alexa-tracking

Menristekdikti Harap Madiun Jadi Pusat Pengembangan KAI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a2f1cc1d7706e778b457b/menristekdikti-harap-madiun-jadi-pusat-pengembangan-kai
Menristekdikti Harap Madiun Jadi Pusat Pengembangan KAI
Menristekdikti Harap Madiun Jadi Pusat Pengembangan KAI

JPP, JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir mengharapkan Madiun menjadi pusat pengembangan kereta api Indonesia. Salah satu perguruan tinggi yang disiapkan yakni Politeknik Negeri Madiun.

Hal itu disampaikan M Nasir saat melakukan kunjungan kerja ke PT. INKA (Persero) Madiun dalam acara penandatanganan MoU kerja sama PT INKA (persero) dan Politeknik Negeri Madiun disaksikan Menristekdikti dan Menteri BUMN Rini Soemarno, Jumat (8/6/2018).

Dia mengatakan, tahun ajaran baru 2018 ini, program studi perkeretaapian di Poltek Negeri Madiun mul

ai direalisasikan. prodi tersebut konsenterasinya disesuaikan kebutuhan perkeretaapian, seperti persinyalan, gerbong, bogie maupun rel. "Ini sudah mulai jalan, penerimaan mahasiswa baru tahun ini lah harapannya," ungkap M Nasir, Jumat (8/6/2018).

Dikatakan, yang menjadi permasalahan saat ini terkait dosen atau pengajar di Poltek Negeri Madiun. Para dosen nantinya akan diambilkan dari tenaga profesional INKA terutama praktisi maupun enginer yang totalnya mencapai 142 orang. Bahkan Menteri M Nasir siap melakukan rekognisi pembelajaran lampau (RPL) dan menerbitkan nomor induk dosen khusus.

Sesuai Undang-Undang, syarat menjadi dosen mengharuskan lulusan sarjana atau strata 2 (S2). Namun demikian, pihaknya akan menerapkan Peraturan Presiden (Perpres)   No. 8 Tahun 2014 tentang Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI). Di mana KKNI akan membuat grading kepada seseorang yang memiliki kemampuan setara S2 dan S3.

Jika KKNI-nya memenuhi, kata menteri M. Nasir maka akan dimasukkan di level 8 atau 9. Cara mengukurnya, yakni melalui Standar Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia. Hal yang sama sebelumnya juga dilakukan di Poltek Maritim Indonesia di Semarang.

"Katakan mereka (praktisi INKA) latar belakangnya Diploma 3 (D3) ternyata punya keahlian dalam bidangnya, kalau ini bisa disetarakan S2 ya kami akan setarakan S2 begitu juga pada S3," kata dia.

Dikatakan Menteri M Nasir, kolaborasi antara Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN sengaja dilakukan sebagai bentuk sinergi penyiapan SDM kedepan. Maka dari itu dukungan PT INKA (persero) dinilai sangat penting. Harapannya, para lulusan Poltek Negeri Madiun nantinya dapat masuk ke dunia industri.

Sementara itu Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro menuturkan, INKA siap dijadikan sebagai pusat menggodok SDM andal. "Intinya kita siap menyiapkan SDM," kata Dirut INKA.

Kunker Menteri Riset dan Teknologi, M. Nasir diakhiri peninjauan lapangan di sejumlah ruang, diantaranya di divisi teknologi dan workshop pengerjaan proyek kereta Light Rail Transit (LRT).(ant)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...ngembangan-kai

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Menristekdikti Harap Madiun Jadi Pusat Pengembangan KAI Pembangunan Jalan Trans Maluku di Pulau Seram Tembus 640 Km

- Menristekdikti Harap Madiun Jadi Pusat Pengembangan KAI Di Bali, Menteri Susi Tekankan Pentingnya Sertifikasi Produk Perikanan

- Menristekdikti Harap Madiun Jadi Pusat Pengembangan KAI PUPR Tangani 23 Titik Longsor Jalan Nasional Pulau Seram