alexa-tracking

Syafii Maarif: Kepemimpinan 10 Tahun Sebelum Jokowi Sia-sia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18f5025c779864658b4568/syafii-maarif-kepemimpinan-10-tahun-sebelum-jokowi-sia-sia
Syafii Maarif: Kepemimpinan 10 Tahun Sebelum Jokowi Sia-sia


Yogyakarta, Gatra.com - Meski menyebut tidak mengkritik siapapun, ulama sekaligus anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Ahmad Syafi’i Maarif menganggap dua periode kepemimpinan sebelum Presiden Joko Widodo sia-sia karena tidak berbuat apa-apa.

Penilaian ini disampaikan mantan Ketua Umum Muhammadiyah itu saat hadir dalam Pencanangan Bulan Pancasila di Yogyakarta.

Menurut dia, kepemimpinan yang sia-sia itu karena ini sila kelima Pancasila, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, belum terwujud.

“Pemerintah sekarang sedang mewujudkan sila kelima dengan mulai membangun infrastruktur di berbagai pelosok daerah termasuk Papua. Meski dampaknya tidak langsung dirasakan, sudah tampak tanda-tandanya,” kata Syafii yang akrab disapa Buya ini, Rabu (7/6), di Kantor Gubernur Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta.

Tanpa menyebut nama, Buya melihat, selama satu dekade sebelum Jokowi jadi presiden, pemimpin sebelumnya tidak melakukan apa-apa demi mewujudkan sila ke lima, bahkan banyak proyek yang sebenarnya diprioritaskan untuk rakyat justru mangkrak.

Menurut Buya, Jokowi bisa gencar membangun selama ini karena selain berlatar pengusaha juga bebas dari beban politik dan dusta ke pendukungnya.

“Saya tidak ingin mengkritik siapapun. Namun perwujudan sila ke lima adalah kerinduan dan tuntutan sejati manusia. Sila ke lima merupakan dasar utama kemajuan Indonesia,” imbuhnya.

Buya berkata, sekarang tinggal para pembantu presiden harus mampu menerjemahkan dan mewujudkan pikiran dan komitmen Jokowi.

Sebagai anggota Dewan Pengarah BPIP, Buya menganggap saat ini tantangan terberat menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila di kehidupan nyata adalah pelaksanaannya.

“Memang tidak mudah. Masyarakat masih trauma dengan indoktrinasi Pancasila secara paksa saat Orde Baru. Meski Pancasila berhasil dipahami, praktek di lapangan nol besar,” ujarnya.

Karena itu, menurut Buya, butuh keberanian besar mengubah paradigma masyarakat atas Pancasila bahwa dasar negara ini membawa keadilan.

Menurut Buya, Presiden Jokowi pernah menyatakan saat ini kesulitan terbesar bukan pada gagalnya penerapan nilai Pancasila, namun karena sistem ekonomi Indonesia masih liberal.

“Bukan sistem ekonomi yang berkeadilan sosial yang didukung penerapan pasal 33 UUD 1945,” pungkasnya.

Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

https://www.gatra.com/rubrik/nasional/326238-Syafii-Maarif:-Kepemimpinan-10-Tahun-Sebelum-Jokowi-Sia-sia


liberal tuh gak jelek selama ada jaminan free dan fair market justru harga 2 yang dikendalikan itu yang bikin ekonomi mandek.



image-url-apps
wuih ini yg ngomong ulama lho
image-url-apps
Pemujaan berlebihan akan menimbulkan kedunguan...

TTD
Roki balboa
KASKUS Ads
image-url-apps
aduh koq gini ya maarif
image-url-apps
yg dulu kelihatan netral sekarang sudah mulai memihak . apa krn sudah masuk lingkaran ????
image-url-apps
32+10 tahun yg sia-sia.. emoticon-Selamat
duh bakalan di serbu sama pendukung demokrat ni emoticon-Nohope
image-url-apps
efek kobokan kaki memang luar biasa emoticon-Matabelo
mayan lah ongkang2 dimasa tua duid ratusan juta masuk emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Yang sebelumnya sebelum jokowi gimana om???
image-url-apps
semakin banyak ulama ulama yg sadar bahwa apa yg dilakuken jokowi tulus bekerja tanpa mementingken elektabilitas maupun pencitraan namun hanyalah semata demi keadilan kemajuan bangsa ..bahkan apa yg dipapua sekarang seharusnya dilakuken 20 tahun lalu agar kawan kita timur tak lagi dianggap anak tiri seprti yg sudah sudah
jokowi bapak pembangunanemoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Beda kalo yang ngomong bibieb and the gank. emoticon-Leh Uga
Jokowi bapak sila-5 emoticon-Ngacir
image-url-apps
Iya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Dengan program bbn satu harga, subsidi bbn & listrik dikurangi, premium langka (masyarakat jadi membeli bensin non subsidi), tidak bisa dipungkiri menjadikan keadilan bagi seluruh rakyat, ga kaya & miskin bayarnya sama..

Bentar lg elpiji 3 kg.. 😁
Quote:


maarif member bpipemoticon-Leh Uga
Kan auto pilot pemerintahan kmren
image-url-apps
jelas sia sia , udah lunasin imf sekarang nambah lagi emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Sejak jadi anggota bpip bahkan sejak jokok jadik petugas partai mungkin otak buya kenak cuci

emoticon-Sorry
image-url-apps
Sangat setuju.
bila hanya meniru strategi poliik rezim sebelumnya yg fokus pada jawa dan sekitar tentulan jokowi akan dgn mudah memenangkem periode kedua namun jokowi tak seperti itu..beliau tulus membangun demi bangsa tanpa perlu embel embel citra elektabilitas.
Umat bijak tentulah pilih pemimpin yg tulus ganemoticon-Smilie
image-url-apps
Quote:


gue dari dulu di ajari guru ppkn kalo keadilan sama kesetaraan itu beda
tidak berbuat apa-apa gapapa yg penting masyarakat akur.
lah sekarang berbuat banyak malah memecah belah bangsaemoticon-Malu