alexa-tracking

5 Tips Cerdas Kelola Gaji dan THR yang Datang Bersamaan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b188ce396bde6e93f8b4567/5-tips-cerdas-kelola-gaji-dan-thr-yang-datang-bersamaan
5 Tips Cerdas Kelola Gaji dan THR yang Datang Bersamaan
Gaji dan THR merupakan 2 hal yang ditunggu-tunggu saat Ramadan. Rencana untuk memenuhi kebutuhan lebaran pun bisa segera terlaksana. Namun jika anda menerima THR dan gaji secara bersamaan bisa jadi anda kalap untuk membeli semua kebutuhan yang diinginkan. Wah, lebih parahnya lagi jika nanti kita tidak memiliki uang simpanan untuk lebaran nanti.

Nah, berikut ini adalah 5 cara mengolah gaji dan THR yang datang hampir bersamaan. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Buat Anggaran
Mulai dengan menyusun pengeluaran anda selama satu bulan. Sisihkan untuk kebutuhan pokok anda, selama satu bulan. Pada dasarnya pengeluaran anda tetap sama. Jangan memaksakan menggunakan uang THR untuk kebutuhan pokok.

2. Bayar Tagihan
Bayar semua tagihan dengan menggunakan dana dari gaji. Jika anda memiliki angsuran yang harus dibayar, anda dapat menggunakan THR untuk membayarnya. Hal ini akan membantu meringankan anda di masa depan.

3. Sisihkan untuk Tabungan
Bersenang-senang dengan uang THR tidak ada salahnya, namun jangan lupa untuk menyisihkan sebagai tabungan dan dana darurat. Hal ini bermanfaat untuk menekan pengeluaran yang tidak penting.

4. Mulai Berinvestasi
Manfaatkan THR yang kamu dapat untuk berinvestasi. Pilih investasi yang sesuai dengan anda, jangan tergoda dengan investasi dengan return yang tinggi, karena biasanya juga memiliki risiko yang tinggi pula.

5. Atur Prioritas
Jadi sekarang, saatnya mengukur kemampuan anda dalam membuat prioritas. Saat menerima gaji dan THR secara bersamaan memang menyenangkan, namun jangan salah buat skala prioritas mana yang anda butuhkan atau sekadar anda inginkan.

Demikian tips yang dapat anda lakukan saat menerima gaji dan THR secara bersamaan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bijaklah dalam belanja.

Sumber: Vemale
Reporter: Ayu Puji Lestari

Sumber