alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Insiden Gerbang Xuan Wu
4.5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18d02b60e24b45508b4591/insiden-gerbang-xuan-wu

Insiden Gerbang Xuan Wu

Insiden Gerbang Xuan Wu

Ambush illustration

Insiden gerbang Xuanwu adalah sebuah insiden kudeta yang dilakukan oleh Li shi min untuk mendapatkan tahta dinasti Tang pada tanggal 2 Juli 626. Saat itu Pangeran Li Shimin (Pangeran Qin) bersama para pengikutnya membunuh Putra Mahkota yang sah, Li Jiancheng yang merupakan kakak kandungnya sendiri dan adiknya Pangeran Li Yuanji (Pangeran Qi). Li Shimin, putra kedua Kaisar Gaozu memang saat itu sedang dalam perselisihan yang sengit dengan kakak lelakinya, Li Jiancheng dan adik lelakinya Li Yuanji. Diapun merencanakan dan mengatur sebuah penyergapan di Gerbang Xuanwu, gerbang utara menuju lingkungan Istana di ibukota kekaisaran Chang'an. Di sana, Li Jiancheng dan Li Yuanji dibunuh oleh Li Shimin dan anak buahnya. Tiga hari setelah kejadian tersebut, Li Shimin akhirnya dinaikan sebagai putra mahkota. Kaisar Gaozu sendiri turun tahta enam puluh hari kemudian dan menyerahkan tahta pada Li Shimin sebagai kaisar Taizong.

Spoiler for Penyebab kudeta:


Spoiler for Detik-detik bentrokan:


Spoiler for Hari Kudeta:


Spoiler for Li shimin naik tahta:


Sumber
Sumber
Sumber
Halaman 1 dari 11
parah. sesama sodara saling bunuh dan fitnah. belum cukup sampe disitu, yg menang sampe rela bunuh ponakannya sendiri krn dihantui ketakutan mereka bakal balas dendam... ditambah lagi masih mengambil bini sodaranya sendiri yg tewas dibunuh sebagai selir.
emoticon-Cape d...
panjang bener ceritanya, sadis juga si adik
Quote:


namanya tahta, itulah yang terjadi kalo misalkan jd bangsawan jaman dulu, apalagi masih keluarga kekaisaran dan memiliki kans yang tinggi untuk meraih kekuasaan. Masalahnya antara li jiancheng dan li shimin itu sama2 berjasa besar bagi dinasti tang awal2, makanya jadi runcing gitu, ditambah Gaozu yang terkesan plin plan dalam memilih calon pewarisnya. Ada beberapa catatan yang menyatakan gaozu sempat menjanjikan ahli waris kepada li simin, dan juga li jiancheng yg terkesan menganggap enteng ancaman dari Li shimin.

Btw baim li jiancheng maupun Li shimin itu sama2 capable dalam urusan militer, makanya kaisar Gaozu bisa dibilang bimbang diantara mereka berdua. Berdirinya dinasty Tang juga ga lepas dari perjuangan 2 saudara ini dalam merebut kota2 terpenting bagi embrio Tang.
Quote:


lebih tepatnya cerdik dan licik, dibanding kakaknya yang terkesan entengin. Lishimin sendiri menyadari, melawan Li jiancheng dalam perang terbuka bukanlah hal yang mudah karena Li jiancheng juga hebat dalam hal militer.
ada film komersialnya ga gan?
Ini basic cerita film nya Chow Yun Fat dan Jay Chou
Curse of Golden Flower itu bukan sih ?
Suksesi khalifah di Utsmani juga kayak gini gan... Malah emang sengaja diplot supaya pangeran-pangeran itu saling bunuh supaya yang naik tahta itulah yang terkuat. Miris juga karena Islam tapi kok ada budaya begini. Mungkin kapan2 bisa dibahas juga nih suksesi khalifah di Utsmaniyah.
Quote:


Udah dibahas di thread gubuk sejarah nya om Ross.
Sistem Suksesi di Ottoman memang unik dan brutal dimana Pangeran yg jadi Padhisah Sultan akan memerintahkan utk mengeksekusi Pangeran lain meskipun itu sekandung.
Cara eksekusi macem2 ada yg dicekik, dipenghal bahkan ditenggelamin di selat bosphorus.
Cara ini dipakai di era Selim II.
Tujuannya justru utk menghindari perang terbuka antar pangeran dalam perebutan tahta.
Eksekusi utk tujuan suksesi itu dilakukan secara tertutup Sehingga stabilitas Ottoman akan terjaga dan rakyat tidak jadi korban karena perang.
Ane pun miris melihat cara Ottoman dlm melakukan suksesi tp dilihat dari faktor sejarah hal ini bisa dimaklumi karena Ottoman pernah mengalami masa Interegnum Perang Saudara dari tahun 1401 - 1412 yg hampir bikin Ottoman Kolaps. Bahkan setiap kali Sultan lama wafat para pangeran akan membentuk faksi2 nya sendiri dan saling berperang.
Tapi sejak era Ahmed I naik tahta dipilih cara yg lebih manusiawi dimana dia tidak perlu membunuh saudaranya sendiri. YAitu dg menjadikan saudara nya sebagai tahanan di kafez nya tanpa diberi jabatan politik apapun sepanjang hidup( sebelum nya para pangeran akan dikirim ke propinsi sbg gubernur) . Pangeran tersebut baru boleh keluar kafez jika sang Sultan wafat dan dia ditunjuk jadi Sultan baru.
Ancaman kematian pangeran tetap muncul sewaktu2 tapi kesempatan hidup jadi lebih besar.
Krena itulah penghuni Istana Harem termasuk pangeran hidupnya jadi paranoid, introvert dan mungkin relijius karena kematian di istana bisa datang kapan aja. emoticon-Big Grin
Diubah oleh mamorukun
Quote:


