alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18d8055a5163c8718b4572/asida--dodol-khas-ambon-yang-jadi-favorit-saat--ramadan-tiba

Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba

Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba

Bila Agan termasuk salah satu orang yang suka mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa, tak ada salahnya kalau kamu mencoba makanan manis khas Ambon yang ramai dijumpai terutama saat Ramadan ini Gan! Namanya Asida!

Asida atau Asidah bisa dibilang dodol khas Ambon. Disebut demikian karena makanan ini memiliki tekstur kenyal seperti dodol Gan!

Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba
Foto: brilio

Dalam sejarah perkembangannya,Asida sebenarnya merupakan makanan yang berasal dari Arab. Banyak warga Arab dan Afrika Utara yang biasa menyantap makanan ini sebagai sarapan pagi atau cemilan di malam hari.

Makanan ini kemudian masuk ke Indonesia berkat peran para pedagang Arab yang datang dan menyebarkan agama Islam di Nusantara. Hingga akhirnya kini menu makanan manis yang satu ini sudah menyebar ke seluruh lapisan masyarakat dan menjadi salah satu camilan favorit terutama bagi warga keturunan Arab dan Ambon saat bulan Ramadan tiba.


Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba
Foto: wennyledwar.files.wordpress.com

Asida sendiri terbilang makanan dengan bahan-bahan yang sangat sederhana. Bahan utamanya hanyalah terigu dan gula merah dengan bahan tambahan berupa kapulaga, daun pandan dan kayu manis. Semua bahan ini kemudian dicampur dengan air dan dipanaskan sambil terus diaduk hingga teksturnya kental menyerupai dodol. Setelah itu adonan yang mengental pun dicetak dalam bentuk seperti kubah dengan bagian tengah dibuat agak berlubang. Di lubang ini lah kemudian mentega cair dituangkan dan jadilah Asida yang bisa kamu sajikan dan santap saat berbuka Gan!

Rasanya tak usah diragukan enaknya Gan. Tekstur asli Asida tidak sekenyal dodol karena bahannya terbuat dari tepung terigu dan bukan tepung ketan. Meski demikian tekstur kenyal dengan campuran rasa manis dan aroma kayu manis di dalamnya akan membuat gigitan demi gigitan terasa nikmat kamu rasakan.

Asida, Dodol Khas Ambon yang Jadi Favorit Saat Ramadan Tiba
Foto: pictasite.com/post/Beoo1Apn7Xw

Biasanya saat bulan Ramadan tiba, Asida akan banyak kamu jumpai sebagai makanan berbuka puasa yang dijual di tenda-tenda makanan pinggir jalan yang ada di Ambon. Kalau tidak sempat ke sana langsung untuk mencicipinya, Agan juga bisa loh mencoba membuat sendiri dodol khas Ambon yang satu ini dan rasakan manis dan nikmatnya saat berbuka puasa nanti tiba. Biar makin nikmat, jangan lupa nikmati Asida dengan ditemani segelas teh hangat ya.

sumber-sumber- sumber




Baca juga thread kuliner khas Ramadan lainnya:
Piyaji dan Beguni, Cemilan Gorengan Khas Berbuka di Bangladesh Sana
Wadai Ipau, Lasagna Versi Lokal Yang Jadi Menu Khas Ramadan
Putu Cangkir, Kudapan Khas Ramadan Dari Makassar
Pakat, Pucuk Rotan yang Jadi Menu Ramadan Khas Mandailing dan Tapanuli Selatan

Urutan Terlama
makanan enak nih... ambon maniseeeemoticon-Salam Kenal
Diubah oleh bijikude


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di