alexa-tracking

Puncak Arus Mudik Diprediksi Jumat hingga Sabtu Minggu Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18db07de2cf27d7a8b4567/puncak-arus-mudik-diprediksi-jumat-hingga-sabtu-minggu-ini
Puncak Arus Mudik Diprediksi Jumat hingga Sabtu Minggu Ini
Puncak Arus Mudik Diprediksi Jumat hingga Sabtu Minggu Ini
Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus mudik Lebaran akan bergeser dari kebiasaan di tahun-tahun sebelumnya. Prediksinya akan terjadi pada Jumat-Sabtu, 8-9 Juni 2018.


Direktur Angkutan dan Multi Moda Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Cucu Mulyana mengatakan, Kemenhub sebelumnya memprediksi puncak arus mudik Lebaran akan terjadi pada H-3 dan H-2. Hal ini sama seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

‎”Puncak Lebaran tahun ini baru. Kita melakukan survei potensi pemudik, Maret lalu sudah kita lakukan. Ini line dengan data story kita di mana waktu favorit (masyarakat mudik) pada H-3 dan H-2,” ujar dia di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (6/6/2018).

Namun, lantaran adanya tambahan cuti bersama yang ditetapkan pemerintah, ujar Cucu, puncak arus mudik diperkirakan akan mengalami pergeseran, yaitu maju lebih awal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan adanya cuti bersama, kita survei lagi. Puncaknya bergeser menjadi H-7 dan H-6, atau Jumat-Sabtu (8-9 Juni 2018) jadi puncak arus mudik,” tutur Cuti.

Sebagai antisipasi dari puncak arus mudik tersebut, Kemenhub juga telah mengimbau angkutan barang, seperti truk, untuk tidak melintas di ruas Tol‎ Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Merak. Imbauan tersebut berlangsung pada 8 Juni pukul 18.00 WIB hingga 9 Juni pukul ‎24.00 WIB.


Cucu mengatakan, imbauan ini menyusul prediksi pergeseran puncak arus mudik Lebaran tahun ini akibat adanya cuti bersama tambahan yang telah ditetapkan pemerintah.



‎”Mulai hari Jumat tanggal 8 jam 18.00 WIB sampai tanggal 9 jam 24.00 diimbau untuk tidak beroperasi. Untuk Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Merak. Jalan arteri nasional tidak masalah. Tidak ada larangan, kecuali ditetapkan,” ucap dia.



Namun demikian, pembatasan angkutan barang pada arus mudik Lebaran tetap berlaku. Pembatasan tersebut berlaku pada H-3 sampai H-1 dan H+6 hingga H+8 Lebaran.



“Terkait pembatasan angkutan barang H-3 sampai H-1 dan H+6 sampai H+8. Berdasarkan hasil survei terkini kita antisipasi,” kata dia.



Selain itu, pihak Kepolisian dan Jasa Marga juga akan melakukan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi kemacetan di jalan tol. Soal macet di gerbang tol, Jasa Marga akan menyiagakan gerbang tol berjalan. Artinya, akan ada petugas yang jemput bola ke pengemudi kendaraan.


Nah, bila macetnya parah, Kepolisian dan Jasa Marga akan menggratiskan pintu tol agar lalu lintas kembali lancar.

Sumber
image-url-apps
hah, sdh pada libur nih?
akibat pembangunan ga merata nih & hanya berpusat di jakarta, jadinya setiap setahun sekali negara musti direpotkan dengan perkara mudik.
KASKUS Ads
VIRAL DI JALUR MUDIK:

lah, libur aja belum uda mudik aja. emoticon-Bingung
besok nih bakalan macet total emoticon-Traveller
sabtu malam setelah isya....ggaaasss ke SOLO....emoticon-Keep Posting Gan
image-url-apps
lu lu pada lewat tol aja ya biar gue lewat pantura : nggak
image-url-apps
Quote:

Mangpir ke tpt ane gan,,,kestalan...:smile
×