berarti pada saat penyergapan, Li Jiancheng dan Li Juanyi tidak membawa pasukan yang lumayan banyak kah? atau setidaknya pasukan pengawal terlatih? karena dari artikel di atas, Li Jiancheng sepertinya dapat dibunuh dengan mudah.
Quote:


Hampir mirip tapi kayakny bukan kejadian itu.

Quote:


Dari yang w baca, li jiancheng malah ga mengira dia akan disergap dan dibunuh, satu sisi mungkin anggapny masih saudara ga mungkin smpe bunuh2an.
Di waktu sebelumnya, malah li jiancheng disarankan untuk membunuh li shi min terlebih dahulu karena keliatan bgt hasrat li shimin, tapi li jianceng masih ragu2, antara rasa kasihan atau terlalu PD.
Mungkin di hari kejadian pun tampakny li jiancheng masih yakin li shimin gamungkin nembakin panahnya ke arah dia, hal itu terbaca dari saat penyergapan li jiancheng masih menjawab teriakan li shimin.
Diubah oleh liamonters
Quote:


Hmmm...berarti kudeta ini sebenarnya hanya berdasarkan kekhawatiran dan paranoi Li Shi Min sendiri? Btw, apa yang membuat insiden gerbang Xuan Wu ini begitu fenomenal? Bukankah ada banyak kudeta sepanjang sejarah kekaisaran China.
Quote:


sebenarnya sih bukan paranoid, tapi lebih kepada gamau kehilangan momentum, seandainya Li shimin ga melalukan penyergapan, dia akan kehilangan kesempatan untuk merebut tahta kakaknya, begitupun apabila kakakny naik tahta menjadi kaisar, maka kemungkinan nasib li shimin akan dipreteli kekuatannya dan dibuang ke wilayah lain tanpa kekuatan (itupun kalo dikasih hidup). Karena Li shimin sendiri tahu, selama ini dia selalu berusaha untuk merebut hak kakaknya dan kakakny itu bukannya ga tau loh, tapi lebih kepada cuek dan disaat itu juga status mereka masih sama2 pangeran.

Kenapa jadi populer? Karena itu salah satu tragedy yang cukup tidak biasa dimana adik sampai membunuh 2 saudaranya dan itu dilakukan percis didpn gerbang masuk ke istana utama ke istana kekaisaran dan juga Karena kelak Li shimin sendiri jadi kaisar dan dijuluki Taizhong sekaligus tiankehan ( julukan dari tujue gokturks) karena li shimin berhasil mengalahkan 2 kerajaan Tujue sekaligus. Jadi bisa dibilang Taizong (lishimin) salah satu kaisar terbesar dinasti Tang dan salah satu era terkuat dinasti di China. Ditambah bumbu2 folklore masyarakat, makanya hari ini ada legenda dewa penjaga pintu yang sebenarnya gambar yuchi dan satu lagi ane lupa, kedua org itu merupakan jendral kepercayaan Li shimin karena menurut legenda, li shimin takut didatengin hantu kedua saudaranya untuk dimintai pertanggung jawaban. Tentang legenda itu, ane gatau kebenarannya seperti apa, tapi ya namanya legenda pasti sudah dibumbu2i folklore.
Bagian kuda ini menarik. Bahas lebih panjang dong.
Quote:


Tang ini salah satu dinasty yang sangat mengagungkan kuda dan kavalery. jumlah kuda di dinasty tang bertambah berlipat ganda dibanding sebelummya, bahkan dibentuk suatu satuan khusus untuk merawat dan mengembangkan segalanya tentang kuda.

http://chungantiques.com/chinese-ant...ynasty-618-907
Ini ada satu artikel yang membahas secara cukup lengkap kuda dinasty Tang.

Hal ini cukup beralasan karena pendiri dinasty Tang sendiri awalnya adalah jendral kavalery kerajaan dan dia bersama kedua puteranya itu merebut banyak kota-kota penting dengan pasukan berkudanya.

