alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Saham /
[NEED] Temen-Temen di Cirebon dan sekitarnya yang Trading Saham
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b18a3d660e24b64088b4567/need-temen-temen-di-cirebon-dan-sekitarnya-yang-trading-saham

[NEED] Temen-Temen di Cirebon dan sekitarnya yang Trading Saham

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

Nama ane Mohamad Faqih. Ane orang Cirebon gan. Seorang karyawan yang sedang nyoba trading saham. Inti dari thread ini ANE SEDANG NYARI PARTNER TRADING SAHAM, biar bisa bertukar pikiran gan. Emang sih ane masih pemula dan modal masih minim, tapi ane pikir belajar membangun aset itu penting gan. Ane cerita dulu deh ya.

KENAPA TRADING SAHAM 

Spoiler for Mulustrasi:


Tahun 2017 kemarin ane gak sengaja download pdf nya Rich Dad Poor Dad. Nah di buku itu mengatakan pentingnya kita kerja untuk membangun aset, bukan uang. Maksudnya apa? 

Spoiler for Income Statement adn Balance Sheet:


Nah liat gambar diatas gan. Di Income statement ada kotak pemasukan dan pengeluaran. Di kolom balance ada asset dan liabilitas. Nah buku itu bilang kalau :


Quote:



Contohnya gan?

ASSET : Tanah yang ditanami, kontrakan, kos-kosan, Bisnis (yang stable dan jalan sendiri dengan sistem), saham, obligasi dll.
LIABILITAS : cicilan rumah, cicilan kendaraan, hutang, bunga hutang, pajak, biaya kehidupan sehari-hari, dll

Nah, dari buku itu ane sadar kalo ane ga punya aset (selain potensi diri dan sanak famili ya). Aset menurut ane penting karena ane bisa aja ngandelin pensiunan, tapi harus PNS atau emang perusahaan yang bonafid. Sekarang, persaingan jadi PNS berat gan, ribuan orang ikut tes buat posisi 2-3 orang aja. Selain perusahaan BUMN, kebanyakan kalau udah 2 tahun kontrak bakal dikeluarin atau diputus kerja, baru masuk lagi biar karyawan kontrak ga bisa jadi pegawai tetap. Belum lagi generasi milenial ini banyak banget pengeluaran yang gak penting, bikin tambah miskin gan. Itu yang ane pikirinemoticon-Gila.

Tapi modal ane masih terbatas buat beli tanah atau buat kos-kosan misalkan. Atau untuk nabung logam mulia, kenaikannya lambat. Apalagi deposito yg cuma dibawah 8%, lambat kenaikannya. Dan pasti kegerus inflasi yang rata-rata 8-10% setahun. Maka dari itu ane nabung di reksadana saham (ane selalu milih yang syariah) karna keuntungannya paling gede (bisa 30-40% setahun) dari reksadana yang lainnya. Tapi semakin lama ane baca-baca tentang saham ane akhirnya memutuskan untuk mengolah portofolio saham ane sendiri.

Maka dari itu baru dari Maret 2018 ane daftar di Phillips Sekuritas secara online (ane daftar yang syariah). Dan Maret itu langsung rugi. Wajar, pemula gan. Ane terusin April, di bulan ini rugi ane ketutup sama pemasukan ane gan, jadi ga rugi ga untung. Baru di bulan Mei 2018 ane bisa untung 4% dari modal ane yg ga besar. Dan ane ga perlu ngeliatin pergerakan sahamnya tiap saat gan, cuma 1-2 jam tiappagi. Ga ganggu kerjaan utama sementara gan. Tapi, ane pikir ada peningkatan dari waktu ke waktu. Ane terus belajar dan terus nyoba. Semoga bisa meningkat dengan konsisten dan tahun ini bisa 50% portofolio ane, atau bahkan 100% emoticon-Genit. AAMIIN.

Tapi, sayangnya hobi baru ane ini emang agak nyeleneh, jadi temen ane gak ada yang nyambung. Malah kebanyakan antipatiemoticon-Frown. So, makanya ane berharap di thread ini ane bisa ketemu sama temen trading, apalagi sedaerah biar bisa kopdar bareng dan bisa ngobrol lebih banyak. Syukur-syukur jodoh gan . Apalagi thread saham khusus Cirebon dst di kaskus belom ada.

