alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18ddea56e6af112a8b4567/jadwal-bukber-padat-ini-5-tips-agar-kantong-tidak-bolong

Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong

Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong

Agan dan aganwati pasti punya jadwal buka bersama (bukber) saat bulan puasa, iya kan? Sekali atau dua kali pasti menyenangkan, tapi jika sudah berkali-kali, agan dan aganwati mulai khawatir dengan pengeluaran nggak sih? Karena bagaimanapun, mengikuti banyak bukber pasti membutuhkan dana yang bisa saja tidak sedikit. Apalagi di bulan puasa pengeluaran pasti bertambah dibandingkan bulan lainnya.

Mengikuti acara bukber sendiri bukanlah hal yang buruk dan barangkali merupakan kegiatan penting untuk bersilaturahmi. Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa hemat meski ada banyak acara buka bersama? Inilah pentingnya pengaturan uang di bulan puasa, gansis.

Asalkan agan dan aganwati mengelola dan menggunakan uang dengan baik, agan dan aganwati pasti bisa ikut bukber tanpa harus menghabiskan uang bulanan. Beberapa di antaranya, gansis bisa menerapkan 5 tips hemat uang saat bukber berikut ini.


1. Tentukan Jumlah Uang untuk Berbuka Bersama

Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong

Untuk menghindari penggunaan uang yang berlebihan, agan dan aganwati harus menyiapkan semua biaya di awal, termasuk untuk biaya buka puasa bersama. Jika perlu, agan bisa memisahkan uang untuk bukber saat menerima uang gajian. Tentukan berapa total uang yang agan bawa dan gunakan saat akan bukber. Usahakan membawa uang tunai agar tidak mengeluarkan lebih dari yang seharusnya.

2. Pilih Bukber yang Penting Saja

Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong

Tidak ada keharusan untuk mengikuti semua undangan bukber yang agan dan aganwati terima. Agan bisa menentukan prioritas dan pilih acara bukber yang penting saja. Dengan menyeleksi kembali undangan bukber, agan bisa menghemat lebih banyak uang. Selain itu, agan memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga dan beribadah.

3. Manfaatkan Adanya Promo

Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong

Bulan puasa ini bulannya promo. Agan bisa memanfaatkannya untuk menghemat pengeluaran, nih. Sayangnya, tidak semua restoran memiliki promo. Selain itu, belum tentu agan dan teman-teman memilih tempat makan yang memiliki promo.

Jika begitu, agan harus pintar mengakalinya. Pertama, selalu update dan mencari informasi mengenai promo atau tempat makan murah. Kedua, ajukan tempat makan pilihan gansis tersebut pada teman atau keluarga agar agan tetap bisa berhemat saat ikut buka bersama.

4. Pilih Menu Paket

Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong

Selain promo, restoran atau tempat makan memiliki menu paket yang sudah berisi makanan dan minuman sehingga bisa lebih murah. Agan dan aganwati bisa memanfaatkan menu paket ini untuk berhemat.

Menu paket ini umumnya selalu ada di banyak restoran. Jadi, jika tidak ada promo yang bisa agan manfaatkan, pilih saja menu paket di tempat makan tersebut. Biaya bukber pasti bisa lebih ringan.

5. Buka Puasa Bersama dengan Cara yang Berbeda

Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong

Siapa bilang bukber harus makan bersama di mal atau restoran? Agan bisa mencoba cara baru yang lebih berkesan dan yang pasti lebih hemat biaya. Misalnya, acara bukber dengan belanja bahan makanan dan memasak bersama.

Cara lain, agan juga bisa mengajak teman-teman bukber dengan sistem potluck. Setiap orang membawa makanan atau minuman tertentu yang sudah disepakati untuk dimakan bersama-sama. Dengan begitu, tidak ada orang yang membawa makanan yang sama. Cara ini pasti jauh lebih hemat dari segi biaya, gan.

Cara lain, buka puasa dengan cara patungan. Agan dan teman-teman mungkin buka puasa bersama di mal atau tempat makan. Namun, agan dan teman-teman sudah janjian untuk membayarnya secara patungan. Seru, bukan? Biaya makan bisa ditanggung bersama dan tentunya agan dan teman-teman menjadi lebih hati-hati dalam memesan makanan.



==========


Satu hal yang tidak boleh dilupakan di bulan puasa meskipun pengeluaran lebih banyak, yakni rencana keuangan agan dan aganwati. Lakukan rencana keuangan seperti biasanya. Jika agan harus membeli emas bulan ini, usahakan agar rencana tersebut tetap berjalan. Jika tidak bisa membeli dalam ukuran besar, agan masih bisa membeli emas dalam nominal kecil.

Beberapa tempat memungkinkan gansis untuk membeli emas dalam nominal kecil, seperti di aplikasi e-mas. Di aplikasi e-mas setahu ane, agan bisa membeli emas mulai dari Rp10.000,-an. Jadi, meskipun jumlahnya lebih sedikit dari biasanya, yang penting rutinitas investasi agan dan aganwati tidak berubah. Selamat menjalankan ibadah puasa!





Sumber Artikel
Diubah oleh dimasgaharu
Urutan Terlama
Jadwal Bukber Padat? Ini 5 Tips Agar Kantong Tidak Bolong


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di