alexa-tracking

Idulfitri 2018 Insya Allah Waktunya Bakal Berlangsung Serentak pada 15 Juni

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b19f88a1ee5df79288b4567/idulfitri-2018-insya-allah-waktunya-bakal-berlangsung-serentak-pada-15-juni
Idulfitri 2018 Insya Allah Waktunya Bakal Berlangsung Serentak pada 15 Juni
Idulfitri 2018 Insya Allah Waktunya Bakal Berlangsung Serentak pada 15 Juni
Jakarta – Tahun ini tak ada perbedaan waktu melaksanakan Idulfitri  2018 antara Muhammadiyah dan Pemerintah. Umat Islam di Tanah Air, diperkirakan melaksanakan Idulfitri 2018 secara serentak pada tanggal yang sama yakni 15 Juni.


Sebelumnya Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada 21 Jumadil Akhir 1439 Hijriah (H) atau 9 Maret 2018, telah mengeluarkan Maklumat tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1439 Hijriah.

Dalam maklumat yang ditandatangani oleh Haedar Nashir (Ketua umum) dan Abdul Mu’ti (Sekretaris umum), PP Muhammadiyah menetapkan awal puasa Ramadan, 1 Ramadan 1439 H jatuh pada hari Kamis Pahing, 17 Mei 2018 dan Idulfitri, 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jumat Legi, 15 Juni 2018.

Perkiraan pelaksanaan Lebaran Idulfitri 2018 berlangsung serentak tersebut, disampaikan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin.


“Awal Ramadan dan Idulfitri tahun ini akan seragam, awal puasa 17 Mei dan Idulfitri 15 Juni,” kata Thomas, sebagaimana dikutip dari laman [url]https://www.lapan.go.id.[/url]


Thomas mengemukakan untuk Idulfitri Insya Allah akan dirayakan bersama-sama pada Jumat Legi, 15 Juni 2018. “Mengingat ijtima’ akhir Ramadan akan terjadi pada Kamis Kliwon, 14 Juni 2018 pukul 2.45 WIB,” ungkapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota Bengkulu, Mukhlisuddin, meyakini, Puasa dan Lebaran tahun ini akan serentak.

Namun demikian, kepastiannya akan tetap menunggu hasil pelaksanaan Rukyatul Hilal untuk meneropong posisi bulan, dimana hasilnya akan disampaikan di Sidang Isbat yang akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama.



“Mudah mudahan tidak ada yang duluan atau terakhir. Nanti kita melihat keberadaan bulan. Jika posisi bulan sudah terlihat maka berarti awal bulan Ramadan sudah jelas. Pemerintah akan memutuskan jadwalnya dalam Sidang Isbat,” kata Mukhlisuddin, sebagaimana dikutip dari laman kemenag.go.id.



Berdasarkan analisa BMKG, pelaksanaan rukyat Hilal penentu awal bulan Syawal 1439 H.  Rukyat- bagi yang menerapkan rukyat dalam penentuannya – adalah setelah Matahari terbenam pada 14 Juni 2018.



Sementara bagi yang menerapkan hisab dalam penentuan awal bulan Syawal 1439 H, perlu diperhitungkan kriteria-kriteria hisab. Kriteria hisab itu, penentuannya dihitung saat Matahari terbenam pada 14 Juni 2018. Hal itu diungkapkan BMKG dalam laporan tertulis bertajuk, “Informasi Prakiraan Hilal Saat Matahari Terbenam 14 Juni 2018 (Penentu Awal Bulan Syawal 1439 H) “.


Salah satu kesimpulan laporan tersebut, adalah ketinggian hilal di Indonesia saat Matahari terbenam pada 14 Juni berkisar antara antara 6,080 di Jayapura, Papua, sampai dengan 7,640di Tua Pejat, Sumatra Barat.

Sumber

image-url-apps
Aduuh... ane belom beli baju lebaraaaaaaan!!! emoticon-Frown

Mal mana ya yg ga rame? emoticon-Nohope
semoga serentak....lebih rame emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
horeeee sepekan lagi lebaran
INSYA ALLAH.....................jika tidak mendung dari Sabang sampai Merauke emoticon-Wink

kalo mendung dan hilal TIDAK TERLIHAT, kita lebaran hari Sabtu 16 Juni
image-url-apps
yg punya bos tapir segera desak bayar thr

lupakan soal pemimpin tapir bla bla yg fenting duitnya emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Astajim...
Quote:


hahahaha emoticon-Ngakak

btw udah dua kali ini berarti ya di era kepemimpinan Jokowo lebaran bisa bareng, Jokowi mampu menyatukan Muhamadiyah dan NU
tanda2 2 periode ini mah emoticon-Big Grin
image-url-apps
syukur lebarannya bareng, biar libur pasca lebarannya agak Lamaan ... emoticon-Ngakak
image-url-apps
15 juni alhamdulilah.. ini tanggal berkesan juga buat ane. Semoga berkah buat ane dan keluarga.

image-url-apps
syukurlah serentak, jadi ramainya juga bareng
image-url-apps
Quote:


pesan cilanak jins ini aja

Idulfitri 2018 Insya Allah Waktunya Bakal Berlangsung Serentak pada 15 Juni
Mudah2an serentak, jadi takbirannya bareng.
Quote:


Belum tentu Muhammadiyah selalu bareng dengan Pemerintah terus....... Kali ini aja hilal dan perhitungan Muhammadiyah kompak. Tahun depan, dua tahun kedepan, tiga tahun kedepan who knows........ Kecuali pemerintah maksa Muhammadiyah ikut.....
semoga...biar terlihat kebersamaan dan persatuannya.

emoticon-Toast emoticon-Jempol
×