Karena itu ane ninggalin kontak ane disini.
Spoiler for kontak:


kedepannya ane bakal update dengan hasil pembelajaran saham ane selama ini atau rekomendasi saham dari ane (baru belajar, jangan percaya 100% emoticon-Embarrassment). Semoga bermanfaat.

Segitu aja dari ane, monggo gan yang tertarik dengan saham walaupun belum daftar di sekuritas, apalagi orang cirebon dsk, silahkan kontak ane. Jangan lupa ramein threadnya ya gan. Tengkyu lah.

Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.
Diubah oleh: mohfaqih
Urutan Terlama
emoticon-Sundul
Update ah...

Ane mau cerita tentang 3 ilmu yang harus dimiliki dalam trading. Dan 3 hal itu sangat menentukan trading agan2 sekalian. Apa saja? Mari kita bedah satu-satu. Ane mulai dari yang paling gak penting deh.

Quote:

Apa pentingnya analisis teknikal? Pengetahuan tentang analisis teknikal menempati 10% dari kebutuhan ilmu seorang trader. Analisis teknikal menghasilkan rencana yang agan bakal buat. Pada harga berapa agan beli, jual, menambah, dan mengurangi posisi trade agan. Dan ada banyak jenis teknikal analisis. Beberapa adalah BUY ON BREAKOUT dan BUY ON WEAKNESS. Dari analisis teknikal yang dipilih, seorang trader bakal dibagi menjadi 2, yaitu SWING TRADER dan TREND FOLLOWING TRADER. Seorang trader sangat perlu mempunyai TRADING PLAN. Seperti kata pepatah, FAIL TO PLAN = PLAN TO FAIL. Kalau kita gagal atau tidak merencanakan, sama saja kita merencanakan kegagalan.

Besok ane bahas satu2 analisis teknikal dan jenis-jenis trader. Jangan lupa gan, kalau agan anak Cirebon dsk bisa hubungin ane ya gan, butuh temen banget nih buat masukan-masukan trading. Ane masih belajar...

Salam Profit.
emoticon-Wow
Diubah oleh mohfaqih

SUPPORT AND RESISTANCE

emoticon-Sundul
Ane lanjutin gan dengan jelasin salah satu analisis teknikal, yaitu SUPPORT AND RESISTANCE.

Apa sih support and resistance? Lihat mulustrasi bawah ini gan.

Spoiler for support and resistance:

Nah mulustrasi diatas adalah gambaran support dan resistance dari keadaan sideways saham ANTM. Support adalah harga psikologis dimana jika pergerakan harga yang sedang turun sudah mencapai daerah support, harga akan kembali naik (bounce). sebaliknya, Resistance adalah harga dimana jika pergerakan harga naik suatu saham sudah mencapai daerah tertentu, harge cenderung tertahan dan berbalik arah (pullback).

Perlu diperhatikan gan, disini support and resistance adalah suatu DAERAH harga, jadi tidak pasti pada harga tertentu. Bisa disebut support dan resistance jika minimal terjadi 3 kali pullback atau bounce sehingga harga suatu saham tersebut sedang sideways (bergerak menyamping).

Support dan resistance itu terjadi karena psikologis trader. Pasar financial terbentuk dari 2 emosi, FEAR and GREED. Ketakutan dan Ketamakan. Resistance terjadi karena banyak trader memasang take profit di harga tersebut karena takut harganya akan turun (bearish). Support terjadi karena banyak trader memasang order buy di harga tertentu karena merasa harga tersebut sudah murah dan harga akan mulai naik (bullish).

Biasanya, gak selalu, traders memasang buy atau take profit di harga yang bulat. Misal nih, ada traders yang bilag ke temennya "Ane mau beli ANTM di 750 deh, trus jual di harga 950." Jarang2 kan kalau traders ngomong gini, "Gan, ane mau beli ANTM di harga 785, jual di harga 985".

Gitu gan. Semoga bermanfaat.

emoticon-Sundul Up

Saham yang UPTREND

emoticon-Sundul Up

Wah, masih sepi nih. Ane post lagi dah.

Kali ini ane mau jelasin saham-saham yang lagi uptrend yang bagus buat kita beli sebagai trader gan. Sebenernya simple aja gan,
Quote:
Walaupun terdapat penurunan harga pada beberapa hari, dalam waktu yang lebih panjang saham tersebut harganya tetap naik gan.

