alexa-tracking

Efek Jembatan Gantung, Antara Ketakutan dan Ketertarikan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a28a1dad770a3388b4579/efek-jembatan-gantung-antara-ketakutan-dan-ketertarikan
Efek Jembatan Gantung, Antara Ketakutan dan Ketertarikan
Selamat Datang GanSis!

emoticon-Hai


Apa agan dan sista tau kalau jembatan gantung punya sebuah efek menarik yang dikenal dengan nama “suspension bridge effect” atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai “efek jembatan gantung“.

Apa Itu Efek Jembatan Gantung?
Efek jembatan gantung merupakan sebuah fenomena psikologi yang terjadi ketika seseorang melintasi jembatan gantung kemudian bertemu dengan lawan jenis. Perasaan takut seseorang saat melintasi jembatan gantung membuat jantungnya berdegup kencang yang kemudian akan berubah menjadi ketertarikan atau gairah ketika bertemu dengan lawan jenis. Hal itulah yang membuat seseorang salah mengartikan perasaan tersebut sebagai rasa cinta.

Percobaan Efek Jembatan Gantung
Percobaan efek jembatan gantung ini pernah dilakukan oleh Donald Dutton dan Arthur Aron pada tahun 1974. Dua orang psikolog ini menunjukkan sebuah proses di mana orang-orang tampaknya salah mengartikan penyebab tingginya tingkat ketertarikan atau gairah. Percobaan dilakukan terhadap 85 orang laki-laki dengan usia antara 18 sampai 35 tahun pada dua jembatan gantung di Capilano Canyon, Vancouver Utara, Kanada.

Efek Jembatan Gantung, Antara Ketakutan dan Ketertarikan
Jembatan Pertama – Jembatan Gantung Capilano Canyon

Jembatan pertama adalah jembatan gantung sepanjang 140 meter yang dibangun dari papan kayu dan terpasang pada kabel kawat yang mengalir dari satu sisi Capilano Canyon ke sisi lainnya. Jembatan dengan ketinggian 70 meter ini memiliki kecenderungan untuk miring, bergoyang-goyang dan menciptakan kesan bahwa seseorang akan jatuh ke sisi sebelah jembatan. Jembatan gantung ini juga memiliki pegangan kawat yang sangat rendah sehingga membuat sensasi menakutkan di atas jembatan sangat terasa. 

Efek Jembatan Gantung, Antara Ketakutan dan Ketertarikan
Jembatan Kedua – Jembatan Gantung Capilano Canyon

Sedangkan jembatan kedua adalah jembatan kayu solid di Capilano Canyon yang dibangun dari pohon aras, jembatan kedua ini lebih lebar, lebih kokoh dan terlihat jauh lebih kuat dari jembatan pertama. Tinggi dari jembatan kedua hanya 10 kaki di atas sebuah rivulet kecil yang mengalir ke sungai utama, memiliki pegangan tangan yang tinggi, dan tidak miring atau bergoyang-goyang. Bisa dibilang jembatan kedua adalah jembatan gantung yang sangat aman dan tidak menakutkan.

Setelah 85 orang laki-laki tersebut melewati salah satu dari kedua jembatan, mereka kemudian diwawancarai satu persatu. Hasilnya menunjukkan bahwa laki-laki yang didekati oleh wanita yang menarik di jembatan pertama memiliki tingkat gairah yang lebih tinggi, serta memiliki ketertarikan dan kecenderungan pada wanita yang mendekatinya. Sementara laki-laki yang didekati oleh wanita yang menarik di jembatan kedua memiliki tingkat gairah yang normal serta relatif tidak memiliki ketertarikan dan kecenderungan khusus pada wanita tersebut.

Kesimpulan Efek Jembatan Gantung
Berdasarkan percobaan efek jembatan gantung yang dilakukan oleh Donald Dutton dan Arthur Aron sepertinya memang ada hubungan antara ketakutan dengan ketertarikan. Para ilmuwan percaya itu berkaitan dengan zat dopamin yang menyembur saat seseorang merasakan ketakutan. Hal ini tidak hanya terjadi pada laki-laki tetapi juga terjadi pada wanita, mau mencobanya?

Spoiler for Sumber::

Spoiler for Sumber::


emoticon-Toast

image-url-apps
pertamax om emoticon-Stick Out Tongueertamax
image-url-apps
Ngeri2 sedap gitu kl ngelewatin jembatan gantung. Sensasinya itu loh.. Deg2 ser.. emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
asik lho ... emoticon-Ngakak

O JADI BEGITU YA
awas jangan sampe digantung
image-url-apps
di bayar 5juta juga gw ogahh nyobain bgtuan emoticon-Takut
image-url-apps
Quote:

emoticon-Big Grin

Quote:

Ntapz yah gan

Quote:

emoticon-Ngakak

Quote:

Jangan lah

Quote:

Knp gan?
image-url-apps
Quote:


Takut ketinggian,..
Ngeliat tinggi dr gambar aja udh ser2an apalagi aslinya emoticon-Ngakak
image-url-apps
seru gan. sensasi nya itu emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Quote:

emoticon-Ngakak
image-url-apps
saija takoet emoticon-Leh Uga
emoticon-Takut Jangan lupa pake parasut bre..
image-url-apps
Quote:

Djangan takoet

Quote:

Okay bre