alexa-tracking

KPK Cecar Bupati Bengkalis soal Duit Rp1,9 Miliar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18c263dac13e67648b457f/kpk-cecar-bupati-bengkalis-soal-duit-rp19-miliar
KPK Cecar Bupati Bengkalis soal Duit Rp1,9 Miliar
KPK Cecar Bupati Bengkalis soal Duit Rp1,9 Miliar

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Bupati Bengkalis Amril Mukminin di Mako Brimob Pekanbaru, Kamis, 7 Juni 2018. Pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi proyek peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Kabupaten Bengkalis, Riau, tahun anggaran 2013-2015.


'Sebagai kelanjutan rangkaian kegiatan tim minggu ini di Riau, hari ini dilakukan pemeriksaan terhadap empat aksi, termasuk Bupati Bengkalis di Mako Brimob Pekanbaru,' kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada pewarta, Kamis, 7 Juni 2018.


Febri mengungkapkan kepada Amril, penyidik bakal mengonfirmasi aliran dana dari sejumlah perusahaan terkait sejumlah proyek di Bengkalis. Termasuk temuan duit miliaran di rumah Amril. 


'Terhadap saksi bupati kami konfirmasi terkait asal usul uang Rp1,9 miliar yang ditemukan di rumah bupati,' ujar Febri.


Ke depan, KPK juga bakal memeriksa kepala daerah dan anggota DPRD Bengkalis. Hal itu untuk menggali proses pembahasan anggaran di DPRD.


'Nanti panggilan akan disampaikan, kami ingatkan agar para saksi yang dipanggil datang dan memenuhi kewajiban hukum tersebut,' pungkas Febri.


(Baca juga: KPK Sita Rp1,9 Miliar dari Rumah Bupati Bengkalis)


KPK sebelumnya menggeledah rumah dinas Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Dalam penggeledahan itu tim menemukan uang sekitar Rp1,9 miliar.


'Dari lokasi tersebut ditemukan uang sekitar Rp1,9 miliar yang akan didalami lebih lanjut keterkaitannya dengan perkara yang sedang ditangani,' tutur Febri, Sabtu, 2 Juni 2018.


KPK sebelumnya menetapkan Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhamad Nasir sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek peningkatan jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih di Bengkalis untuk tahun anggaran 2013-2015. Selain Nasir, KPK juga menetapkan Dirut PT Mawatindo Road Construction, Hobby Siregar sebagai tersangka.


Dalam kasus ini, keduanya diduga melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, yang dapat merugikan keuangan atau perekonomian negara pada proyek tersebut.


Atas perbuatannya, kedua tersangka disangkakan Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana telah diubah dengan UU 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/yK...t-rp1-9-miliar

---

Kumpulan Berita Terkait :

- KPK Cecar Bupati Bengkalis soal Duit Rp1,9 Miliar Ruang Kerja dan Mobil Bupati Purbalingga Disegel

- KPK Cecar Bupati Bengkalis soal Duit Rp1,9 Miliar KPK Tangkap Dua Swasta di Jakara Terkait OTT Purbalingga

- KPK Cecar Bupati Bengkalis soal Duit Rp1,9 Miliar Pro Kontra Penetapan Tersangka Cakada