alexa-tracking

Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b19397cc0d770340b8b456c/begini-indahnya-jembatan-cincin-di-jalur-pantura
Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura
Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura

Jakarta, IDN Times -- Jembatan Cincin Lama atau juga dikenal dengan nama Jembatan Widang baru dioperasikan Rabu (6/6). Selain akan membuat lalu lintas mudik lebih lancar, jembatan ini juga keren banget buat tempat berselfie ria.

Nah, kalau arah mudikmu ke Semarang - Demak - Kudus - Pati - Rembang Tuban - Lamongan - Gresik hingga Surabaya jangan sampai lewatkan jembatan ini, ya


1. Sempat ambruk 2 bulan lalu dan selesai dalam waktu 46 hari
Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura
Sebelumnya bentang ketiga jembatan ini ambruk pada 17 April 2018 karena truk bermuatan berlebih melintas.

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Ditjen Bina Marga, kemudian melakukan perbaikan selama 46 hari mulai tanggal 21 April 2018 dengan mendatangkan jembatan rangka baja tipe Garuda Paksi A-50 dengan bentang 50 meter yang didatangkan dari gudang peralatan Kementerian PUPR di Cibinong.


2. Sudah bisa digunakan H-10 lebaran
Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura
Perbaikan Jembatan Cincin Lama telah diselesaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 5 Juni 2018 atau H-10 Lebaran 2018 sesuai dengan target yang disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

“Jembatan Cincin Lama sudah dioperasikan sejak kemarin (Rabu, 6/6). Jembatan tersebut berada di ruas jalan nasional yang merupakan kewenangan Kementerian PUPR untuk pengoperasiannya,” kata Menteri Basuki.


3. Pemeriksaan rutin tiap tahun
Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura
Pemeliharaan Jembatan Cincin Lama dan Baru dilakukan secara rutin oleh BBPJN VIII Ditjen Bina Marga. Pada tahun 2018 alokasi dana preservasi dan rehabilitasi 15 jembatan di ruas jalan Babat-Tuban-Lamongan-Gresik sebesar Rp 5,7 miliar. Dari jumlah tersebut preservasi untuk Jembatan Cincin Lama dan Jembatan Cincin Baru sebesar Rp 1,29 miliar.

Pengecekan terhadap kondisi jembatan di Indonesia dilakukan rutin oleh Kementerian PUPR. Setiap tahun dilakukan dua kali audit, yakni sebelum dan sesudah musim hujan. Pemeliharaan dan perbaikan jembatan juga perlu diikuti oleh kepatuhan terhadap aturan beban kendaraan.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura Hadapi Lebaran RSUD Dr. Soetomo Sediakan Ratusan Dokter On Call

- Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura Sudahkah Rest Area Menyediakan Tempat Bermain Anak?

- Begini Indahnya Jembatan Cincin di Jalur Pantura 7 Resep Kue Lebaran Paling Nikmat, Praktis Banget Dibuatnya 

×