alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kompak Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar tersangka korupsi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a343dd89b09e6538b4575/kompak-bupati-tulungagung-dan-wali-kota-blitar-tersangka-korupsi

Kompak Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar tersangka korupsi

Kompak Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar tersangka korupsi
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang (tengah) menunjukkan barang bukti Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK di Blitar dan Tulungagung di gedung KPK, Jakarta, Jumat (8/6/2018).
Kasus korupsi yang melibatkan pejabat daerah seakan tak pernah berhenti. Menjelang Lebaran 2018, Komisi Pemberantasan Korupsi pun kian panen tangkapan kepala daerah ini.

Pada Kamis (7/6/2018), KPK menetapkan dua kepala daerah sekaligus, yaitu Bupati Tulungagung nonaktif Syahri Mulyo dan Wali Kota Blitar Muh Samanhudi Anwar. Keduanya diduga menerima suap dari orang sama bernama Susilo Prabowo. Suap bagi keduanya berkaitan dengan proyek berbeda di wilayahnya masing-masing.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyebut Syahri menerima suap sebanyak 3 kali sebagai fee proyek-proyek pembangunan infrastruktur peningkatan jalan di Dinas PUPR Pemkab Tulungagung. Total penerimaan Syahri yaitu Rp2,5 miliar.

Diduga, kata Saut, Bupati Tulungagung diduga menerima pemberian dalam tiga tahap. Pertama sebesar Rp500 juta dan pemberian kedua dan ketiga sebesar Rp1 miliar.

"Tersangka SP adalah salah satu kontraktor yang kerap memenangkan proyek-proyek di Pemkab Tulungagung sejak 2014 hingga 2018," kata Saut melalui Antaranews.

Sementara Wali Kota Blitar diduga menerima pemberian dari Susilo senilai Rp1,5 miliar terkait ijon proyek pembangunan sekolah lanjutan pertama di Blitar dengan nilai kontrak senilai Rp23 miliar.

"Fee itu diduga bagian dari delapan persen yang menjadi bagian untuk Wali Kota Blitar dari total fee 10 persen yang disepakati. Sedangkan dua persennya akan dibagi-bagikan kepada dinas," kata Saut.

KPK menyita sejumlah barang bukti yang diduga terkait tindak pidana, yaitu uang sebesar Rp2,5 miliar (dalam pecahan 100 dan 50 ribuan rupiah), bukti transaksi perbankan dan catatan proyek.

Selain Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar, KPK menetapkan sejumlah tersangka yaitu Agung Prayitno dari swasta dan Sutrisno sebagai Kadis PUPR Pemkab Tulungagung. Di Blitar KPK juga menetapkan Bambang Purnomo selaku swasta sebagai penerima di kasus Blitar. Sedangkan untuk pemberi suap yaitu Susilo Prabowo yang dijerat baik dalam perkara di Tulungagung maupun di Blitar.

Terjeratnya Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar kian menambah deratan kepala daerah yang terjerat korupsi.

Lokadata mencatat per tanggal 8 September 2017, terdapat 106 kepala daerah (Bupati/Wakil dan Walikota/Wakil) di Indonesia tersangkut kasus korupsi dan pencucian uang.

Jika dilihat status putusan pengadilan, 99 terdakwa status putusannya inkrah. 4 terdakwa dalam proses banding. 2 terdakwa proses di tingkat pertama. 1 orang terdakwa dalam proses praperadilan.

Para kepala daerah yang terjerat korupsi itu, 72 terdakwa menjabat sebagai bupati, 25 terdakwa wali kota, 5 terdakwa wakil bupati, dan 2 wakil wali kota.

Jawa Barat menjadi juara dengan menyumbang jumlah terbesar kepala daerah terjerat korupsi. Ada 12 orang terdakwa berasal dari Jawa Barat.

Pada 2018, momen Pilkada dan Lebaran malah kian menambah praktik suap. Deretan kepala daerah yang masuk gelombang 2018 ini adalah Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko, yang berkompetisi di pemilihan bupati Jombang, Jawa Timur; Bupati Ngada Marianus Sae yang turut dalam Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Timur; serta pelaksana tugas Bupati Subang, Imas Arumyiningsih yang maju pada Pilkada Subang.

Ada pula Bupati Bengkulu Selatan, Dirwan Mahmud dan Bupati Buton Selatan, Agus Feisal Hidayat yang terjerat operasi tangkap tangan KPK pada Mei lalu. Terakhir, Bupati Purbalingga, dengan acungan tiga jarinya, ditangkap KPK pada 4 Juni lalu.
Kompak Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar tersangka korupsi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...sangka-korupsi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kompak Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar tersangka korupsi Panjang pendek tol tak tercermin dari ongkosnya

- Kompak Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar tersangka korupsi Waspada kenaikan bunga KPR

- Kompak Bupati Tulungagung dan Wali Kota Blitar tersangka korupsi Ribuan prajurit TNI kawal pilkada Maluku dan Maluku Utara

Urutan Terlama
...finish satu dua, di sirkuit sukamiskin...!

..ketumnya aja diasapin mulu....! emoticon-Wkwkwk


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di