alexa-tracking

5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1941f0dbd7700e2a8b4578/5-resep-makanan-yang-nikmat-cocok-dijadikan-bekal-mudik-lebaran
5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran
5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran

Gak kerasa Lebaran sudah tinggal menghitung hari, nih. Biasanya, kalau sudah dekat-dekat hari raya seperti ini, banyak yang sudah mulai mudik.

Ada yang lewat jalur udara dengan pesawat, jalur laut dengan kapal, dan yang paling sering sih lewat jalur darat menggunakan kereta api, bus, atau kendaraan pribadi. Tiap tahunnya, mudik Lebaran pasti bikin heboh, karena harus mempersiapkan fisik untuk perjalanan jauh. Belum lagi jalanan yang sering macet.

Selain mempersiapkan fisik, ada satu hal lagi yang gak boleh lupa dipersiapkan untuk mudik Lebaran nanti. Yap, makanan alias bekal yang perlu dibawa selama perjalanan.

Ketimbang bingung mau makan di mana selama perjalanan, ada baiknya kamu siapin sendiri bekal makanan dengan 5 resep praktis berikut ini. Praktis buatnya dan pasti enak!


1. Overnight oatmeal
5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran
Resep bekal makanan pertama yang cocok dibawa selama mudik Lebaran adalah overnight oatmeal. Selain enak, juga sehat dan gampang dibuatnya, lho.

Kamu cuma perlu mempersiapkan bahan berikut ini, guys!

  • oat secukupnya
  • susu 120 gram
  • madu 20 gram
  • chia seed 1 sdt
  • buah kering secukupnya
Cara membuatnya, kamu tinggal mencampur semua bahan di atas dalam sebuah wadah atau stoples kekinian. Jika sudah dicampur, ada baiknya diletakkan di dalam kulkas selama kurang lebih 3-4 hari.

Jika sudah mau mudik, bisa meletakkan overnight oatmeal ke dalam wadah pendingin, supaya lebih praktis dan segar dinikmati selama perjalanan.


2. Chicken teriyaki onigiri  
5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran
Orang Indonesia itu gak afdol kalau gak makan nasi. Oleh karena itu, pas mudik Lebaran nanti coba bikin chicken teriyaki onigiri ini untuk bekal mudik.

Bahan yang perlu kamu siapin:

  • 200 gram nasi putih pulen atau nasi Jepang
  • 4 lembar nori
Bahan isiannya:

  • 500 gram ayam cincang
  • 50 ml saus teriyaki
  • 1 sdm biji wijen
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1 sdm minyak
Cara membuatnya:

  • Pertama, panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan ayam cincang, aduk rata hingga tidak ada gumpalan ayam.
  • Masukkan saus teriyaki dan air. Masak hingga saus meresap ke dalam ayam.
  • Masukkan biji wijen, angkat dan dinginkan.
  • Susun nasi, tuang 1 sdm ayam teriyaki.
  • Tutup dengan nasi, bentuk menjadi sebuah segitiga lalu sajikan dengan nori.

3. Sushi ala Indonesia  
5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran
Siapa sih yang gak suka sushi? Makanan asal Jepang ini juga cocok lho dibawa untuk bekal mudik. Biar beda, kamu bisa ganti isian sushi dengan bahan yang Indonesia banget.

Bahan-bahan:

  • 1 lembar nori
  • 100 gram nasi Jepang
  • wortel iris secukupnya
  • timun iris secukupnya
  • kol ungu secukupnya
Isian:

  • 1 bungkus bumbu semur instan
  • 150 gram daging sapi
  • 1 sdm kecap
  • daun bawang secukupnya
  • 300 ml air
  • minyak secukupnya
Cara membuatnya:

  • Tumis bumbu semur instan terlebih dahulu hingga harum.
  • Setelah itu, baru deh tambahin air, daging dan kecap. Masak hingga meresap. Angkat dan sisihkan.
  • Siapkan satu lembar nori di atas cetakan sushi. Tambahkan nasi di atasnya, pipihkan dan rapikan.
  • Letakkan semur daging, wortel, timun dan kol ungu di atas nasi. Gulung sushi dan tekan agar padat juga rapi.
  • Potong sushi yang telah digulung atau biarkan utuh.

4. Burito ayam geprek  
5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran
Kalau kamu suka ayam geprek, bisa juga lho dijadiin bekal mudik. Alih-alih pakai nasi, kamu bisa ganti pakai burito agar lebih praktis membawanya.

Bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 250 gram dada ayam fillet
  • 100 gram tepung terigu
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt garlic powder
  • 1 sdt paprika powder
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada hitam
  • 1 butir telur
  • 100 gram kol
  • Kulit tortila jagung
Bahan sambalnya:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabai rawit
  • garam
Cara buatnya mudah banget, lho:

  • Campurkan tepung terigu dan tepung tapioka. Masukan garlic powder, paprika bubuk, garam, dan lada hitam.
  • Masukan potongan ayam fillet ke dalam campuran terigu, kemudian celupkan ke dalam telur. Masukan kembali ke dalam adonan terigu. Tekan-tekan, kemudian goreng dalam minyak yang sudah panas hingga terendam. Angkat, lalu tiriskan.
  • Goreng kol dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan.
  • Goreng bawang putih dan cabai rawit hingga layu. Ulek bawang putih dan cabai rawit, beri sedikit garam. Campurkan dengan ayam yang sudah digoreng. Geprek ayam dan campurkan bumbu sambal.
  • Panaskan kulit tortilla, lalu susun kol goreng dan ayam geprek. Sajikan.

5. Sandwich omelet sayur
5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran
Terakhir, kamu bisa membawa sandwich. Biar sehat dan gak seperti sandwich kebanyakan, coba deh bikin dengan isian omelet sayur ini.

Gampang dibuat, bahan yang perlu kamu siapkan pun gak susah, di antaranya:

  • 4 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt lada
  • 200 ml susu cair
  • 1 buah wortel
  • 2 sdm kacang polong
  • 1 ikat bayam
  • keju slice secukupnya
  • roti secukupnya
Langkah pembuatan:

  • Campurkan 4 butir telur, garam, lada dan susu cair. Aduk merata.
  • Tambahkan wortel yang diiris tipis, kacang polong dan bayam yang dipotong hingga halus.
  • Masak omelet di atas teflon hingga matang sempurna. Potong-potong omelet berbentuk kotak.
  • Oles roti dengan mentega, kemudian tata mulai dari rotinya. Kemudian tambahkan keju slice, omelet, keju slice lagi, dan roti sebagai penutup.
  • Panaskan roti omelet di atas teflon. Jadi deh!
Gimana, praktis banget, kan resep bekal makanan yang cocok dibawa selama perjalanan mudik nanti? Buruan dicoba, deh biar perjalanan jadi nyaman dan gak takut kelaparan. Hati-hati selama mudik, semoga sampai di kampung halaman dengan selamat dan berkumpul bersama orang terkasih di hari nan suci.


Sumber : https://www.idntimes.com/food/recipe...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran 7 Tips Kesehatan Wajib Sebelum Kamu Mudik Panjang

- 5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran 5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran

- 5 Resep Makanan yang Nikmat, Cocok Dijadikan Bekal Mudik Lebaran Cara Membuat Opor Ayam Gurih untuk Sajian Lebaran

×