alexa-tracking

Indeks Perdamaian Global yang kian merosot

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b19b9e51a99750a6a8b456a/indeks-perdamaian-global-yang-kian-merosot
Indeks Perdamaian Global yang kian merosot
image-url-apps
Indeks Perdamaian Global yang kian merosot
Mahasiswa dari berbagai organisasi pencinta alam se Jawa Timur serta masyarakat mengikuti upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional di Taman Bungkul, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (20/5/2018). Selain upacara, mereka juga mengelar aksi penolakan terhadap para teroris serta menyerukan perdamaian kepada masyarakat agar tetap rukun tanpa melihat perbedaan ras, agama, gender, golongan, budaya dan suku.
Perdamaian di dunia kian merosot. Banyak negara yang indeks perdamaiannya menurun, meski masih ada 13 negara yang benar-benar damai.

Indonesia berada di urutan ke-55 turun dua peringkat dibandingkan tahun lalu, jauh di bawah Malaysia (25) dan Singapura (8).

Dunia yang makin menjauh dari damai. Demikian kesimpulan laporan Global Peace Index (GPI) yang dikeluarkan oleh Institute for Economics and Peace (IEP) pada Rabu (6/6/2018) di London, Inggris.

Lembaga ini melakukan survei terhadap 163 negara dan mengukur indeks perdamaian global. Dari negara yag disurvei itu, 92 negara kondisinya memburuk, sementara kondisi di 71 negara membaik. Lembaga ini mencatat Indeks Perdamaian Global terus turun selama empat tahun terakhir.

Ada banyak faktor yang menyebabkan indeks perdamaian global kian merosot seperti meningkatnya aktivitas terorisme dan konflik di Timur Tengah; meningkatnya ketegangan regional di Eropa Timur dan Asia Timur Laut; serta meningkatnya jumlah pengungsi dan ketegangan politik yang meningkat di Timur Tengah, Eropa dan AS.

Meski perdamaian kian menurun, tetap saja ada negara yang aman, damai dan tenteram. Islandia dan Selandia Baru mempertahankan posisi sebagai negara terdamai. Di bawahnya, ada Austria, Portugal, Denmark, Kanada, Republik Cek, Singapura, Jepang , Irlandia, Slovenia, Swiss, dan Australia.

Direktur dan pendiri IEP, Steve Killelea mengatakan kepada DW, tren ini sudah berlangsung selama sepuluh tahun terakhir. Turunnya Indeks Perdamaian terutama dipengaruhi oleh situasi di Timur Tengah.

Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa kawasan yang paling tidak damai di dunia adalah Timur Tengah dan Afrika Utara. Sedangkan dalam ranking berdasarkan negara, Suriah berada di peringkat terbawah dari seluruhnya 163 negara.

Selain Suriah, peringkat terbawah diisi oleh Afghanistan, Sudan Selatan, Irak dan Somalia.

Kawasan terdamai menurut penelitian ini adalah Eropa. Lima negara yang berada di posisi teratas semuanya terletak di Eropa kecuali Selandia Baru: Estonia, Austria, Portugal dan Denmark. Sedangkan Jerman berada di posisi ke-17.

Steve Killelea menyatakan, situasi di Eropa secara keseluruhan tidak membaik. Dari 36 negara, 23 negara Eropa situasinya memburuk. Negara-negara ini kebanyakan terletak di Eropa Barat, sedangkan kondisi di Eropa Timur malah menunjukkan perbaikan.

Kawan Asia termasuk negara damai setelah kawasan Eropa dan Amerika Utara, meskipun ada jurang di antara negara terdamai dan tidak yang kian melebar. Ada lima negara dari 19 di wilayah Asia berada di 50 teratas di dunia, dan enam negara di bawah 50.

"Ada peningkatan yang signifikan dalam konflik internal dan eksternal yang terjadi dan hubungan dengan negara-negara tetangga, tetapi kejahatan kekerasan, dampak terorisme, ketidakstabilan politik dan teror politik memburuk di seluruh wilayah," tulis laporan IEP.

Korea Selatan, Australia, Jepang, dan Taiwan menjadi negara terdamai di Asia. Sementara negara-negara seperti Korea Utara, Filipina, Thailand, Cina dan Vietnam berada di urutan terbawah.
Indeks Perdamaian Global yang kian merosot
Indeks perdamaian global 2018 kategori negara-negara di Asia yang diluncurkan Institute for Economics and Peace (IEP), Rabu (6/6/2018) di London. Indeks Perdamaian Global yang kian merosot


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...g-kian-merosot

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Indeks Perdamaian Global yang kian merosot Tak bayar THR, Pemda bisa kena periksa BPK

- Indeks Perdamaian Global yang kian merosot Gelombang pemulangan TKI tak berdokumen dari Malaysia

- Indeks Perdamaian Global yang kian merosot Semua sektor menghijau, IHSG ditutup menguat