alexa-tracking

Militer terkuat di Asia Tenggara hari ini, Siapa itu ??

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1a003954c07aa5688b4568/militer-terkuat-di-asia-tenggara-hari-ini-siapa-itu
Militer terkuat di Asia Tenggara hari ini, Siapa itu ??







Pengeluaran belanja militer Asia Tenggara masih relatif kecil dibandingkan dengan wilayah lain di dunia. Mengacu pada data dari SIPRI, total belanja militer Asia Tenggara hanya 2,8 persen dari total anggaran militer dunia pada tahun 2016.
Tahun itu, Asia Tenggara mengeluarkan anggaran militer sebesar $ 37.91 miliar. Angka ini hanya sekitar seperdelapan dari anggaran Asia Timur. Asia Timur, tahun yang sama diketahui menghabiskan $ 308,11 miliar dana militer, atau 18,73 persen dari anggaran militer dunia secara keseluruhan.
Asia Tenggara bukanlah wilayah yang tidak terhitung. Ada beberapa wilayah di Asia Tenggara yang berfungsi sebagai basis atau lokasi kerja sama pertahanan Amerika Serikat dalam konteks disposisi militer AS di Pasifik Barat. Dalam Keseimbangan Militer 2017 yang diterbitkan oleh Institut Internasional untuk Studi Strategis menyatakan bahwa di daerah Bangkok di Thailand, ada Kelompok Penasihat Militer Gabungan. Selain itu, di Singapura ada dua tempat untuk Angkatan Laut (Sembawang dan Paya Lebar) serta satu tempat untuk pangkalan Angkatan Udara (Paya Lebar).
Di Filipina, ada kerja sama pertahanan dengan menyediakan fasilitas permanen untuk pasukan AS di Pangkalan Angkatan Udara Antonio Baustista, Angkatan Udara Basa, Fort Magsaysay, Pangkalan Angkatan Udara Lumbia, Ebtan-Benito Ebuen Air Base. Selain itu, Filipina juga menyediakan tempat bagi Angkatan Udara AS di Pangkalan Udara Clark, serta untuk Marinir AS di Camp Aguinaldo.
Dalam Power Index yang dirilis oleh Global Fire Power pada tahun 2017, di Asia Tenggara, Indonesia dan Vietnam menduduki peringkat pertama dan kedua dalam hal nilai indeks. Indonesia menempati peringkat ke-14 di dunia dengan nilai indeks 0,3347, sedangkan Vietnam berada di posisi ke-16 dunia dengan nilai 0,3587. Berdasarkan Global Fire Power, Laos adalah sebuah negara di Asia Tenggara dengan kekuatan militer terlemah. Nilai indeks pada 2017 adalah 3,0608 dan peringkat 124 dari 133 negara.
Sumber: https://tirto.id/siapa-militer-terku...-tenggara-cyfb

@atas
mohon link dilengkapi, setelah saya cek, sulit menemukan artikel yg dimaksud...
NB: saya anggap video youtube hanya sebagai ilustrasi,
ad pinoy segala
what a joke emoticon-Ngakak
Vietnam kedua??? Pinoy ketiga???? Yeah, right emoticon-Ngakak
Glorious singapore kok ga ada?
tirto pekok, mahzabnya quantity over quality, semuanya tentang kuantitas..emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Quote:


Mahzabnya gombal faya powah
mirip sepak bola
Wkwkwk, padahal Singapura ga ada lawannya kalau di Asteng. Melesat jauh meninggalkan Vietnam di nomor 2. Agak jauh di bawah Vietnam, baru Indonesia peringkat 3, itupun ditempel ketat ama Thailand, abis itu baru Malaysia. Pinoy, Myanmar, Kamboja, Laos mah ga usah diitung.

