alexa-tracking

Tafsir Surat Al-Qadr Kemuliaan Lailatul Qadr

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b19fcc1dcd770a35d8b4568/tafsir-surat-al-qadr-kemuliaan-lailatul-qadr
Tafsir Surat Al-Qadr Kemuliaan Lailatul Qadr
Agan dan sista yang berbahagia ayuk ngaji tafsir surat Al-Qadr biar tambah kenal dengan lailatul qadr, jangan kenalnya sama mbak laila hero  mobile legends saja okay. Penasaran kan dengan laila yang penuh berkah ini. 1 malam nilainya 100 bulan lo. Langsung saja agan dan sista.. Cekibroot......

Tafsir Surat Al-Qadr Kemuliaan Lailatul Qadr


إِنا أَنزَلْنَهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ . لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ منْ أَلْفِ شَهْرٍ . تَنَزلُ الْمَلَئِكَةُ وَالروحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبهِم من كُل أَمْرٍ . سَلَامٌ هِىَ حَتى مَطْلَعِ الْفَجْرِ


"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam lailatul qadr. Dan tahukah kamu apakah lailatul qadr itu? Lailatul qadr itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." QS. Al-Qadr


Latilatul qadr adalah malam yang sangat dinanti-nanti kehadirannya oleh seluruh umat Islam. Bukan rahasia umum penantian mereka karena ada keutamaan-keutamaan malam ini yang ingin mereka ambil. Rela menghidupkan malam-malam dengan ibadah dan tilawah Al-Qur'an. Di masa nabi saw dan para sahabat pun juga melakukan hal yang sama untuk mendapatkan kemuliaan di malam yang hanya datang 1 kali dalam 1 tahun. Berikut ini tafsir ayat-ayat surat Al-Qadr supaya kita lebih faham dengan malam 1000 bulan ini.


Sebelum kita masuk ke pembahasan tafsir, perlu kita fahami dulu makna kalimat lalilatul qadr لَيْلَةِ الْقَدْرِ:


لَيْلَةِ artinya malam dan الْقَدْرِ artinya penetapan, jadi lalilatul qadr artinya "malam penetapa". Dalam kitab tafsir Al-Munir menerangkan Allah menetapkan segala perkara selama setahu yang akan datang dengan bijaksana pada malam lailatul qadr. seperti dalam firman-Nya :


فِيها يُفْرَقُ كُل أَمْرٍ حَكِيمٍ


"Pada malam itu (lailatul qadr) dijelaskan segala perkara (untuk makhluk) dengan penuh bijaksana." Ad-Duhan (44) 4

Tafsir Ayat

ِنا أَنزَلْنَاهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ


"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam lailatul qadr."

Tafsir Surat Al-Qadr Kemuliaan Lailatul Qadr


Disebutkan dalam tafsir Al-Munir karya Imam Wahbah Az-Zuhaili bahwa pertama kali Allah menurunkan Al-Qur'an ke langit dunia 30 juz yaitu pada malam lailatul qadr, kemudian baru Allah menurunkan kepada Nabi Muhammad saw sesuai dengan keadaan dan keperluan atau yang sering kita kenal sababun nuzul (sebab turun ayat Al-Qur'an). Disebutkan pada ayat lain bahwa lailalut qadr adalah malam di bulan ramadhan yang di berkahi oleh Allah.

شَهْرُ رَمَضانَ الذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ


"Bulan ramadhan yang diturunkan Al-Qur'an padanya." QS. Al-Baqarah (2) 185

إِنا أَنْزَلْناهُ فِي لَيْلَةٍ مُبارَكَةٍ


"Sungguh Kami turunkan Al-Qur'an pada malam yang diberkahi." QS. Ad-Duhan (44) 3

Maka sudah sepantasnya atau bahkan wajib bagi setiap muslim membanggakan malam berkah ini, karena pada malam itu Allah menurunkan pedoman hidup yang tak ada keraguan, kebohongan dan akan menuntun ke jalan surga.

وَمَا أَدْرَىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

"Dan tahukah kamu apakah lailatul qadr itu?"

Pertanyaan ini bukan berarti tak ada maksud, melainkan Allah ingin manusia lebih fokus dan memperhatikan tentang malam lailatul qadr. Sebagaimana seorang gurun ingin memberikan ilmu baru kepada murid, kadang dia melontarkan beberapa pertanyaan terlebih dahulu untuk mendapat perhatian dari siswa-siswanya.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ منْ أَلْفِ شَهْرٍ

"Lailatul qadr itu lebih baik dari seribu bulan."

1 kebaikan di malam ini bila dilakukan oleh seorang muslim, maka akan dicatat oleh malaikat dia telah melakukannya selama 1000 bulan lamanya. Bila telah malaksanakan shalat malam 11 rakaat bertepatan dengan lailatul qadr, maka dia akan mendapat catatan amal dari malaikat telah malaksanakan tahajud selama 1000 bulan tanpa putus. Wallahu a'lam bish showab. Disebutkan pula pada riwayat Bukhari dan Muslim tentang keutamaan lailatul qadr yang lain:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدمَ مِنْ ذَنْبِهِ


"Siapa yang melaksanakan ibadah di malam lailatul qadr dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka telah diampuni dosa-dosanya yang telah lewat."


تَنَزلُ الْمَلَئِكَةُ وَالروحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبهِم من كُل أَمْرٍ


"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."


Di kitab Al-Munir diterangkan bahwa para malaikat beserta pemimpinnya yaitu malaikat Jibril turun ke bumi untuk menetapkan perkara-perkara yang telah ditakdirkan oleh Allah kepada makhluk-makhluknya. Para malaikat menyaksikan pemandangan yang tidak mereka lihat di langit, mereka mendengar suara-suara manusia (dzikir, tilawah dan do'ah) yang lebih disukai oleh Allah melebihi suara tasbih para malaikat. Para malaikat pun merasa bantahan mereka kepada Allah kala Dia SWT ingin menciptakan manusia, bahwa manusia akan selalu berbuat rusak di bumi itu tidak sepenuhnya benar. Maka inilah kesempatan bagi umat Islam untuk memperbanyak do'a-do'a baik supaya 1 tahun ke depan akan mendapat takdir yang baik dan memperbanyak dzikir dan ibadah supaya selalu dipandang baik oleh malaikat di langit.


سَلَامٌ هِىَ حَتى مَطْلَعِ الْفَجْرِ


"Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar."


Dengan turunnya malaikat ke bumi maka tidak ada keburukan pada lailatul qadr, yang ada adalah kebaikan dan keselamatan bagi muslimin yang melaksanakan ibadah atas dasar takwa kepada Allah. Berkah, keselamatan dan kebaikan ini akan selalu menyelimuti malam itu, mulai dari tenggelamnya matahari (maghrib) hingga terbitnya (subuh). Malaikat pun akan selalu turun secara bergantian mulai dari datang maghrib hingga subuh di malam lailatul qadr.

Wallahu A'lam Bish Showab. Semoga bermanfaat ! Share dan like bila bermanfaat !

×