik yang mengandung zat kimia,
air pada kemasan bisa saja terkontaminasi oleh cap atau merek kemasan yang dicetak.

Lalu apa tanda umum jika kita telah terlanjur meminum air yang telah kadaluarsa? Secara umum rasa air yang sudah tidak segar ini tanda umumnya adalah hampir mirip dengan keracunan makanan tapi efeknya tidak sedramatis ketika keracunan makanan yang telah ekspired. Tanda air kemasan telah ekspired tidak ada rasa yang segar dirasakan saat di teguk. Yang harus diingat dan lebih berbahaya adalah apabila terlanjur meminum air ekspired yang mengandung unsur gula, zat pewarna, dan garam yang harus dihindari.



Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

emoticon-Hai

BACAAN KEREN ISKRIM LAINNYA NIH, GAN

[ HT# 340 ]

Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

Menguji Kesetiaan Sebuah Hubungan,
Sampai Kapan Setiamu?


Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

guk

Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM
Web Blog: iskrim.com
Web WP: dulandroid.com
FB: Facebook/iskrim
Instagram: iskrimkaskus
Line: Iskrimkaskus

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█
ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA
Copyright © 2017 - 2018 www. iskrim. com | All Rights Reserved
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

sumur : iskrim. com | sotoshop : iskrim



Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!

.for updated.


image-url-apps
auto ht bang iskrim.
memang harus hati2
KASKUS Ads
image-url-apps
ane sih buat kue sendiri om krim.
Tapi, semoga aja pas ngemil di rumah orang kuenya gak expired yaemoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:

Makasih doanya gan emoticon-Smilie

Quote:


Nah iya tuh tetep waspadalah... emoticon-Wink
waspada dan hati-hati, Teliti sebeum membeli emoticon-cystg
image-url-apps
waspadalah waspadalah
image-url-apps
kudu tetep waspada breh emoticon-cystg
oke kalo gitu Ane makananin ketupat sayur, opor ayam, kerupuk sama cemilin kue yang ditoples aja..
jaminan ga expired ... emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Ati2 kimpoi sama janda juga. Bisa jadi udah expired.
image-url-apps
Sekedar Saran aja.emoticon-Big Kiss

Kalau kue gampang terburai jgn di beri ke bocah. Ntr kalo jatuh gak repot bersihin karpetnya. Sediakan tempat sampah sendiri, jgn di masukin selokan sampahnya.

5 bintang bang isemoticon-Sundul
image-url-apps
Quote:

Ajak2 ane napaaah emoticon-Leh Uga

Quote:


Trims gan... yoyoooi emoticon-Big Grin

Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!
image-url-apps
liat tgl kadaluarsanya dulu emoticon-cystg
image-url-apps
waspadalah
jangan sampai momen lebaran tiba malah jatuh syakit
image-url-apps
Quote:


Nah ini penting.... emoticon-Smilie
image-url-apps
Jangan mimik susu ekspayet..

emoticon-Cool
image-url-apps
Kadang ngga nyadar kue lebaran tahun kemaren Lom abis emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:

Oh yeah ...Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!


Quote:


Taun kemareen????
Ekpired, Ekspired! Waspada Makanan Minuman Di Momentum Lebaran!
image-url-apps
Pandai menyimpan itu namanya gan emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
Quote:


Pandai apa maunya ngirit siih emoticon-Ngakak
×