alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Konflik Dalam Kantor Bisa Tingkatkan Produktivitas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18e25556e6af860e8b456e/konflik-dalam-kantor-bisa-tingkatkan-produktivitas

Konflik Dalam Kantor Bisa Tingkatkan Produktivitas

Konflik Dalam Kantor Bisa Tingkatkan Produktivitas

Ketika Jennifer Iannolo meluncurkan siaran podcast yang membahas tentang makanan, 12 tahun lalu, hal-hal tidak selalu berjalan dengan lancar.

Bersama dengan rekannya, Iannolo mengunjungi para koki, petani, dan pembuat wine dan membagikan kisah mereka. Namun, mereka berdua tidak selalu akur. Bahkan, Iannolo dan rekannya pernah berdebat sambil berteriak di Machu Picchu yang dikenal sebagai tempat yang tenang.

“Hampir sepanjang waktu, kami selalu berkonfrontasi,” ujar Iannolo.

Konflik terjadi karena mereka berdua memiliki kepribadian yang kuat dan menikmati menjadi “sorotan”.

“Kami juga sering berdebat karena perbedaan sudut pandang kreatif. Terutama tentang bagaimana menyajikan program kami,” cerita Iannolo.

Setelah banyak pertengkaran, kekhawatiran, dan saling mendiamkan, mereka sadar pola komunikasi seperti ini tidak bisa dilanjutkan. Jadi, Iannolo dan rekannya duduk bersama dan membicarakan bisnisnya dari awal. Mereka mencoba menyampaikan pendapat masing-masing tanpa menghakimi.

Sebagai hasil diskusi, Iannolo mulai fokus mengurus hal internal perusahaan, sementara rekannya bertanggung jawab untuk perkembangan eksternal. Adanya konflik dan perselisihan ternyata justru membuat mereka mencapai hubungan simbiosis – menyelamatkan bisnis juga persahabatan.

“Kami sepakat bahwa tidak peduli apa pun yang terjadi pada perusahaan, kami harus memperlakukan satu sama lain dengan hormat sebagai sesama manusia,” papar Iannolo.

Kesepakatan itu menjadi kunci untuk menjalankan bisnis bersama. Itulah sebabnya mengapa para ahli mengatakan konflik tidak selalu buruk.

Damali Peterman, pengacara dan mediatordari Damali Law, mengatakan, meskipun sering dianggap sebagai hal negatif, namun konflik merupakan sesuatu yang alami dan menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari di kantor.

“Konflik bermanfaat bagi pekerjaan itu sendiri, apabila tujuannya memajukan tim dan karier. Itu juga membuat kita lebih produktif, kreatif, dan mampu mencari solusi dengan lebih baik,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Suzanne Vickberg, manajer senior di Deloitte dan pengarang buku Bussiness Chemistry: Practical Magic for Crafting Powerful Work Relationship.

“Jangan salah, konflik pun dapat menajamkan ide. Kita bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang baru dan berbeda. Ketika ada konflik, targetkan itu kepada pekerjaan, bukan ke orang lain,” sarannya.

Menurut Vickberg, jika memiliki masalah dengan rekan kerja, sesekali Anda bisa membiarkannya. Apalagi jika jarang berinteraksi rutin dengannya. Namun, jika memang harus dibahas, katakan tentang perbedaan pendapat dan cobalah untuk saling mengerti.

Bila konflik tak bisa diselesaikan sendiri, Anda bisa membawa masalahnya kepada atasan, atau meminta bantuan kepada HRD sebagai pihak yang netral.

sumber

Pertamax
mungkin lebih ke jiwa saingnya yg meningkat ya emoticon-Big Grin
manajemen konflik ngeri ngeri sedap
Saya percaya bahwa untuk sukses dalam bidang kehidupan apa pun, Anda membutuhkan keragaman. Dan keragaman terkadang menciptakan konflik. Jangan khawatir, konflik ini sangat membantu jika tidak bersifat pribadi. Konflik membantu dalam pandangan dan gagasan jujur yang meningkatkan produktivitas.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di