Hal ini pula yang membuat Tang melakukan ekspansi ke wilayah nomad Gokturks Tujue untuk merebut kuda2 mereka disamping balas dendam dan untuk menundukan satu2nya ancaman paling nyata bagi dinasty kerajaan2 China sejak dari dulu. Selain jumlah rider yang bertambah, dizaman Tang pula mereka sudah mengenal mount archer.
Quote:


ini narasinya jadi agak berat melawan Li Shimin.

padahal ane melihat Li Shimin sebagai yang jadi korban padahal prestasinya begitu besar. sebelumnya ayahnya memberontak, Li Shimin sudah membuktikan dirinya secara militer. ketika kakaknya ditinggal di rumah, adalah Li Shimin yang menemani ayahnya memberontak melawan Sui. bahkan adalah nasihat Li Shimin beserta kemampuan anaknya tersebut yang membuat Li Yuan (Gaozu) jadi memberontak.

setelah membentuk Tang sekalipun adalah Li Shimin yang mengurusi penaklukan hingga penumpasan pemberontakan. all in all semua pekerjaan diemban oleh Li Shimin ketika ayah dan kakaknya main kaisar-kaisaran di ibukota. sudah begitu Li Shimin tampak anteng-anteng saja. padahal praktis unfikasi china dilakukan oleh Li Shimin seorang untuk Tang.

justru kakaknya lah yang pertama kali atas hasutan konco-konconya mulai mencabuti sekutu terdekat Li Shimin. ia membuang para sekutu, dan juga menarik para jendral, hingga praktis Li Shimin hanya sendiri tanpa retainer. bahkan jendral sekaliber Yuchi Jingde saja sampai dikerjai dengan tuduhan palsu ketika tidak bisa dibeli, dan tidak bisa dibuang dari sisi Li Shimin.

hal inilah yang memuat Li Shimin akhirnya bertindak. walau ia senantiasa diam walau para retainernya memohonnya agar bertindak atas ketidakadilan ini, pada akhirnya Li Shimin bergerak setelah Yuchi Jingde bilang setelah ia nyaris dibunuh assassin "kalau pangeran tidak bertindak maka saya akan kabur saja dari ibukota dan hidup di alam liar daripada menunggu di sini untuk diikat dan dibunuh"

jadi memang kesalahan lebih berat di pihak sebelah. Li Shimin bahkan tidak membalas, indikasi bahwa ia berusaha netral. hanya paranoid dari Li Jiancheng lah yang membuat Li Shimin terpaksa berontak karena mereka jelas-jelas menghadapi penumpasan. jadi situasinya memang hidup-mati bagi Li Shimin dan retainernya.
Quote:


well pernah baca beberapa teks yang kontradiksi, ada yang mengatakan sebenarnya dibalik perseturuan justru karena hasutan dari li yuanji, li jiancheng awalny cuek jd ikut terpengaruh, tapi bagaimanapun juga tetap li shimin memang lebih capable naik jadi kaisar. li jiancheng agak cuek orangnya dan tidak cocok menjadi kaisar. emtah seandainya li jiancheng naik jd kaisar, entah turk timur akan berhasil diinvansi atau tidak, berbeda dgn li shimin yg sudah memberikan bukti kepada sejarah.

Btw pasukan w di ibukota jadi nyusut bgt emoticon-Leh Uga
Quote:


Mungkin tradisi dari semenjak Islam belum ada.

Kan banyak tuh yg kaya gitu
Quote:


Aneh ya

Trus aturan suksesi sultan disana gimana? apa sama kek di kerajaan Inggris? Yang menentukan siapa yg jadi Sultan selanjutnya siapa?
Quote:


pada intinya suksesi tetap berada di pihak anak raja yang sah dan berasal dari permaisuri / istri sah raja, bedanya kalau di eropa umumny istrinya rata2 satu(sisanya gundik dan biasanya anak mereka jatuhnya haram dan gabakal dianggap), hal itu berbeda dgn di timur yang punya banyak selir maupun permaisuri, nah anak2 mereka akan mengancam pewaris sah dimasa depannya, makany di timur cenderung lebih brutal kalo masalah suksesi
Quote:


Dibilang ajaran Islam gak tepat juga karena tidak semua Dinasti kerajaan Islam menggunakan sistem suksesi yg sama. Bahkan utk yg sesama Turki semisal seljuk yg cenderung Federalis.
Tapi penentuan pewaris terkuat alih2 tertua kemungkinan bawaan adat nomad leluhur Ottoman.
Quote:


Di era paruh akhir kekuasaan Ottoman kekuasaan defacto beralih Valide Sultan (ibu suri) dan faksi2 konservatif lainnya , shg Sultan dipilih justru yang paling gampang dikendalikan.
Lagipula para sultan kebanyakan hidupnya dihabiskan di Istana Topkapi dg sedikit kesempatan melihat langsung kondisi rakyat. Dengan wawasan dan kemampuan terbatas maka Sultqn hanya mengandalkan pejabat disekitarnya dan cenderung nurut saja, perkecualian beberapa sultan yg punya visi pembaruan dan mau mendobrak tradisi spt Selim III.

BTW ini udah oot dg thread lebih baik pindah pembahasan ke threat gubug sejarah nya Om Ros atau hitam putih khalifah nya om bigbull.
OM liam silahkan lanjutlan cerita Li ShiMin nya
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di