Spoiler for Saham Uptrend:


Nah contoh di atas adalah saham dari ADMG yang sedang uptrend dari bulan Oktober. Walaupun IHSG terjun bebas, saham ini tetap uptrend gan. Di gambar diatas ane buatkan garis diagonal yang menunjukkan bahwa harganya naik terus. GAris tersebut dinamakan trendline (garis trend)

Nah, selain garis tsb, ada lagi indikator lainnya yang membantu menentukan kalau harga saham tsb sedang uptrend. Contohnya Moving Average / MA. Cara kerjanya gini gan.

Spoiler for Moving Average:


Saham diatas contohnya saham RALS, Ramayana. Selain iklannya yang lucu2, sahamnya juga masih prospek gan. Nah, gambar diatas ane kasih 3 MA gan. MA20, MA60, dan MA120. MA20 menggambarkan perubahan harga sebulan (karena market buka 20 hari sebulan, libur sabtu minggu), MA 60 menggambarkan 3 bulanan, dan MA 120 menggambarkan 6 bulanan. Nah, kalau MA yang lebih kecil berada diatas yang lebih besar secara berurutan, berarti saham tsb sedang uptrend gan. Sedangkan jika MA kecil berada di bawah MA besar secara berurutan berarti saham tersebut sedang downtrend. Gambar diatas jelas banget MA20 (hijau) diatas MA60 (kuning) diatas MA 120 (merah).

Selain menggunakan trendline dan MA, ada lagi Dow Theory gan. Teori lengkapnya agan bisa cari di internet deh, tapi ane jelasin sama grafik aja gan.

Spoiler for Dow Theory:


Ane jelasin dulu HH dan HL gan. HH adalah Higher High, artinya harga yang lebih tinggi sesudah harga tersebut turun terlebih dahulu (pulldown). HL adalah Higher Low yang artinya harga pullback (kembali naik) yang lebih tinggi dari pullback sebelumnya. Gampangnya liat grafik diatas deh gan. Nah, di Dow Theory, minimal ada 2 kali HH dan 2 kali HL dan disertai volume yang meningkat.. EXCL ini mulai uptrend karena sentimen yang beredar bahwa pelanggan yang teregistrasi lebih besar dari TLKM.

Segitu aja gan, semoga bermanfaat. Next ane update lagi.
Wah,... Ane mau belajar gan... Tapi gimana yah,.. Kayaknya butuh jadi ahli hitung dulu,... Ane lemah di matematika nya gan,... Nilai aja pas2an wkwkwkw
Quote:



Bisa banget gan. Oiya agan cirebonnya mana. Saya tengah tani. Saya sedang cari atau kalo bs bikin komunitas trader cirebkn gtu, tp blum ada orangnya. Kalo ada nanti sy share apa yg sy tau tntg trading. Sy jg baru seumur jagung gan di trader, tp udh mulai mendalami. Udh lumayan paham. Dan udah profit. Kalo bs agan wa saya gan, di 082188301646. Sya ad beberapa org yg suka trading ig. Tar ane share cp nya gan, bisa ngbrol sm yg lain.

Btw agan udah mulai sahamnya atau blum? Kalau belum agan mungkin bs belajar2 dulu, atau bs langsung daftar ke broker yg ad di cirebon atau dftr online. Sekalian tanya2 tntg saham ke brokernya. Atau samain sm sy brokernya di philips sekuritas, ada pilihan saham syariah sama modalnya minim, bisa cuma 500rb depositnya gan. Di cirebon yg sy tau ada di pembangunan (lupa namanya) sama ad di bank sinarmas, sinarmas sekuritas. Segitu aj gan, jgn lupa wa ya gan

Buy On Weakness

emoticon-Sundul

Assalamualaikum,

Ane lanjut lagi gan. Sekarang ane mau bahas salah satu Analisi Teknikal. BUY ON WEAKNESS. Ada beberapa cara buat beli buy on weakness. Sebaiknya buy on weakness dilakukan di uptrend saham tersebut.

Spoiler for trendline:

Nah ane kasih contoh saham ADMG diatas. Saham yang mengalami uptrend pasti bisa digambarkan dengan garis diagonal yang menuju keatas. Nah untuk menentukan harga beli optimal, ane biasa membuat 3 garis.

