alexa-tracking

IMF kucurkan 50 miliar dolar untuk krisis Argentina

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a39efc1cb1797558b4579/imf-kucurkan-50-miliar-dolar-untuk-krisis-argentina
IMF kucurkan 50 miliar dolar untuk krisis Argentina
IMF kucurkan 50 miliar dolar untuk krisis Argentina
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (kiri) bertemu denga Presiden Argentina Mauricio Macri terkait pinjaman US$50 miliar untuk Argentina di Buenos Aires, 16 Maret 2018.
Pemerintah Argentina menyepakati bantuan pinjaman senilai US$50 miliar (Rp69,5 triliun) dari lembaga donor, Dana Moneter Internasional (IMF), untuk mendorong perekonomiannya yang tengah bermasalah.

Pinjaman dengan tenor tiga tahun tersebut diberikan oleh IMF di tengah upaya pemerintah Argentina menyelamatkan negaranya dari hantaman krisis akibat inflasi yang tinggi dan jatuhnya nilai tukar peso. Sepanjang 2018, nilai tukar mata uang negara tersebut telah terdepresiasi hingga 25 persen.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pasar terhadap stabilitas perekonomian dunia.

“Seperti kami tekankan sebelumnya, ini adalah rencana yang dimiliki dan dirancang oleh pemerintah Argentina, yang ditujukan untuk memperkuat ekonomi demi kepentingan semua orang Argentina,” ungkap Lagarde dalam pernyataan resminya, Jumat (8/6/2018).

Sebelumnya, Presiden Argentina Mauricio Macri mengajukan permohonan bantuan pinjaman kepada IMF setelah bank sentral Argentina gagal menahan laju pelemahan peso meski telah menaikkan suku bunga acuannya hingga 40 persen.

Pelemahan mata uang tersebut membuat defisit neraca pembayaran Argentina terperosok cukup dalam.

Langkah Macri tersebut mendapat kritikan keras dari para tokoh politik oposisi yang menuding IMF sebagai dalang atas krisis ekonomi yang sempat melanda Argentina 17 tahun lalu. Jumlah pinjaman yang diberikan oleh IMF pun lebih dua kali lipat dari jumlah yang diatur dalam perjanjian pinjaman siaga.

Namun sejumlah analis ekonomi menilai, langkah Argentina untuk mengajukan pinjaman kepada IMF dianggap strategi taktis. Alberto Bernal, ahli strategi global dari XP Investments, memuji langkah pemerintah Argentina yang mencari dukungan lebih awal guna menghindari masa resesi ekonomi.

"Lebih baik dilakukan sekarang daripada setelah resesi terjadi. Jika Anda berpotensi memiliki masalah, lebih baik memperbaikinya sesegera mungkin," ungkap Bernal dikutip dari Financial Times.

Pengendalian defisit melalui pinjaman utang dianggap sebagai dukungan kepada bank sentral Argentina dalam upaya menekan laju inflasi yang saat ini mencapai 25 persen. Inflasi negeri Tango tersebut melambung setelah kekeringan melanda wilayah negeri dan menyebabkan sejumlah petani gagal panen.

"Pengetatan fiskal akan mempengaruhi pertumbuhan menjadi lebih rendah, tapi itu bisa menjadi hal yang positif dalam jangka menengah. Dengan kesepakatan ini, Argentina menjadi lebih stabil dan dapat lebih mudah diprediksi," ujar Matias Carugati, kepala ekonom di Manajemen & Fit, sebuah perusahaan konsultan di Buenos Aires, dilansir The New York Times.
Krisis ekonomi di Amerika Selatan
Para pemimpin negara-negara Amerika Selatan memang tengah berjuang untuk membawa keluar negaranya dari zona krisis ekonomi dan gejolak pasar keuangan dunia yang terjadi belakangan ini.

Pada 2016, krisis ekonomi terlebih dahulu menghantam Venezuela yang disebabkan oleh hiperinflasi hingga 2.616 persen.

Brasil dan Argentina adalah contoh dua negara yang saat ini tengah mengalami perlambatan laju pertumbuhan ekonomi. Kedua negara memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun ini masing-masing hanya mencapai 2,2 persen dan 1,3 persen.

Sedangkan, menurut analis swasta dari bank JP Morgan, angka pertumbuhan ekonomi di Brasil hanya mencapai 1,2 persen. JP Morgan juga memprediksi Argentina bisa jatuh dalam resesi.

Sementara itu optimisme masih ditunjukkan oleh Bank Dunia. Lembaga keuangan yang berbasis di Washington, AS, itu memprediksi pertumbuhan ekonomi di kawasan Amerika Latin dan Karibia mencapai 2 persen--lebih baik dari tahun lalu yang hanya mencapai 0,9 persen.

Namun, Bank Dunia mewaspadai ketidakpastian bencana alam dan proteksionisme perdagangan di AS dapat berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi.


IMF kucurkan 50 miliar dolar untuk krisis Argentina


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...isis-argentina

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- IMF kucurkan 50 miliar dolar untuk krisis Argentina Kompaknya Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar jadi tersangka korupsi

- IMF kucurkan 50 miliar dolar untuk krisis Argentina Panjang pendek tol tak tercermin dari ongkosnya

- IMF kucurkan 50 miliar dolar untuk krisis Argentina Waspada kenaikan bunga KPR

image-url-apps
indonesia juga butuh uang pak heheh
×