alexa-tracking

Belajar Ke Jepang? Ini Alasan Yang Harus Dipertimbangkan.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b19c79ed89b0955078b4567/belajar-ke-jepang-ini-alasan-yang-harus-dipertimbangkan
icon-hot-thread
Belajar Ke Jepang? Ini Alasan Yang Harus Dipertimbangkan.
Belajar Ke Jepang? Ini Alasan Yang Harus Dipertimbangkan.


Sudah jadi rahasia umum jika Jepang termasuk salah satu negara tujuan favorit untuk menimba ilmu. Sekolah yang di maksud disini bukanlah tentang jenjang maupun sistem pendidikan di Jepang (yang memang memiliki beberapa perbedaan dengan jenjang dan sistem pendidikan di Indonesia), melainkan tentang bagaimana cara menempuh pendidikan di Jepang. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman yang masih masih berstatus pelajar dan berencana untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang untuk lebih memahami kenapa harus mempertimbangkan Jepang sebagai negara tujuan belajar? Apa keuntungan belajar di Jepang? Bagaimana cara untuk bisa menempuh pendidikan di Jepang? Dan ada nggak cara paling murah untuk bersekolah ke Jepang? Semua akan saya tulis dalam beberapa tulisan terpisah, mudah-mudahan yang baca sabar menunggu kelanjutan setiap sesi tulisan.


Sebagai permulaan, adakah diantara yang baca tulisan ini yang berminat melanjutkan studi ke Jepang? Pernah terlintas nggak sih, kenapa memilih Jepang? Saya pernah mendapat pertanyaan seperti itu, dan (pada waktu itu) hanya bisa mengeluarkan jawaban spontan yang jauh dari alasan ilmiah: supaya lebih gampang kalau mau nonton konser band Jepang (pelajar yang baik, tolong jangan tiru ini ya!). Itu karena memang niat saya mencari berbagai informasi beasiswa dan study ke Jepang (waktu itu) sebatas untuk menyalurkan minat terhadap budaya Jepang. Nah, bagi yang masih bingung mencari alasan untuk belajar ke Jepang atau sedang mempertanyakan kenapa harus melanjutkan studi ke Jepang, saya coba merinci beberapa alasannya. Setidaknya ada 2 alasan utama kenapa seseorang memutuskan untuk bersekolah ke Jepang. Pertama, karena alasan akademis; dan kedua, karena alasan non-akademis.


Untuk alasan akademis, kira-kira inilah fakta logisnya:

1. Jepang memiliki lebih dari 700 universitas yang tersebar di berbagai penjuru Jepang. Tingkat presentase siswa SMU yang melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah mencapai 49%, yang berarti relatif tinggi; menandakan sistem pendidikan di Jepang terbilang baik.


2. Jepang sudah sangat dikenal sebagai negara yang memiliki standar tinggi di bidang pendidikan, dan beberapa universitas di Jepang sudah di akui sebagai universitas terbaik di dunia. Menurut QS Asia University Rankings, 8 universitas dari Jepang masuk dalam urutan 20 besar. Detailnya adalah sebagai berikut: Universitas of Tokyo (peringkat 5), Osaka University (peringkat 7), Kyoto University (peringkat 8), Tohoku University (peringkat 9), Nagoya University (peringkat 10), Tokyo Institute of Teknology (peringkat 11), Kyushu University (peringkat 17), dan University of Tsukuba (peringkat 20). Itu untuk daftar tahun 2010 (note: pada tahun tersebut, wakil dari Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, berada di peringkat 50). Pada tahun 2011, totalnya terdapat 33 universitas dari Jepang yang masuk ke dalam 100 besar Asian University Rankings.


3. Jepang memiliki peraih penghargaan nobel terbanyak dibanding negara Asia lainnya, yang lagi-lagi membuktikan tingginya kualitas pendidikan di negeri ini.


4. Belajar ke Jepang memberikan bonus lain, yaitu kesempatan belajar bahasa Jepang secara langsung. Dimana lagi tempat belajar bahasa Jepang yang terbaik selain langsung di negara tersebut? Di satu sisi, masalah bahasa juga bisa menjadi kendala tersendiri, apalagi jika sebelumnya sama sekali buta dengan bahasa Jepang. Terlebih bahasa Inggris belum digunakan secara luas oleh masyarakat Jepang.