Aneh emang Singapore sebegitu lemahkah nype nggak dihitung..emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Myanmar ma Indo mereka menang di AD hanud nya ngeri2 sedap...AU sm AL masih Indo megang terlepas AU mereka beli JF dr Paki kemarin (dihitung jika semua JF mereka masuk dinas AU mereka) dan Indo punya Su-35
tni indo pada pinter nembak
Anu, Sonora kok ngga masuk om.?? Padahal dulu sering lho berhasil menduduki wilayah NKRI emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Quote:


lg sibuk ngurusin 1mdb
Eh Aussie ikut asteng nggak sih secara yurisdiksi kayak sepakbola dah ikut ASia soalnya...emoticon-Big Grin
Peta kekuatan berubah dung kalo Aussie nimbrung ada Jindale, Growler, dan Aegis soalnya.emoticon-Big Grin
Quote:


Urusan AU, kalau Myanmar beneran beli 6 SU30 SME dan ke 30 Mig 29-nya masih full
combat ready, dan JF17-nya dateng, bisa dibilang AU-nya melebihi Malaysia. Apalagi kalau Mig 29 Malaysia pensiun tanpa pengganti. Cuma negara morat marit macem Myanmar sangsi ane klo bisa ngidupin pesawat dalam jumlah lumayan.

Indonesia itu menang di force projection kasar aja. PPRC-nya tida tanding di Asteng. Cuma ya kurang armada pelindung pergerakan pasukannya rada akut. Seandainya ada lomba invasi dan pendudukan permanen negara sekelas Timles atau negara Melanesia yg militernya borderkine ga ada, Indonesia pasti juara. Cuma kalau nyerang negara yg militernya proper ya rontok duluan sebelum sampai wilayah musuh saking pengawalnya g sebanding. Postur kita emang paling mobile dan ofensif se-Asean, tapi pol polan ofensif lawan insurgen. Sesuai ancaman nyata sebagai negara kepulauan yg kagak pernah berhenti dirorong separatis sih. Tapi sma sekali enggak setrong buat invasi negara kelas medioker sekalipun.
Quote:


Buat invasi sekelas Malaysia, Myanmar ato Thailand masih bisa lah. Indonesia ekonominya, infrastructure dan industrinya bisa lah nyokong perang agak Panjangan sekarang gak kek era Trikora dulu. Makanya gak ada itu Malaysian berani colek colek nakal lg.
Quote:


Asal pas perang enggak digangguin pihak ketiga aja emoticon-Big Grin

Sekali perang yg rada seriusan dikit sebagian wilayah kita bakalan rada telanjang soalnya. Katakanlah kita nyerang dengan kekuatan satu Kogabwilhan alias satu divisi kostrad plus satu brigade pasmar dan beberapa batalyon berkualifikasi mobud/linud diluar itu. Armada pengawalnya sama pembuka serangannya maksimal cuma dua light frigate, dua korvet, dua kapal selam, sama dua sku pespur TS, satu pespur sku TT, sama beberapa KCR. Keliatan kurang balance antara jumlah pasukan pemukul sama pengawalnya. Itupun kalau mau meninggalkan satu Kogabwilhan telanjang bulat, tinggal koter saja. Armada kogabwilhan lain mungkin perlu digeser nutupi yg telanjang. Belum lagi kalau ternyata ga cukup satu Kogabwilhan yg gerak.

Alot kalau Thailand, Malaysia sih mungkin, palagi ada perbatasan darat dan kesekat sama Natuna. Bener banget kalau sonora yg ntu ga pernah macem-macem lagi. Pukulan pertama aja ada kemungkinan rubuh. Beneran nyari mampus kalau coba coba lagi.
Sejak ikutin formil, koq jd senyum2 sendiri klo baca rilisan gombal faye (bukannya ga nasionalis, tp realistis)... Entah indikatornya gmn, Singapore yg alutsisanya moncer koq bs perimlngkat bawah. Dan baca2 yg lg banyak improvement nya tuh vietnam, lg banyak borong.
Setahu saya gfp ini itungannya total war, makanya Singapura jadi di bawah