alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a30f6162ec29c528b4577/10-makanan-daerah-terbaik-yang-pas-dijadikan-menu-favorit-buka-puasa

10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa

10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa

Ramadan sebentar lagi berakhir nih, kamu sudah siap-siap mudik dong? Nah, sembari mudik, kamu boleh banget nih cobain kelezatan kuliner-kuliner khas Nusantara, apalagi kalau kamu melewatinya saat perjalanan.

Berikut 10 kuliner daerah yang wajib jadi menu takjilmu, dijamin bikin nagih!


1. Kanji rumbi, Aceh
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Kanji rumbi merupakan sejenis bubur ayam, tapi dibuat lebih kental dengan tambahan jagung. Biasanya juga ditambahkan udang dan daging. Makanan ini jadi menu wajib Ramadan di Aceh.


2. Bubur kampiun, Padang
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Gak ada yang bisa menolak kelezatan takjil khas Padang ini, bubur kampiun. Makanan khas satu ini hadir setiap Ramadan di Sumatera Barat. Isinya beragam dari ketan, pisang, candil, dan bubur sumsum. Semuanya dicampur jadi satu, bikin lidah gak berhenti bergoyang.


3. Bubur Manado, Manado
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Buka puasa di Manado? Harus banget cobain bubur Manado, nih. Bahan dasarnya dari jagung yang dicampur dengan sayuran. Lezat dan sumber vitamin banget deh.


4. Kue barongko, Makassar
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Barongko jadi kue wajib yang harus selalu dihidangkan saat acara-acara besar di Sulawesi Selatan. Gak cuma untuk penjamuan, barongko juga lezat dijadikan menu buka puasa. Olahan pisang ini benar-benar siap bikin ketagihan.


5. Ipau, Kalimantan Selatan
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Kamu tahu ipau gak nih? Mungkin beberapa di antara kamu gak terlalu familiar dengan namanya. Ipau sejenis olahan lasagna lokal dengan bahan dasar tepung terigu, telur, sayuran, dan daging cincang.


6. Sagu bakar, Ambon
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Menjalani puasa di Indonesia Timur? Wah, kamu gak boleh melewatkan kelezatan sagu bakar. Kue satu ini makin banyak dijual saat Ramadan, lho.


7. Kicak, Yogyakarta
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Yup, ini adalah kue khas Yogyakarta. Terbuat dari singkong, tepung pati, gula merah cair, dan parutan kelapa. Pas banget buat mengembalikan energi setelah puasa seharian.


8. Surabi, Jawa Barat
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Jawa Barat dan surabi gak pernah bisa terpisahkan. Kue tradisional yang sangat mudah ditemui di Bandung ini memiliki kombinasi rasa yang sempurna. Perpaduan legitnya tepung dan gurihnya santan yang amat khas.


9. Lumpia, Semarang
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Bertandang ke Jawa Tengah, khususnya Semarang, gak afdol kalau gak nyobain gurih dan renyahnya lumpia. Gorengan satu ini jadi oleh-oleh khas Semarang yang diburu para pelancong.


10. Toge penyabungan, Medan
10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa
Walaupun namanya taoge penyabungan, tapi justru gak ada campuran taogenya sama sekali. Jadi, kamu yang gak suka taoge bisa mencicipinya, nih. Justru taoge penyabungan merupakan minuman manis yang terdiri dari cendol, ketan, pulut hitam, tape, candil, dan lupis yang diberi kuah gula merah serta santan.

Dari 10 makanan daerah di atas, mana yang paling membuatmu pengin nambah lagi dan lagi? Atau kamu punya makanan daerah favorit lainnya yang selalu jadi takjil wajib? Bagikan di kolom komentar ya.


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa 5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran

- 10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa Resep Sayur Kuah Santan Jantung Pisang, Enak Banget buat Buka Puasa

- 10 Makanan Daerah Terbaik yang Pas Dijadikan Menu Favorit Buka Puasa 13 Potret Buka Bersama di Crown Prince Hotel Surabaya, Bikin Kerasan!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
no.7 tuch ane yg bukan orang yogya entah gimana ceritanya bisa selalu makan ini pas buka...

Btw pertamax ...emoticon-Leh Uga


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di