1. Garis orange menjadi support harga saham, setiap menyentuh garis tsb, harga bakal naik lagi. Maka dari itu garis tersebut menjadi harga beli ane. 310.
2. Tentukan juga garis stoploss, yang ane gambarkan dengan warna merah. Garis tersebut bisa menentukan kapan kita menjual saham kita karena sudah keluar dari trend. Ane pakai ATR (Average True Range) untuk menentukan jarak antara harga beli dan stop loss. Atr pada saat buy 26, sehingga stoploss ane pasang di harga 310-26=284.
3. Juga kita pakai garis hijau, garis dimana kita akan taking profit. Biasanya ditentukan dari higher high yang lumayan tinggi tapi minimal sudah terbukti 3 kali (3 kali menyentuh garis). Take profit di harga 372.
4. Sewaktu kita buy, lihat juga bentuk candle supaya lebih yakin, misal di atas ada engulving pattern, atau kalau ada hammer, shooting star atau pola candle lainnya yang menunjukkan pembalikan arah. (kita pelajari nanti)

Itu dulu dari ane gan, muga kedepannya ane bisa update lagi. Sekali lagi gan, ane nyari temen trading daerah cirebon gan, baik udah mulai maupun belum. Terimakasih gansis semuanya...

Wassalamualaikum...
emoticon-Sundul Up

Lanjut gan, daripada setress liatin grafik saham pada turun semua emoticon-Frown Buat yang mau beli saham jangan banyak2 dah kalo IHSG lagi bearish begini.

Ane mau nyobain jelasin BUY ON BREAKOUT. Intinya gini gan, Buy on breakout adalah kita membeli di saat harga menembus resistance, sehingga resistance itu menjadi support yang baru. Contohnya dibawah gan...

Spoiler for BREAKOUT:

Contoh diatas ane buat dari saham PTBA yang bulan lalu breakout. Kalau ane pake metode ini bikin beberapa syarat gan...
1. support udah terbukti beberapa kali (minimal 3 kali) menjadi support kuat (harga pulldown), sehingga sebelum harga breakout adalah masa sideways.
2. tunggu candle close (tutup) diatas resistance. Kalau belum tutup gausah beli gan, takut false breakout. Malah ada juga trader yang nunggu candle buka tutup diatas resistancenya.
3. untuk memastikan harga breakout, MA menunjukkan uptrend. (MA20 diatas MA 60 dan mengarah keatas).harga juga deket dengan MA 20 atau 60 sebagai support tambahan.
4. harga juga deket dengan MA 20 atau 60 sebagai support tambahan.
5. Nah kalo udah yakin, masuk setengah size dulu gan, buat ngetes support barunya.
6. Kalau harga balik ke support yg baru, tunggu tanda2 reversal, kaya pinbar, engulfing, atau lainnya. Baru masuk setengah size lagi.
7. Kalau harga ga balik ke support, at least kita dah ada setengah size gan. Kalau mau nambahin monggo nunggu reversal atau langsung.

Tapi, yah namanya juga prediksi, kita gak tau harga bakal kemana. Makanya setiap trade agan harus ada stoploss biar ga hamsyong rugi besar emoticon-Frown Kalo ane biasa gan, naro stoploss di support - 1 ATR. Artinya kalo supportnya 3400 dan ATR nya 140 (pembulatan 138) maka stoplossnya di 3400-140=3360.

Sebenernya nomor 3 dan 4 itu memastikan aja gan, soalnya ane sering kena false breakout karena harganya jauh dari MA20 ataupun 60, dan masuk setengah dulu adalah strategi biar ga kelewat jebol kalau emang false breakout gan. Kan ane pernah ngomong, support resistance itu area, bukan harga fix. Maka dari itupikiran tiap trader bakal beda-beda menentukan suport resistancenya.
Misal nih ane kasih contohnya dibawah saham yang false breakout.

Spoiler for False Breakout:


Nah contoh ANTM dan RALS diatas karena ane ga liat MA 20 yang jaraknya jauh banget sama breakoutnya gan. Jadi deh ane rugi.

Segitu aje gan, muga menambah wawasan agan. Tengkyu...
Mantep agan..salam wan cu😁


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di