alexa-tracking

Siapkan Infrastruktur Maksimal untuk Mudik, PUPR Layani Masyarakat Lewat Aplikasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18ef7196bde624368b457f/siapkan-infrastruktur-maksimal-untuk-mudik-pupr-layani-masyarakat-lewat-aplikasi
Siapkan Infrastruktur Maksimal untuk Mudik, PUPR Layani Masyarakat Lewat Aplikasi
Siapkan Infrastruktur Maksimal untuk Mudik, PUPR Layani Masyarakat Lewat Aplikasi

JPP, JAKARTA - Telah menyiapkan secara maksimal infrastruktur mudik jelang Lebaran 2018, baik jalan tol dan jalan nasional, Kementerian PUPR mengajak masyarakat menggunakan aplikasi-aplikasi digital yang disediakan, demi memudahkan pemudik.

 Demikian disampaikan Kepala Sub Direktorat Analisa Data dan Pengembangan Sistem Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Nazib Faisal, dalam Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema "Mudik 2018 Guyub, Aman, dan Nyaman" di Ruang Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (7/6/2018).



Khusus jalan nasional, Nazib menerangkan, PUPR telah menyiapkan di Pulau Jawa sebanyak tiga lintasan.  Yakni, lintas utara 1.300 km (dari Merak, Banten, Banyuwangi). Kemudian, lintas tengah (jkt, padalarang, bandung, kebumen, yogya) sejauh 1.197 km.

Sedangkan untuk lintas selatan, atau Pansela,  Nazib mengatakan, terbentang infrastruktur jalan sejauh 1.405 km.

“Diharapkan dengan kehadiran pansela, secara ekonomi, bisa mengakselerasi roda ekonomi di kawasan selatan, dan memecah traffict. Sebab, kami khawatir dengan jalur tol sepanjang 700 km, semua masyarakat memakai tol. Padahal sebenarnya, lintas Pansela dan juga lainnya tidak kalah nice. Katena tercatat, ada 23 pantai di J, 19 Jateng, dan juga Jatim,” katanya.

Terkait infrastruktur tersebut, Nazib mengatakan, kondisi kemantapan jalan pada jalur mudik kali ini telah mencapai rata-rata 90 persen.

“Apa itu yang dimaksud dengan kemantapan, kami menyebutkan, kalau naik mobil bsa tidur, itu artinya mantap. Itu seperti saat melintas di Tol Jagorawi,” tuturnya.



Jalan Tol

Terkait jalan tol, Nazib menjelaskan, total panjangnya mencapai 760 km. “Alhamdulillah sekarang memang sudah tembus Jakarta-Surabaya,” katanya.

Tapi, menurut Nazib, ruas tol tersebut masih dibagi menjadi dua tipe. Yakni, sambung dia, sepanjang 525 km bersifat operasional. Dan, tambah dia, sepanjang 235 km sifatnya fungsional.

“Operasional itu maksudnya sudah siap fungsinya, sudah bayar juga. Sedangkan kalau fungsional, belum terlalu rapi tapi sudah bisa digunakan,” tuturnya.

Khusus ruas tol Jakarta, Cipali, Brebes, sampai Pemalang, Nazib mengatakan, sudah operasional. Namun dari Pemalang menuju Batang, kata dia, masih fungsional.

“Di sekitaran Jembatan Kalikuto, tepatnya di dekat Waleri, kami sedang melakukan decking system. Dan diprediksikan, penutupan struktur atas pada Senin depan. Semoga H-2 sudah bisa digunakan,” tuturnya.

Kendati masih ada pengerjaan infrastruktur, Nazib mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan opsi di sekitaran lokasi jembatan tersebut. “Yakni, bagi pemudik yang sudah melakukan aktivitas esok, kami sudah menyiapkan opsi, yakni keluar ke kiri, Gerinsing, 500 meter masuk lagi,” tandasnya.

Kondisi serupa, menurut Nazib, juga sempat didapati di jalur Salatiga-Solo, khususnya di Jembatan Kali Kenteng. “Namun saat ini, jalan di Jembatan Kali Kenteng Kalikenteng sudah siap,” tuturnya.

Sementara itu, Nazib mengatakan, di Sragen-Ngawi sudah sejauh 51 km yang fungsional. Sedangkan dii Wilangan-Kertosoni, kata dia, sepanjang 30 km masih fungsional.

“Intinya, sudah bisa dikatakan bahwa Trans Jawa Tol sudah terwujud, tinggal finishing,” katanya.

Di Sumatra, Nazib menjelaskan, jalan tol sepanjang  240 km sudah fungsional. Yakni, kata dia, Medan-Kualanamu-Tebingtinggi. Kemudian, tambah dia, di Pelabuhan Belawan-Kualanamu juga sudah.

Overall (jalan) sudah buka sampai Gunung Sugih di Lampung Utara, “ katanya.



Siapkan Posko  

“Seiring dengan infrastruktur jalan itu, PUPR juga menyiapkan, 588 posko yang tersebar dari Sabang—Merauke. Di mana sebanyak sekitar seperempat di antaranya terdapat di Pulau Jawa, dengan perincian sebanyak 22 Jawa Barat, 23 di Jawa Tengah, 27 di Jawa Timur, dan juga di DIY,” kata Nazib .

Di posko tersebut, menurut Nazib, akan disiapsiagakan operator alat berat, musala, tempat istirahat, dan juga dispenser.

Selain itu, Nazib mengatakan, PUPR juga menyediakan fasilitas mobile pendukung. Itu terdiri dari, kata dia, 26 unit toilet (khususnya wanita), 30 mobil tinja, 4 toilet kabin di rest area.

“Semua itu tersebar mulai dari Cikampek, Cipali, Pemalang, hingga Solo,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Nazib menjelaskan, bagi pemudik juga disediakan 40 mobile reader, 50 top up tunai di rest area. Lalu, kata dia, setiap  20 Km ada parking bay, di rest area.

“Kami juga ada call via WA centre, di nomor 081283835757. Jadi kalau ada sesuatu jangan ragu menghubungi WA. Layanan ini juga terhubung dengan TMC Polri. Intinya masyarakat itu adalah warga yang harus dilindungi, ” katanya.  

Turut hadir sebagai narasumber FMB 9 kali ini, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub Bambang Priharton dan Vice President Operation Management PT Jasa Marga Bagus Cahya AB.

Kegiatan FMB 9 juga bisa diikuti secara langsung di: www.fmb9.id, FMB9ID (Twitter), FMB9.ID (Instagram), FMB9.ID (Facebook), dan FMB9ID (Youtube). (nur)

 


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/infrastru...lewat-aplikasi

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Siapkan Infrastruktur Maksimal untuk Mudik, PUPR Layani Masyarakat Lewat Aplikasi Kembangkan Kawasan Tambak Indramayu, PUPR Bangun Infrastruktur Terpadu

- Siapkan Infrastruktur Maksimal untuk Mudik, PUPR Layani Masyarakat Lewat Aplikasi Pembangunan Jalan Trans Maluku di Pulau Seram Tembus 640 Km

- Siapkan Infrastruktur Maksimal untuk Mudik, PUPR Layani Masyarakat Lewat Aplikasi Kesiapan SPBU Menyalurkan Premium di Wilayah Jawa