5. Jepang adalah negara yang memiliki kekayaan budaya, baik budaya tradisional mapun budaya pop. Ditambah dengan pengalaman sejarah yang telah dilalui (seperti melalui serangkaian perang dan usahanya untuk bangkit pasca perang), serta fakta bahwa Jepang kini menjadi salah satu negara yang berpengaruh dalam bidang teknologi dan ekonomi, menjadikan Jepang sebagai salah satu laboratorium pendidikan terbaik di dunia.


6. Situasi pendidikan di Jepang relatif kondusif, dan rata-rata universitas telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap. Tak heran jika setiap tahunnya jumlah pelajar asing yang belajar di Jepang selalu meningkat.


7. Terdapat beberapa jenis sekolah yang bisa dipilih dengan waktu pendidikan yang cukup bervariasi. Jika ada yang berminat mengetahui sistem pendidikan di Jepang, mudah-mudahan lain kali bisa saya ulas lebih rinci.


8. Faktor lain yang menarik dari pendidikan di Jepang adalah biayanya yang relatif terjangkau. Setidaknya, ada banyak program bantuan beasiswa yang sangat membantu meringankan biaya pendidikan di Jepang (diberikan oleh pemerintah, perusahaan non-profit, maupun institusi lainnya). Alternatif lainnya, tersedia berbagai pekerjaan part-time yang bisa dimanfaatkan oleh pelajar yang ingin mencari tambahan uang saku maupun uang kuliah. Jadi intinya, selalu ada cara untuk mengatasi masalah biaya pendidikan di Jepang.


Untuk alasan non-akademis, berikut beberapa alasan yang biasa diucapkan:

1. Belajar ke Jepang bisa menjadi salah satu pintu untuk bekerja di Jepang.


2. Belajar di Jepang berarti membuka kesempatan luas untuk bisa berinteraksi dengan budaya lokal dan masyarakat setempat; sesuatu yang tak bisa di dapat dengan berwisata selama beberapa hari saja.


3. Kesempatan untuk melakukan travelling ke berbagai penjuru Jepang akan lebih luas karena tak perlu mengurus visa. Tentunya asal keuangan mencukupi ya.


4. Dengan menjadi pelajar di Jepang, berarti akses yang lebih luas ke berbagai produk budaya pop Jepang. Mau cari anime original? CD musik artis Jepang? Dorama original? Pastinya akan lebih mudah jika berada di Jepang (terutama jika bersekolah di kota besar). Tapi fakta ini bisa jadi pedang bermata dua. Terlalu banyak akses ke berbagai akses budaya pop bisa mengganggu konsentrasi belajar.


Itu baru alasan kenapa harus mempertimbangkan untuk bersekolah di Jepang. Jika ada yang mau menambahkan, monggo.. Bagi yang ingin tahu cara untuk bersekolah di Jepang, rencananya pada tulisan berikutnya saya ingin menulis tentang alur paling umum yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat.







image-url-apps
ntar pake wabaki gan masuk kelas nye
jauh amat sekolah gan emoticon-EEK!
KASKUS Ads
pendidikan gak menjamin dapet pekerjaan bagus lho bre emoticon-Betty
image-url-apps
mending ke jerman bray
emoticon-Cool
image-url-apps
musti kuat iman emoticon-Ngakak
image-url-apps
belajar dirumah aja
jepang ama korea selatan bagus mana
image-url-apps
andai kualitas pendidikan kita semaju Jepang...
image-url-apps
kalo kuliah disono kudu kuat jasmani dan rohani emoticon-Malu
image-url-apps
Kalo tolol mana bisa emoticon-Wakaka
image-url-apps
Mupeng gan emoticon-Genit
image-url-apps
salah satu tempat yang akan ane datengin emoticon-Cool
image-url-apps
Aduh jadi kepengen kesana gan
image-url-apps
Boleh tuhhemoticon-Cool
image-url-apps
Jepun emoticon-Genit
image-url-apps
pengen belajar sembari liat artis jav kalo gue breh
btw gue dipejwan wkwkwkwkwk
baru pertama kali maklumin breh
emoticon-Request Ketemu Shion Utsunomiya bre..
image-url-apps
Skill di utamakan
image-url-apps
jepang memang sangat mengispirasi dari segi budayanya di jaga bener"

Gembok dulu bre emoticon-pencet