alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dua Alasan Bu Risma Tolak Geser Anggaran untuk THR PNS
3 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b187fd714088df97a8b4568/dua-alasan-bu-risma-tolak-geser-anggaran-untuk-thr-pns

Dua Alasan Bu Risma Tolak Geser Anggaran untuk THR PNS

Dua Alasan Bu Risma Tolak Geser Anggaran untuk THR PNS


jpnn.com, SURABAYA - Alasan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memang tidak berlebihan untuk menolak menggeser anggaran di APBD demi membayar kekurangan THR PNS.

Diketahui, pasokan DAU (dana alokasi umum) dari pusat hanya sebesar gaji pokok PNS, sedang THR tahun ini juga termasuk komponen tunjangan-tunjangan yang harus ditanggung pemda.

Kondisi APBD Kota Surabaya saat ini, porsi belanja pegawai mencapai 28–30 persen dari APBD. Nilainya mencapai Rp 2,6 triliun untuk tahun ini. Artinya, belanja pegawai mencapai Rp 216,7 miliar per bulan. Jumlah itulah yang setidaknya harus dipersiapkan Surabaya untuk membayar THR 18.970 PNS-nya.

Soal sisa dana, beber Risma, setiap tahun memang ada. Namun, nilainya sangat kecil. Tahun lalu saja hanya 8 persen dari APBD. Itu sudah habis untuk kebutuhan tak terduga. Misalnya perbaikan infrastruktur.

Jika akhirnya PNS mendapat THR, Risma khawatir menimbulkan polemik lebih panjang. Pertama, pemkot nombok belanja pegawai.

Quote:


Kedua, keputusan pemkot bisa memantik kasak-kusuk pegawai honorer. Sebab, tenaga honorer otomatis tidak mendapat THR tersebut. Mereka tak tercakup dalam surat edaran Mendagri.

Padahal, dalam aturan pemkot, honorer mendapatkan penghasilan pokok yang sama dengan PNS. ’’Mereka mesti protes kalau PNS-nya dapat. Yang guru-guru K-2, outsourcing,’’ kata Tri Rismaharini saat ditemui di Balai Kota, Rabu (6/6).

Meski begitu, pemkot tidak tinggal diam dengan instruksi pemerintah pusat. Agar tidak menyalahi surat edaran Mendagri, mereka akan berkonsultasi dulu dengan tenaga ahli.

Risma mencontohkan pengalaman terdahulu terkait dengan pengalihan kewenangan SMA/SMK ke provinsi. Kala itu pemkot bersedia membantu pembiayaan siswa SMA/SMK di Surabaya. ’’Tapi, setelah konsultasi juga ternyata nggak bisa, kan,’’ ujarnya. (deb/c19/ang)

Quote:


malah jadi polemik yah emoticon-Bingung
Diubah oleh karikai04
Urutan Terlama
masih kaya DKI ternyata...udah TKD nya selangit....masih dpt thr ama gaji 13....gaji pokok + tkd lagi komponennyaemoticon-Traveller
Gaji sama tukin ya
Ada alasannya ya gan.
Quote:



ya PAD ibukota kan lebih gede
kesian provinsi yg PAD nya kecil keknya..
Kebijakan carmuk bikin pusing banyak orang.
Mukidi sih
Suka lucu2an
akhirnya bikin puyeng semua orang
Quote:


emoticon-Leh Uga PAD kecil tp anggaran buat belanja pegawai bisa 70% apbd, yg begini banyak lo....akibat politik balas budi pilkadal emoticon-Wakaka
Dilan....

mukiDi siaLan..


bikin repot ajaahhh... demi #2019 nyusahin orang
Trit sepi cebong
Berani beraninya nih bu risma melawan kebijakan sang tjahaya asia,

Nastak, seraaaang,...
emoticon-Stick Out Tongue
keren nih surabaya, utk pegawai cuma 30 persen APBD. Di daerah2 lain banyak yg diatas 50 persen, ditambah kebijakan THR ini, makin sedikit porsi utk pembangunan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di