alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1941f75a5163756f8b4574/enggan-terjebak-macet-saat-mudik-ikuti-pesan-menhub-ini

Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini

Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menaruh perhatian penting terkait agenda besar tahunan masyarakat ketika menjelang Hari Raya Idulfitri.

Agenda besar tersebut terkait dengan penyelenggaraan mudik bersama yang tiap tahunnya di klaim Pemerintah semakin membaik. Tahun ini pemerintah memberi nama agenda tersebut dengan nama Mudik Guyub Rukun 2018.


1. Puncak arus mudik  
Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik agar bisa memecah kemacetan dengan tidak melakukan perjalanan pada puncak arus mudik yang jatuh pada tanggal 8 dan 9 Juni serta 12 dan 13 Juni.

“Kami juga sarankan pada pemudik agar tidak mudik pada 8 dan 9 (Juni) dan 12 dan 13 (Juni) karena itu adalah puncak mudik kalau bisa pada tanggal 10 dan 11 itu lebih longgar,” Kata Budi Karya di Mabes Polri, Selasa (05/06).


2. Puncak arus balik  
Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini
Sedangkan pada puncak arus balik Budi Karya mengatakan preferensi masyarakat yang semula lebih panjang tapi karena libur anak sekolah yang sudah memasuki hari akhir maka perubahan arus balik pun terjadi.

“Mudik baliknya semula adalah tanggal 22-23 (Juni) di akhir libur tetapi setelah ada liburan maka preferensi maju pada tanggal 19-20 (Juni) dikarenakan itu akhir libur anak sekolah,” terang Budi Karya.


3. Tidak terfokus menggunakan jalan tol  
Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini
Selain itu ia juga menyarankan kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat atau mobil pribadi agar tidak berpatokan kepada jalan tol, meskipun jalan tol Jakarta-Surabaya telah berhasil dirampungkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) namun jalur arteri juga tidak kalah baiknya dengan jalan tol agar dapat memecah kemacetan.

“Justru preferensi masyarakat itulah kami mengajak stakeholder semuanya Pak Kapolri, Kapolda, TNI dan Pangdam, Kadishub untuk memberikan suatu pendidikan kepada masyarakat bahwasannya jalan tol Jakarta-Surabaya bukan segalanya,” terangnya.

“Kementerian PU telah menyediakan jalan Pantura, kami Kementeian Perhubungan telah melakukan cek dengan melakukan turing sepeda dan itu baik sekali jadi Pantura menjadi alternatif yang baik bagi kita semuanya,” lanjutnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini 7 Tips Kesehatan Wajib Sebelum Kamu Mudik Panjang

- Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini 5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran

- Enggan Terjebak Macet Saat Mudik? Ikuti Pesan Menhub Ini Cara Membuat Opor Ayam Gurih untuk Sajian Lebaran

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di