alexa-tracking

Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b1909b7dc06bdc8408b456c/manisnya-jongkong-kudapan-berbuka-khas-medan
icon-hot-thread
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan

Rasanya tidak akan ada habisnya mencicipi kekayaan kuliner Indonesia. Ya nggak Gan? Ya lihat saja bagaimana bahkan untuk menu berbuka puasa pun berbagai daerah di Indonesia punya menu yang khas dan beragam. Salah satunya menu berbuka manis yang satu ini nih.

Jongkong, begitu biasanya orang menyebut makanan manis berbahan dasar tepung beras yang biasanya jadi takjil favorit dari Medan, Sumatera Utara ini Gan.

Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
Foto: Okezone.com

Dilansir dalam kumparan.com, Jongkong sebenarnya merupakan makanan khas masyarakat Melayu di pesisir pantai Selat Malaka. Di Medan sendiri, Jongkong hanya muncul saat Ramadan. Mencari kudapan manis ini saat hari biasa akan terasa cukup sulit.

Kenikmatan Jongkong terletak pada tekstur lembutnya dan rasanya yang manis.

Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
Foto: Pictaram

Jongkong sendiri terbuat dari campuran tepung beras dan air yang dimasak hingga mengental dengan tambahan daun panda guna memberi warna dan aroma khasnya. Saat campuran matang adongan Jongkong kemudian didiamkan hingga dingin dan agak mengental, kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang dan diberi kuah dan pelengkap yang terdiri santan, parutan kelapa muda, gula merah dan gula pasir baru dikukus kembali.

Ketika sudah jadi dan bungkusan daun dibuka, Agan akan disuguhkan penampakan Jongkong yang terdiri dari gula merah yang cair setelah dikukus kemudian lapisan berwana hijau dari si tepung beras dan lapisan putih yang dari campuran santan tadi yang sedikit memberikan rasa gurih di antara rasa manis yang dominan pada Jongkong. Oya, sekarang tak hanya mengguankan daun, Jongkong pun terkadang dibuat dalam kemasan cup plastik loh.

Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
Foto: deskgram.org

Ingin merasakan manisnya Jongkong Gan? Biasanya saat Ramadan , Jongkong ramai di jual di pinggir jalan kota Medan menjelang waktu berbuka puasa kok Gan.


Baca juga thread kuliner khas Ramadan lainnya:
Piyaji dan Beguni, Cemilan Gorengan Khas Berbuka di Bangladesh Sana
Wadai Ipau, Lasagna Versi Lokal Yang Jadi Menu Khas Ramadan
Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
Pakat, Pucuk Rotan yang Jadi Menu Ramadan Khas Mandailing dan Tapanuli Selatan
Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba
baru denger dan baru liat ane gan emoticon-Big Grin
Enak tuh emoticon-Matabelo
Mana punpun emoticon-Wow
Manisnya Jongkong, Kudapan Berbuka Khas Medan
belom pernah nyoba
tapi kalo di tempat ane lebih kyk mirip asinan (padahal) ada yg manis juga
tinggal leb..emoticon-Jempol
Kayaknya enak tuh... Jadi pengen nyoba deh... emoticon-Cendol Gan
weh jadi ngiler pingin nyobain emoticon-Embarrassment
Quote:


itu mah nganu gan emoticon-Embarrassment

Quote:


cobain buat buka puasa kyknya enak gan emoticon-Embarrassment
mejeng di pekiwanemoticon-Jempol
baru mau makan udah di rampok, medan medan emoticon-No Hope
wah ini toh kesukaan oney
disini namanya bobongko
enak tu palagi dingin pake es batu
klo rasa mirip" cendol

*bagi cendol gan emoticon-Ngakak
Jongkongnya beda dgn tempat ane
Wah enak tuh gan.
Quote:


iklan sebelah yakemoticon-Malu
Di bungkus pisang, keknya enak nih..



emoticon-Leh Uga
Quote:


beliin ane gan.emoticon-Malu
gembok sekalianemoticon-Cool